Ini Ciri Khas Desain Eksterior & Interior Rumah Minimalis di Indonesia

minimalis

Ilustrasi by desaingambarrumahminimalis.com

Seiring berjalannya waktu, kehadiran rumah-rumah dengan desain minimalis semakin diminati masyarakat. Selain karena desainnya yang simpel, tampilan rumah minimalis ini, baik yang berukuran kecil hingga besar sekalipun, selalu mencerminkan kesan yang modern. Selain itu rumah minimalis juga dikatakan lebih mudah dibersihkan karena tidak banyak mengandung ornamen yang rumit dan membuat pemiliknya lebih rileks.

Rumah minimalis yang dibangun di Indonesia sangat beragam tipe, jenis, hingga desainnya. Namun umumnya konsep yang diutamakan baik itu bagian eksterior maupun interior adalah kesederhanaan. Kesederhanaan itu sendiri terlihat dari bentuk-bentuk dan garis-garis geometris.

Desain Eksterior

Pada bagian eksterior rumah minimalis, segi empat menjadi elemen bentuk yang paling sering digunakan. Tujuannya adalah untuk memberikan ketegasan pada tema dan konsep minimalis. Garis vertikal dan horizontal pun tampak dibuat berulang pada bagian depan rumah. Agar tampilan lebih modern, bingkai-bingkai berbentuk segi empat dari beton kerap muncul atau ditambahkan terpisah dengan dinding untuk mempertegas bentuk rumah. Sementara itu untuk bentuk atap, umumnya banyak yang menggunakan atap dengan kemiringan dalam atau cenderung datar.

Sementara itu untuk warna yang kerap diaplikasikan pada bagian depan rumah minimalis adalah warna-warna dengan kesan modern seperti abu-abu dan warna terang lainnya. Karena banyak mengadung unsur vertikal dan horizontal, permainan kombinasi warna cat sudah mulai dilakukan pada bagian ini. Contohnya seperti warna abu-abu yang dikombinasikan dengan warna putih, cream, dan warna-warna terang seperti oranye dan merah. Selain di dinding dan tiang, pemolesan warna tersebut bisa dilakukan pada pintu serta bingkai jendela rumah.

Selain eksterior pada rumah, konsep sederhan dan tidak macam-macam pun akan tercermin pada pagar, taman depan, dan carport atau garasi terbuka.

Desain Interior

Senada dengan bagian eksterior, pada bagian dalam rumah minimalis pun tidak banyak menggunakan aksen dan umumnya berupa ruangan persegi yang sederhana. Jumlah dan tata letak ruangan pada rumah minimalis sangat tergantung pada tipe rumah (tipe 36, 45, 54, dan seterusnya).

Semakin besar tipe rumah minimalis, semangat luas dan semakin banyak pula ruangan yang dimiliki. Namun yang paling umum dilakukan pada interior rumah minimalis adalah kehadiran sekat ruangan yang sangat diminimalisir. Jadi ruangan-ruangan tersebut bisa berfungsi ganda. Contohnya, pada rumah minimalis tipe 36 terdapat dua ruangan kamar tidur, satu kamar mandi, satu dapur, dan satu ruangan multifungsi.

Untuk rumah minimalis yang ukurannya kecil, pemilihan warna harus dilakukan dengan cermat. Dengan memilih warna-warna yang tepat, rumah minimalis ukuran kecil akan tampak lebih luas. Warna-warna terang dan cerah seperti putih, kuning muda, biru muda, oranye muda dapat menjadi pilihan yang sesuai. Namun perhatikan pula peruntukan ruangan dengan warna yang akan dipilih karena sifat ruangan pada jenis ini umumnya multifungsi.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Sementara itu untuk rumah minimalis dengan ukuran yang lebih besar, perpaduan warna cerah dan warna-warna lembut pada dinding interior dapat memberikan kesan yang indah. Hindari melakukan paduan warna yang berlebihan dan ramai karena akan menimbulkan kesan berantakan dan tak nyaman. Kesan minimalis pun akan menghilang jika salah dalam pemilihan warna.

Komentar

comments

Leave a Reply