8 Hal yang harus anda perhatikan agar bisa menyelesaikan skripsi lebih cepat

Siapa yang memotivasi anda bisa kuliah sampai ke tahap akhir ini? Orangtua, keluarga, teman, sahabat, pacar atau ada hal lain? Apapun alasan anda, anda harus bersyukur dulu karena anda adalah dari sekian ribu mahasiswa yang berhasil sampai ke tahap terakhir perkulihan.

Tahukah anda? menurut data penelitian Institut Fiskal di inggris bahwa “mahasiswa dari latar belakang keluarga yang kurang beruntung 8,5% lebih mungkin putus kuliah dalam tempo dua tahun sejak masuk perguruan tinggi dibanding mereka dari keluarga kaya.”

Itu hanya baru dari faktor kemiskinan, belum lagi faktor lain seperti salah pergaulan, narkoba, DO, dll yang menyebabkan putusnya kuliah. Oleh karena itu anda adalah orang yang beruntung, karena telah mampu mencapai tahap akhir ini.

Untuk itu anda harus mengetahui beberapa fakta berikut yang dapat menyebabkan beberapa mahasiswa susah dan lama dalam menyelesaikan skripsi mereka.

1. Rasa Malas

Setelah mencapai tahap akhir dan kamu tidak mempunyai kelas lagi kamu akan bebas datang kekampus, kapanpun kamu bisa mengunjungi kampus dan berapa lamapun kamu bisa liburan semaumu, pola hidup jadi tak teratur. Beberapa mahasiswa terlena dengan situasi ini dan akhirnya mereka malas untuk menyelesaikan skripsi.

Yang harus kamu lakukan adalah kembali keposisi mu sebagai mahasiswa, siapkan beberapa judul dan temui dosen pembimbingmu. Jika tidak, kamu akan terjebak semakin jauh!

2. Terlalu Lemah

Judul anda sering ditolak sama dosen atau anda tidak bisa memahami apa kemauan dosen pembimbing. Bisa jadi itu hanya sebuah tes dari dosen dan sang dosen ingin melihat bagaimana anda berjuang. Jika anda bisa kembali ke dosen itu terus menerus sampai dia menerimanya, maka anda akan memenangkan tahap ini. Mental anda harus kuat di zaman revolusi mental ini.

cara cepat lulus kuliah

3. Stress

Harap berhati-hati dengan hal yang satu ini, mungkin anda terlalu mengejar target atau ada tekanan dari luar sehingga anda menginginkan kelulusan dengan cepat dan sempurna. Untuk itu dalam pengerjaan tugas akhir anda harus menyisihkan waktu untuk hiburan juga, olahraga, berkumpul dengan keluarga / teman dan makan yang teratur. Jangan porsir semua waktu anda hanya untuk mengerjakan skripsi, karena jika anda memaksakan dan otak anda sudah lelah. Anda hanya akan menghabiskan waktu karena aktifitas anda sudah tidak produktif lagi. Dan yang paling penting jangan telat shalat lima waktu dan selalu berdoa kepada Tuhan bagi yang muslim, karena bantuan terbaik adalah bantuan dari Allah SWT.

4. Terlalu perfeksionis

Ingin mendapatkan nilai yang sempurna itu memang harus, tapi bagaimana bisa sempurna jika anda masih ragu dengan kemampuan anda, dengan penelitian anda, dengan tulisan anda. Anda harus memahami bahwa skripsi tidak dilihat dari karya tulis semata. Tetapi bagaimana nantinya anda mempresentasikannya dan bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik. Untuk itu buatlah karya ilmiah yang sesuai dengan kemampuan anda dan bisa anda pahami.

5. Kurang Motivasi

Pada saat pertama masuk kuliah anda begitu semangat seperti anak yang mendapatkan permainan baru. Namun disaat tugas akhir, semangat yang menyala sudah sudah mulai berkurang bahkan hilang. Jika anda tidak memiliki motivasi lagi, maka apapun yang anda lakukan tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu temukanlah motivasi dan buatlah suatu target untuk menyelesaikan skripsi anda.

6. Kerja atau Kuliah?

Bagi anda yang bekerja sambil kuliah atau mempunyai pekerjaan sampingan harus berhati-hati dengan waktu yang anda gunakan untuk bekerja. Jangan sampai pekerjaan itu menghalangi anda untuk meraih cita-cita. Jika memang memiliki keterbatasan biaya anda harus pandai-pandai mengatur waktu, jangan sampai pekerjaan menjadi prioritas. Tapi semua itu kembali pada tujuan anda, jika memang anda mementingkan kulih maka jadikanlah prioritas utama, namun jika anda mementingkan pekerjaan karena merasa lebih sukses maka akan berbeda lagi pembahasannya.

7. Belum tau langkah selanjutnya

Beberapa orang masih bingung apa yang harus dilakukan selesai kuliah, karena kurangnya tekat didalam diri mereka sehingga mereka memutuskan untuk bermain dulu atau bersantai dulu sambil menikmati masa-masa muda dikampus. Orang seperti ini tidak memiliki passion hidup, kemana mereka akan pergi? Mau kerja apa setelah kuliah? seperti apa masa depan nya? mereka itu seperti kehilangan arah. Untuk itu anda harus bisa menjawab pertanyaan itu untuk mengatasi hilang arah ini.

8. Sibuk organisasi

Ada banyak mahasiswa yang senang bersosial dan ber organisasi di lingkungan kampus, hal itu sangat lah baik untuk masa depan nya, Tapi anda harus tahu apa peran anda didalam organisasi tersebut dan apa peran organisasi didalam lingkungan kampus. Organisasi kampus berguna untuk pengembangan kepribadian atau membangun karaktek yang handal.

Untuk itu walaupun anda menemukan passion anda disana, anda harus mem-prioritaskan kuliah anda karena dunia yang sebenarnya adalah dunia kerja setelah kuliah.

Dari 8 hal diatas, hal manakah yang menghambat anda saat ini?

Intinya adalah jadilah mahasiswa yang tangguh dan pantang menyerah.

Namun, masih ada 8 tips lagi agar anda bisa menyelesaikan skripsi lebih cepat, yaitu:

tips agar cepat lulus

 

  1. Tulislah apa yang anda sukai dan apa yang anda rasa mampu, setelah kuliah 3 tahun lebih minimal anda mempunyai satu bidang yang anda senangi.
  2. Carilah contoh skripsi yang agak mirip atau searah dengan calon judul skripsi anda, lalu carilah kelemahan atau kekurangan karya skripsi itu. Nanti nya dengan membaca itu anda akan menemukan ide atau judul judul yang bisa anda jadikan judul skripsi anda. Anda bisa mencari di direktori kampus anda, kampus dikota anda atau mencarinya di internet.
  3. Buatlah paragraf demi paragraf sebisa anda dan mulailah mencari referensi terdekat seperti buku diperpustakaan kampus.
  4. Buatlah target dalam sehari anda harus buat berapa paragraf dan kapan waktu untuk menyelesaikan bab 1 sampai bab 5. Anda harus menjadi orang yang konsisiten dan disiplin. Untuk itu jangan buat target terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat.
  5. Jangan pernah menunda-nunda penulisan skripsi atau jika anda sedang semangat kerjakanlah. Anda harus bisa memprediksi kegiatan anda sehari-hari agar terhindar dari halangan-halangan yang tak terduga. Seperti sakit atau acara keluarga atau acara kampus, dll
  6. Jangan selalu mengharapkan teman, memang bekerja sama lebih baik. Jika bisa ciptakanlah suasana membuat skripsi bersama teman anda, tapi kalau tidak bisa anda juga harus siap untuk membuatnya secara mandiri. Jika butuh teman diskusi carilah teman atau senior yang bisa memberi masukan kepada anda. Tapi jangan sampai anda mengandalkannya karena nantinya anda akan disidang satu per satu oleh dosen.
  7. Periksa kembali semua tulisan anda dan karya anda sebelum dikumpulkan, setelah bab 1 selesai periksalah. Apakah sudah memenuhi prosedur atau belum? Jika belum perbaiki dan jika sudah langsung temui dosen pembimbing anda untuk dikumpulkan.
  8. Jika anda mempunyai suatu hambatan, jangan pernah menyimpannya sendiri. Diskusikan dengan dosen pembimbing, teman, senior dan bisa juga keluarga. Jalinlah komunikasi yang baik dengan semua pihak karena sedikit banyak mereka akan memberikan masukan kepada anda.

Silahkan baca: Berbagai contoh proposal skripsi untuk semua jurusan

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Mari tunjukan semangat anda agar lulus di tahun ini juga!!

Komentar

comments

Leave a Reply