Cara Budidaya Burung Puyuh – Peluang Usaha

Sebenarnya ada banyak sekali bisnis yang dapat anda kerjakan, salah satunya adalah degan budidaya burung puyuh, yang harus anda perhatikan adalah anda harus memulai dengan niat dan bekerja keras maka hasilnya akan seperti yang anda harapkan, jika anda mempunyai keinginan untuk memulai bisnis burung puyuh pertama anda harus mempunyai lahan yang cukup untuk budidaya burung ini nantinya, jika lahan sudah terpenuhi silahkan untuk memperhatikan tempat dari burung puyuh tersebut harus bersih dan tenang.

Lantas bagaimana cara pemeliharaan burung puyuh yang benar?

Cara Pemeliharaan Burung Puyuh yang Baik

Pertama yang harus anda persiapkan adalah tempat pengopenan, jika burung puyuh asih berusia 0 hari atau baru menetas anda harus menghangatkan burung tersebut agar suhunya tetap setabil maka digunakan open, disini kami menggunakan kapasitas burung puyuh 500 ekor yaitu dengan ukuran kurang lebih lebar 1 meter dan panjang 2 meter tinggi 0.5 meter, alasnya menggunakan kawat ram-raman dan diatasnya saya beri 5 lembar koran agar udara tidak bisa keluar dan koran tersebut diambil 1 minggu sekali agar tidak terjadi penupukan kotoran.

Selanjutnya di dalam open tersebut beri penerangan lampu neon dan tidak boleh ati sampai kurang lebih 1 minggu, untuk suhu udara dalam tempat open

30-40. Untuk pemberian minum lakukan setiap hari dan dibersihkan juga setiap hari, untuk akananya tidak boleh sampai telat artinya dalam tepat open tersebut tidak boleh sampai tidak ada makanan sama sekali. Biarkan bibit puyuh tersebut dalam pengopenan sampai 30hari lamanya, kemudian pindahkan burung tersebut ke tempat kandang petelur, dan jangan lupa untuk ganti makananya dengan puyuh petelor atau kosentrat.

budidaya-burung-puyuh

Perhatikan dalam pemberian makanan sehari 2 kali lakukan pagi dan sore hari untuk 5 kg dan sore 5 kg, pemberian minum 5 liter air dan di beri vitamin 3 sendok kecil ukuran maksimalnya. Diperkirakan usia telur awal 45 hari sudah mulai bertelur dan batas akhir atau sudah tidak berproduksi lagi yaitu tidak terbatas sampai kalkulasi harga telur antara keuntungan dan kerugian.

Cara pemasaran Telur Burung Puyuh

Masalah pemasaran telur burung puyuh ini disa anda jual sendiri atau bisa juga dengan dijual ke tengkulak dan harga telur sesuai dengan harga pasar, peletakan pengiriman telur diletakkan di karton kerdus yang isinya 1 tree 90 butir, dapat ditempatkan pada tempat yang kering tidak terkena sinar atahari langsung, telur puyuh tersebut dapat bertahan sampai 10 hari.

Untuk pemasaran daging bisa di jual sendiri atau dijual ke tengkulak harga mengikuti pasar.

Kalkulasi perhitungan pakan dan hasil keuntungannya

Misalnya : Selama 5 hari jumlah puyuh 500 ekor bisa menghasilkan telur sekitar 2200 butir harga Rp.170/butir dan menghabiskan pakan 1 sak dengan harga Rp.185.000 dan untuk minumnya Rp 16.000 jadi Perhitungannya

2200 x 170 – 185.000 – 16.000 = 173.000 (keuntungan bersih).

Dari kalkulasi diatas anda masih untung 173.000 bersih, ya dalam setiap usaha pasti ada untung dan rugi, jadi saran saya anda harus siap untuk menanggung hal yang paling buruk nantinya.

Semoga Bermanfaat.

Tentang Penulis,

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Jonathan adalah seorang yang aktif dalam organisasi Peternakan, Pertanian, Unggas dan Ternak (PMP2UT),  yang saat ini sedang berkonsentrasi membangun bisnis hasil pertanian khususnya pembibitan tanaman hias melalui situs online BibitOnline.com

Komentar

comments

Leave a Reply