Berlibur ke Taman Wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat

Berlibur ke Taman Wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat tak lengkap ranya bila tak mengetahui legenda yang beredar di kawasan tersebut.anda pasti pernah mendengarnya pada saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tetapi tak ada salahnya bila mengulang kembali untuk membaca cerita yang sama, sekaligus bernostalgia dengan masa kecil kita.

Legenda ini berawal dari seorang anak yang mencintai ibunya sendiri, yaitu Sangkuriang yang mencintai ibunya Dayang Sumbi dan ingin menikahinya. Akan tetapi, Dayang Sumbi yang mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya ingin menolaknya secara halus. Maka dibuatlah persyaratan yaitu membuat sebuah perahu yang besar untuk berlayar dan harus selesai sebelum matahari terbit.

Dengan bantuan jin dan kekuatan yang dimilikinya, Sangkuriang hampir menyelesaikan perahu yang dibuatnya sebelum matahari muncul. Dayang sumbi pun menjadi khawatir, amaka dengan seluruh tenaga dia membunyikan alu dan pura pura menumbuk padi, seketika ayam ayam pun berkokok bersahutan mengira sudah pagi.

Sangkuriang yang mengetahui bahwa dia ternyata gagal menyelesaikan perahu menjadi mngamuk dan menendang perahu ke tanah hingga perahu tertelungkup. Kemudian jadilah gunung tangkuban perahu yang bentuknya memang seperti peralu yang tertelungkup.

tangkuban perahu

Sumber: haluannews.com

Begitu tadi legenda terciptanya Tangkuban Perahu yang beredar di daerah tersebut. Kemudian bila anda akan mengunjungi taman wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat, anda sebaiknya menggunakan jaket tebal ataupun sweater untuk melindungi diri anda dari hawa dingin. Letaknya yang berada di 2.084 meter di atas laut membuat suhu di  awasan tersebut sekitar 17 20 derajat celsius pada siang hari. Dan bisa menjadi lebih dingin lagi saat malam hari.

Bila anda pecinta selfi dan foto, cocok sekali bila berwisata ke Tangkuban Perahu. Karena tempatnya yang sangat asri dan eksotis dengan pemandangan danau dan tumbuhan yang hijau dan rimbun pasti akan membuat terpana yang melihatnya. Bahkan jika anda ingin berlibur dalam waktu yang lama, anda bisa juga memanfaatkan jasa penginapan dan hotel yang berada di kawasan tersebut.

Tempat wisata Tangkuban Perahu juga sangat indah karena disana juga terdapat 3 kawah yang bisa anda nikmati pemandangannya. Seperti Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Semuanya memberikan sensai yang berbeda beda walaupun letaknya yang berdekatan.

1. Kawah Ratu

Merupakan kawah yang paling besar dan juga paling banyak dikunjungi wisatawan. Akan tetapi untuk menuju ke kawah Ratu ini, anda harus menggunakan mobil atau kendaraan pribadi karena akan sangat capek bila berjalan kaki ke sana. Tetapi anda tak boleh terlalu dekat dengan kawah dan diberi batas antara pengunjung dan kawah.

2. Kawah Upas

Bentuknya lebih kecil dari kawah Ratu dan memiliki danau yang dangkal. Untuk sampai ke Kawah Upas anda harus rela melewati jalanan yang berpasir dan berbatu batu kecil. Tetapi perjuangan tersebut tidak akan sia sia bila anda telah sampai ke kawah ini.

3. Kawah Domas

Merupakan kawah yang letaknya paling bawah dan anda diperbolehkan untuk mendekati kawahnya. Tetapi anda harus berhati hati dengan air mengalir di sekitar kawah karena sangat panas. Bahkan panas air tersbut digunakan oleh sebagian wisatawan untuk merebus telur ayam hingga matang.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Tempat wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat ini terletak di Cikole, Lembang, Bandung Utara. Harga tiket masuk ke kawasan ini pun sangat murah dan dibanderol dengan 15ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati seluruh wisata dan pemandangan alam yang sangat memamukau mata yang memandang.

Komentar

comments

Leave a Reply