Cara membuat blog gratis di wordpress hanya dalam 5 menit

WordPress adalah platform blog gratis yang sangat popular pada saat ini, kemudahan cara penggunaan, dan kehebatan mesinnya membuat platform ini sangat digemari dari kalangan pemula, professional, organisasi dan korporasi.

WordPress sangat cocok untuk anda yang sedang belajar menulis, bikin blog traveling, berita, membahas kesukaan/hobby, blog pribadi / curhat harian, promosi bisnis, dll.

Bahkan jika anda ingin menggunakan untuk blog perusahaan atau organisasi tertentu, anda bisa menggabungkannya dengan web statis yang sudah anda miliki.

Berikut adalah langkah demi langkah:

Cara membuat blog gratis menggunakan WordPress hanya dalam 5 menit beserta panduan penggunaannya.

Untuk memulainya silahkan buka www.wordpress.com/start atau klik disini.

Maka anda akan langsung diarahkan ke halaman seperti dibawah, yaitu pemilihan kategori atau bisa juga langsung kehalaman ini, yaitu halaman pemilihan Tema.

Pilih kategori/niche & Sub-Kategori

cara membuat wordpress blog 1Pilihlah kategori blog yang akan anda buat, pada panduan ini saya memilih kategori “Menulis dan Buku”, lalu anda akan diarahkan ke halaman sub-kategori. Dan saya memilih sub kategori “Penulisan umum dan Buku”cara membuat wordpress blog 2Setelah memilih sub-kategori, maka anda akan diteruskan kehalaman pemilihan model layout blog, apakah standard atau sebuah landing page atau berbentuk grid. Nantinya anda akan di teruskan dengan rekomendasi tema blog yang sesuai dengan layout yang anda pilih.

Pilih Layoutcara membuat wordpress blog 3

Silahkan memilih sesuka anda, pada tutorial ini saya memilih layout berbentuk grid atau layout sebelah kanan. Dan selanjutnya adalah memilih tema.

Pilih Tema

cara membuat wordpress blog 4

Dipanduan ini saya memilih tema Dyad, yang terlihat cocok untuk blog tulisan sehari-hari. Nantinya anda masih bisa merubah tema ini, jika yang dipilih masih kurang cocok. Disinilah salah satu kelebihan wordpress yang menyediakan ribuan tema yang bisa kita pakai secara gratis.

Setelah itu akan dilanjutkan ke pemilihan nama domain.

Pilih Domaincara membuat wordpress blog 5

Silahkan pilih nama domain anda, bisa jadi itu nama brand atau kata yang menggambarkan blog anda atau bisa juga nama yang mudah diingat agar orang lain bisa mudah untuk mengingat blog anda. Di contoh ini saya memilih banjarwangi, dimana anda akan diberikan beberapa pilihan.

Jika anda ingin memulai blog gratis, anda akan direkomendasikan memilih banjarwangiblog.wordpress.com atau jika anda mau membayar anda bisa juga memilih domain seperti banjarwangi.com, banjarwangi.net, banjarwangi.me, banjarwangi.co dan masih banyak lagi. Tapi di tutorial ini kita hanya akan memilih domain gratis dari wordpress.com

Setelah memilih, anda akan diarahkan kehalaman pemilihan paket layanan dan support.

Pilih Paket

cara membuat wordpress blog 6

Mari lanjutkan dengan memilih paket gratis.

Dipaket gratis anda tetap bisa mendapatkan fitur-fitur canggih wordpress, namun tidak bisa meng-custom / merubah  akhiran domain dan mengedit tema. Namun jangan khawatir, jika anda berniat untuk merubahnya suatu saat nanti. Nanti anda bisa merubahnya langsung di panel wordpress,  dengan menu Upgrade.

Paket premium, anda bisa mengubah domain dan kustom tema sesuai keinginan anda.

Paket, bisnis, anda akan dibantu langsung oleh tim wordpress dan mendapat akses keseluruh tema premium wordpress.

Membuat Akun

cara membuat wordpress blog 7

Tahap ini adalah tahap pembuatan akun anda jika sebelumnya anda belum pernah membuat blog wordpress. Silahkan masukan alamat email, username/nama pengguna dan password.

Jika anda belum punya email, silahkan baca panduan membuat email “Gmail”.

Dan setelah itu tekan tombol “Buat Akun Saya” silahkan tunggu beeberapa saat sampai anda sementara wodpress menyiapkan situs anda.cara membuat wordpress blog 8

Sampai tahap ini, proses setup sudah selesai. Anda hanya perlu melakukan verivikasi email dan anda sudah bisa mulai menulis artikel dan mempublishnya.

Silahkan cek email anda, wordpress telah mengirimkan sebuah email seperti dibawah.

Konfirmasi Email

cara membuat wordpress blog 9

Email verifikasi dari wordpress

Silahkan klik “Konfirmasi Sekarang” maka anda akan diarahkan kembali kehalaman Dashbord wordpress dan anda sudah bisa memulai aktivitas blogging.

Mengenal Panel WordPress

Jadi halaman wordpress anda pada saat ini adalah seperti dibawah.

cara membuat wordpress blog 10

Diatas adalah tampilan panel baru dari wordpress.

cara membuat wordpress blog 11

Anda bisa mencoba membuka satu-per satu menu diatas, semua nya sangat mudah untuk dipahami fungsi-fungsinya.

cara membuat wordpress blog 12

Menu Navigasi

  1. Menu notification /Pemberitahuan
  2. Menu pengaturan account
  3. Menu untuk membuat postingan baru / New post
  4. Menu pembaca / reader
  5. Menu Situs saya / Pengaturan blog

Untuk menu navigasi sebelah kiri terdapat dua menu, yaitu Menu “Situs saya” (My Site) yang berisi berbagai pengaturan untuk blog anda dan menu “Pembaca” (Reader), yang berisi artikel-artikel yang ditulis langsung oleh staff wordpress.

Anda juga bisa explore blog-blog wordpress lain dengan mencari sesuai dengan kata kunci atau kategori yang anda inginkan. Kemudian mem follow nya dan nantinya akan tampil di menu “Pembaca” saat anda membukanya.

Di sebelah kanan anda akan melihat menu dengan icon Lonceng, disitu anda akan bisa melihat setiap aktivitas blog anda. Menu ini mirip dengan menu notification pada facebook.

Kemudian menu dengan gambar lingkaran avatar adalah menu untuk pengaturan account anda. Disana terdapat menu logout / keluar dan juga pengaturan profil.

cara membuat wordpress blog 14

Dan yang terakhir adalah menu New post yang digunakan untuk membuat artikel baru.

Terbitkan artikel pertama anda!!

Pada menu new post anda akan melihat tampilan halaman seperti dibawah:

Menu Postingan baru wordpress

  1. Adalah tempat menulis judul artikel baru.
  2. Adalah menu-menu untuk menyusun atau organizer konten anda. Seperti memasukan gambar, tulisan tebal, miring, mengatur mode paragraf, menambahkan hyperlink, dll. Anda juga bisa menggunakan menu HTML.
  3. Adalah isi konten anda, bisa jadi artikel, video, audio, gambar dll
  4. Merupakan menu sticky, visibilitas dan menu untuk menghapus artikel.
  5. Adalah panel untuk menu preview artikel, terbitkan artikel, mengatur kategori, tag, featured gambar dll

Jika anda sudah menulis atau mengisi konten anda. Silahkan tekan tombol Terbitkan untuk mempublishnya.

Congratulation cara membuat blog gratis di wordpress sudah selesai, blog baru dan postingan baru anda sudah diluncurkan. Happy blogging 😀

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Artikel yang disarankan : 12 Alasan kenapa anda harus membuat blog dan memulai blogging hari ini juga

Komentar

comments

Leave a Reply