Jangan Berkunjung Ke Kota Santri ! Nanti Terpikat Hati !

Kota Batik ? Ya Pekalongan, Kota Udang? Ya Cirebon, Kota Kembang ? Ya Bandung, Kota Pendidikan? Ya Yogyakarta, Kota Hujan? Ya Bogor, Kota Dodol? Ya Garut, Kota Metropolitan? Ya Garut.

Hmm ada lagi lho Kota dengan Julukan Khas di Indonesia, Kota Santri? Yaps, ialah Tasikmalaya.

Kota yang terletak di Propinsi Jawa Barat ini dikenal sebagai kota santri di kurun waktu awal 1980-an. Karena di kota maupun kabupaten Tasikmalaya terdapat ribuan pesantren yang menyebarkan dan mengajarkan agama islam.

Kota ini juga merupakan kota pendidikan terbesar ketiga di Jawa Barat setelah Bogor dan Bandung karena terdapat banyak kampus dan universitas di kota ini.

Kota Santri tasikmalaya merupakan sepertiga pusat perekonomian Jawa barat. Hal ini menjadikan kota ini menjadi sasaran investor untuk menjadikan kota tasikmalaya sebagai tujuan pariwisata, mulai dari investor perhotelan sampai travel berburu investasi di kota santri ini.

Kota santri ini di tahun 2016 menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Jawa Barat. Oleh sebab itu pemerintah melakukan beberes di kota ini guna suksesnya pelaksanaan MTQ tersebut.

Wisata religi yang menjadi salah satu perhatian dan daya tarik disini, namun bukan hanya wisata religi saja yang bakal membuat kamu jatuh hati dengan kota ini, banyak wisata alam, keluarga dan kuliner yang membuat kamu jatuh hati dengan kota santri.

Apa saja sih obyek wisata yang ada di Kota Santri Tasikmalaya? Yuk Simak, jangan lupa catat dan agendakan ya untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut, Check this out !

1. Masjid Agung Tasikmalaya

Wisata pertama yang kita bisa kunjungi saat di Kota Santri Tasikmalaya adalah Masjid Agung Tasikmalaya. Masjid ini memiliki design yang sangat indah rancangan salah satu alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid ini didirikan pada tahun 1882 pada zaman pemerintahan Raden Surya Atmaja salah satu tokoh pemerintahan di Tasikmalaya. Pembangunan ini memawakn waktu cukup lama yakni sampai dengan tahun 1919.

Diantara hal yang unik dari bangunan masjid ini adalah empat menara yang terdapat di masjid ini. Empat menara tersebut menggambarkan empat sahabat utama nabi Muhammad SAW, yakni Abu Bakar As-Shiddiq, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib yang biasa disebut dengan khulafaurrasyidin.

Untuk Design interior masjid ini merupakan gambaran dari kultur masyarakat kota Tasikamalaya. Jika bulan Ramadhan tiba masyarakat ramai berkunjung ke Masjid ini untuk “ngabuburit”.

Kota santri - Masjid Tasikmalaya

Sumber Foto : http://www.islamaktual.net

2. Tugu Asmaul Husna

Tugu Asmaul Husna kini menjadi ikon kota Santri Tasikmalaya. Tugu ini terletak di perempatan Jalan Nagrawangi Kota Tasikmalaya.kota ini patut kamu kunjungi dan diabadikan dengan lensa kameramu karena merupakan tugu khas yang berada di Kota Tasikmalaya.

3. Situ Gede

Dikenal sebagai Kota Santri, Tasikmalaya memiliki potensi wisata Alam yang tak kalah Indah lho. Situ Gede adalah contohnya. Obyek wisata alami ini akan memanjakan mata kamu dengan pemandangan yang indah seluas 47 Hektare.

Situ Gede Terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Atau sekitar 5 KM kearah Barat dari Pusat Kota. Di Pusat kota Tasikmalaya juga banyak terdapat hotel yang bisa kamu jadikan tempat peristirahatan dan tempat penginapan yang bisa dibooking melalui Traveloka.

Situ Gede dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Situ Ageng. Tempat wisata ini merupakan satu-satunya lho yang berada di pusat kota. Di tengah danau yang luas ini terdapat sebuah pulau yang disana terdapat makam Eyang Prabudilaya yang di kramatkan oleh warga sekitar.  Eyang Prabudilaya merupakan tokoh penguasa bebera tahun silam.

Fasilitas yang ada di Situ Gede diantaranya adalah Rakit yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi danau. Harga sewanya pun cukup murah hanya 10 Ribu Rupiah saja.

Harga Sewaktu-waktu dapat berubah ya.

Oh ya, yang harus kamu perhataikan ketika berkunjung ke Situ Gede ini adalah, jangan berburu flora dan fauna yang ada ya, jika untuk menikmati keindahannya saja, dipersilahkan. Kita sama sama jaga yuk kelestarian alam di sekitar kita.

Jika perut kamu lapar, tak perlu khawatir di area Situ Gede ini terdapat banyak kios yang menyediakan menu masakan ikan yang segar dan makanan khas Situ Gede.

kota santri - Situ Gede Tasikmalaya

Sumber Foto : http://www.sebandung.com

4. Kuliner Khas Tasikmalaya

Pesona mengikat hati masih disajikan Kota Santri Tasikmalaya dengan kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Tasikmalaya adalah Nasi Tutug Oncom atau yang dikenal dengan TO. Kuliner ini terbuat dari nasi oncom yang di sangria atau dipanggang dengan bumbu kencur, jahe dan garam.

Biasanya disajikan bersama lalapan khas sunda dan gorengan, hmmm Yummy.

Selain TO adalagi kuliner terkenal di Tasik yakni Rujak Bi Iyoy yang melegenda, untuk makanan tradisional Tasikmalaya diantara lain opak, rangginang, wajit, dodol  dan masih banyak lainnya.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah beberapa hal yang membuat hati terpikat dengan kota Santri Tasikmalaya, Yuk segera jadwalkan untuk berkunjung ke Kota Santri Tasikmalaya. See You There..

Komentar

comments

Leave a Reply