4 Tips Agar Judul Diklik Banyak Orang

Ketika seorang penulis menggoreskan pemikirannya pada halaman-halaman sebuah artikel, pastilah ia ingin agar tulisannya tersebut dibaca banyak orang. Selain isi artikel harus berbobot, judul ternyata juga sangat memegang peranan penting dalam menentukan akan dibaca atau tidak artikel tersebut. Bagian inilah yang sering diabaikan para penulis saat mereka sedang menciptakan sebuah karya tulis.

Silahkan baca juga: 2 Cara cepat meningkatkan trafik website tanpa SEO

Tak sedikit yang berpikir bahwa asal isi menarik, maka pastilah banyak pembaca yang akan mampir. Namun bagaimana kita bisa mengiklankan isi artikel dengan baik, bila pemilihan judulnya saja sudah tidak menarik? Melalui artikel ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman sebagai penulis, tentang 4 tips agar judul diklik banyak orang.

  1. Bikin sesingkat mungkin

Judul bukanlah isi artikel, jadi kita tak perlu menuangkan semua poin yang ingin dibahas ke dalam judul. Cukup berikan judul yang singkat dan tidak bertele-tele supaya pembaca tidak bosan di awal.

Contoh judul yang terlalu bertele-tele misalnya:

“5 Tips Meredakan Nyeri Haid Saat Datang Bulan”

Judul di atas dapat disingkat menjadi:

 “5 Tips Redakan Nyeri Saat Haid”

  1. Menggigit

Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan manusia suka dengan hal unik,  menggelitik, atau nyeleneh. Entah bagaimana, namun selalu ada daya tarik tersendiri dalam hal-hal semacam itu. Kasus serupa berlaku pula dalam penentuan judul.

Jika ingin diklik banyak orang, maka buatlah judul yang ‘menggigit’ rasa ingin tahu pembaca. Ciptakan judul yang bisa membuat pembaca gatal dan tak sabar untuk mengklik serta membaca lebih lanjut isi artikel kita.

4 Tips Agar Judul Diklik Banyak Orang

  1. Tambahkan garam

Melalui judul, penulis juga harus dapat membangkitkan rasa penasaran pembaca tentang artikel yang ditulisnya. Caranya? Selain poin 1 dan 2 di atas, tak ada salahnya bila kita mencomot isi artikel yang paling menarik untuk digunakan sebagai judul dan kalimat pembuka.

Contohnya, bila salah satu tips menghilangkan nyeri haid yang akan dibahas adalah dengan mengonsumsi buah strawberry, maka judul yang bisa dibentuk contohnya sebagai berikut:

“Nyeri Haid Reda Seketika Berkat Strawberry”,

“Atasi Nyeri Haid Dengan Strawberry”,

“Strawberry Manjur Atasi Nyeri Haid”,

“Nyeri Haid Kabur Berkat Strawberry”,  dan yang lebih ekstrim lagi misalnya seperti

“Strawberry Bunuh Nyeri Haid”.

  1. Kenali karakter dan selera pembaca

Meski hampir semua orang suka dengan hal yang tak lazim, namun saat menulis kita juga harus dapat mengenali karakter dan selera pembaca yang sering mampir di blog atau website tempat kita menulis. Kalau pembaca kebanyakan adalah orang gaul, maka judul ekstrim mungkin menarik bagi mereka. Namun tidak bagi mereka yang cenderung kaku atau serius, judul terlalu ngocol justru mungkin dapat membuat mereka ilfil.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Kita sudah menyimak 4 tips agar judul diklik banyak orang, sekarang saatnya berkreasi membuatnya. Selamat berkarya.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply