Cara mengatasi laptop lemot hanya dalam 5 langkah

laptop masalah cara mengatasi laptop lemotLaptop yang tiba-tiba menjadi lambat memang akan menjadi masalah besar ketika kita ingin melakukan sesuatu atau membuat tugas sekolah atau pekerjaan kantor. Beberapa orang akan langsung memanggil ahli IT untuk memperbaikinya, namun jangan panik dulu. Disini banjarwangi.com akan mengulas beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Andapun harus mengetahui penyebab-penyebab utama yang menyebabkan laptop menjadi lemot atau loading nya menjadi lama sekali.

1.Antivirus

antivirus

Periksalah antivirus pada komputer anda:

  • Apakah komputer anda sudah terinstal anti virus? Jika belum kemungkinan komputer anda terserang virus. Silahkan download & install antivirus Smadav atau Microsoft Security Essential (Gratis) dan lakukan full scan pada komputer anda.
  • Apakah antivirus anda sudah diupdate? Jika belum, updatelah segera & lakukan scan full pada komputer anda. Jika antivirus tidak di update kemungkinan ada virus baru yang menginfeksi komputer anda.
  • Apakah antivirus yang menyebabkan komputer anda lemot? Beberapa antivirus yang canggih akan melakukan scan automatic pada laptop anda, pastikan schedule automatic nya anda matikan.
  • Jangan menginstall antivirus yang terlalu besar atau berat, karena akan memakai banyak sumber daya laptop anda dan menyebabkan komputer anda besar. Untuk itu jika anda memakai prosesor intel atom disarankan memakai Symantec atau smadav saja.

2. Suhu Laptop

hwmonitor

Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah suhu laptop anda, silahkan install HWMonitor untuk melihat komputer anda. Pastikan suhu prosesor dibawah 75 derajat, karena jika lebih, kinerja laptop anda akan lambat.

Bagaimana kalau lebih 75 derajat? Anda harus mengganti pasta prosesor dan membersihkan ventilasi laptop anda. Anda bisa memberikannya ketukang servis agar hasilnya lebih terjamain.

3. Periksa RAM

memory ram

Bukalah task manager pada saat komputer anda menjalankan program yang biasa anda pakai seperti microsoft world atau photoshop jika anda seorang designer. Jika pemakaian memory anda melebihi 90 %, silahkan upgrade memory ram anda. Atau anda bisa mencoba menggunakan windows virtual memory dulu.

4. Periksa program start up

startup program cara mengatasi laptop lemot

Tekan tombol start pada windows, lalu ketikan: msconfig

Hilangkan centang pda program yang tidak diperlukan pada saat komputer menyala lalu klik ok dan restart komputer anda.

5. Gunakan pembersih cache

cc cleaner cara mengatasi laptop lemot

Komputer anda sama dengan motor, jika tidak diservis maka akan bermasalah. Sekali sebulan anda wajib melakukan pembersihan cache dan sampah pada komputer anda. Gunakanlah CCleaner untuk membersihkannya. Cara nya cukup mudah, setelah scan lalu klik clean.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Setelah menerapkan 5 langkah diatas, laptop anda seharusnya sudah bisa berjalan dengan normal kembali bahkan lebih cepat. Selamat mencoba!!

Komentar

comments

Leave a Reply