Bunda, Ingin Anak Bertata Krama Baik? Ajarkan Ini

anak anak baik

Hey Bunda!! anak-anak ini memang memiliki sikap yang lugu dan polos.

Dibalik sikap yang lugu dan polos perlu bagi Anda untuk mengajarkan tata krama yang baik. Sebab dengan tata krama yang baik ini membuat anak akan merasa lebih percaya diri serta sukses dalan kehidupannya nanti.

Nah, untuk itu memberikan pembelajaran tentang tata krama yang baik pada anak sangat penting. Agar ia mempunyai sopan santun dan tata krama.

Lantas, bagaimana cara mengajarkan tata krama yang baik pada anak? Penasaran kan? Berikut ini lansirannya.

Beberapa cara mengajarkan anak bertata krama baik adalah:

Tidak menyela pembicaraan

Sebagian besar anak ingin diperhatikan serta didengar. Namun, jika hal itu masih belum ia dapatkan dari orangtuanya. Langkah yang akan ia lakukan adalah memanggil orangtuanya berulang kali hingga sampai menoleh.

Kebiasaan yang tidak baik ini perlu diubah pada anak, sebab jika sampai besar tidak baik. Pertama yang harus bunda lakukan adalah memberikan pengertian pada anak bahwa Anda sedang berbicara dengan oranglain.

Dengan begitu anak akan mengerti dan mau menunggu Anda sampai selesai bicara.

Mengucapkan permisi dan maaf

Mengucapkan kata maaf tidak harus pada kesalahan yang disengaja saja, meskipun kita melakukannya tanpa disengaja harus tetap mengucapkan kata maaf. Mengapa? Karena hal tersebut bisa membuat anak memiliki tata krama yang baik.

Selain itu juga, mengajarkan anak untuk mengucapkan kata permisi saat lewat dibanyak orang juga penting. Perkataan itu merupakan ungkapan rasa hormat atau menghargai orang yang berada disekitarnya.

Silahkan baca juga:

Mengucapkan tolong dan terima kasih

Ketika bunda membutuhkan bantuan pada anak, jangan lupa untuk mengatakan tolong. Dengan begitu anak akan memahami jika meminta bantuan kata-kata yang harus diucapkan adalah tolong.

Selanjutnya, jika anak telah membantu Anda jangan lupa untuk mengecapkan terima kasih padanya. Ucapan tersebut adalah ungkapan rasa senang Anda karena telah dibantu olehnya.

Mungkin beberapa cara diatas mengenai mengajarkan tata krama yang baik pada anak bisa dijadikan panduan untuk Anda. Dengan begitu anak pun memiliki tata krama yang baik.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Selamat mencobanya dan semoga sukses, Aamiin!

Komentar

comments

Leave a Reply