Artikel “Bagaimana Cara” Tak Laku Lagi, Apa Alasan dan Solusinya?

Jika dulu artikel mengenai tips atau “bagaimana cara..”, katakanlah seperti “bagaimana cara menghilangkan rasa pahit pare” merupakan bahasan yang sering dinanti-nantikan banyak orang, maka kini tidak lagi. Mengapa? Karena zaman internet sudah berubah.

Belasan tahun lalu mungkin masih sedikit orang yang menulis tentang tutorial pemakaian, pengelolaan, atau pembuatan sebuah barang. Hanya untuk tahu bagaimana cara menggunakan mesin cuci, mungkin konsumen harus meminta keterangan langsung dari salesman yang datang ke rumahnya.

Dan meski rasa ingin tahu seseorang mengenai cara kerja suatu produk tidak berkurang, akan tetapi kini mereka bisa mendapatkannya melalui mesin pencari seperti Google dengan mudah. Bukan hanya tutorial melalui tulisan atau gambar, informasi pemakaian suatu produk yang dijelaskan secara gamblang melalui video pun bisa diperoleh hanya dengan sekali klik saja.

Hal inilah yang menyebabkan artikel “bagaimana cara” tak lagi menjual di masa sekarang. Traffic-nya takkan tinggi karena sudah terlalu banyak artikel bahkan video serupa itu.

Lalu apakah ini berarti bahwa Anda harus berhenti membuat artikel tutorial? Tentu tidak. Ketimbang mengulangi sejarah dengan mengajarkan pembaca apa yang harus mereka perbuat terhadap suatu produk, ada baiknya Anda mengajarkan mereka bagaimana melakukannya.. dengan cara berbeda.

Artikel “Bagaimana Cara” Tak Laku Lagi, Alasan dan Solusinya?

Anggaplah setiap pembaca blog Anda sudah paham tentang “bagaimana cara” untuk ini dan itu. Demi mendapat perhatian mereka kembali, bagikan metode yang baru dan berbeda dalam membuat atau memakai sesuatu. Contohnya, bagaimana mengupas telur rebus tanpa perlu mengulitinya.

Saat membaca judul artikel seperti itu tentu banyak orang akan penasaran bukan? Kok bisa mengupas kulit telur tanpa mengulitinya? Bagaimana caranya? Dan mereka pun akan meng-klik artikel Anda.

Ya, Anda hanya perlu melatih diri untuk menemukan metode baru yang lebih praktis dan cemerlang, kemudian membagikan itu pada pembaca. Namun bagaimana bila tidak mendapatkan ide atau inspirasi baru? Anda punya 2 pilihan.

1. Survei dan kumpulkan

Cari dan kumpulkan semua cara atau tips terbaik dari orang lain, dan rangkum itu sehingga bisa menjadi informasi baru bagi pembaca. Pembaca akan suka karena ringkasan itu bisa menghemat waktu mereka.

Mereka tidak perlu mampir di berbagai situs karena semuanya sudah terangkum dalam blog Anda. Atau, Anda juga dapat bereksperimen sendiri sehingga menemukan cara baru. Tentunya ini memerlukan waktu dan pengorbanan serta kemauan keras.

2. Tunggu

Tunggu sampai ada hal baru dan menarik yang bisa Anda bagikan. Jika tidak ada, jangan tulis apapun mengenai topik itu.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Yang terpenting di sini adalah jangan sampai menulis ulang informasi yang sama, yang sudah ada belasan tahun lalu, dan yang sudah diketahui banyak orang. Pembaca takkan kembali ke halaman blog Anda bila mereka hanya mendapatkan informasi pasaran dan bukannya sesuatu yang baru. Selamat mencoba.

Komentar

comments

Leave a Reply