Apa Sih Broker Asuransi Itu?

Broker asuransi ialah sebuah badan hukum yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang terhadap sebuah badan yang bisa menolong mereka ketika membeli jenis produk asuransi serta melakukan proses pendampingan ketika melakukan klaim, biasanya diperlukan sekali oleh orang-orang yang asing dengan syarat-syarat premi asuransi.

Broker asuransi merupakan sebuah sebutan yang popular dari pialang asuransi. Broker asuransi tidak memiliki ikatan dengan sebuah badan asuransi.

Berbeda dengan agen asuransi yang merupakan ujung tombak badan asuransi dalam menawarkan produk-produk asuransi mereka.

Peran broker asuransi ialah, di antaranya: mengidentifikasi resiko-resiko dan berusaha menghilangkan faktor resiko tersebut yang dapat menimpa klien, bernegosiasi dengan pihak Tertanggung perihal tingkatan premi, memilih Penanggung yang dirasa aman.

Broker asuransi mendapatkan keuntungan dari pemasukan brokerage atau bisa juga mendapat komisi dari pihak Penanggung yang mendapatkan resiko penempatan.

Apa keuntungannya menggunakan servis dari broker asuransi? Yang pertama, Anda bisa menghemat waktu Anda saat mengikuti program asuransi karena mendapat servis dari broker asuransi secara gratis.

Selain itu, Anda juga secara gratis mendapatkan perkiraan resiko, broker akan mencegah sekuat tenaga kerugian yang bisa Anda tanggung, dan Anda juga akan dibuatkan program asuransi yang dirasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tugas utama dari broker asuransi ialah selain membuat program yang pas dengan Anda, ia harus memberi saran-saran untuk Anda dalam memilih produk dan program asuransi.

asuransi

Selain itu, broker juga wajib memberi laporan penting dalam menempatkan resiko terhadap badan asuransi. Sementara wewenang dari broker sendiri meliputi sebagai penagih premi, melakukan penuntutan terhadap pihak ketiga atas nama Tertanggung, memberi saran mengenai Average dan Loss Adjuster saat melakukan klaim yang besar, dan broker juga bisa membayar klaim kepada Tertanggung yang sebelumnya telah disetujui oleh Penanggung.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Demikian sekilas informasi mengenai apa itu broker asuransi, keuntungan memakai jasa broker, perbedaannya dengan agen asuransi, perannya dalam kegiatan asuransi, dan keuntungan memakai jasa broker, serta tugas dan wewenang dari broker asuransi itu sendiri. Semoga membantu dan Anda bisa memanfaatkan jasa dengan adanya broker tersebut dengan baik.

Komentar

comments

Leave a Reply