Membuat Salah Satu Wisata Kuliner Jawa Barat : Batagor

Mendengar kata Bandung pasti yang terbayang adalah beragam jajanan dan cemilan yang lezat. Anda pasti sudah sangat familiar dengan wisata kuliner Jawa Barat seperti : siomay, cilok, dan batagor.

Silahkan baca juga : Daftar makanan khas jawa barat yang harus anda coba

Makanan ini biasanya dijajakan oleh abang abang yang mangkal di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak dorong. Tetapi ada juga yang menjajakan dengan kedai dan warung khusus yang memudahkan konsumen untuk duduk duduk sambil menikmati jajanan.

Salah satu dari jajanan yang terkenal itu adalah batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Rasa batagor yang gurih dan agak kenyal ditambah dengan kuah saus kacang yang nikmat dan lembut, membuatnya sangat cocok sebagai camilan saat sedang istirahat di kantor.

Sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan bahan pilihan dan higienitas yang terjamin. Anda juga bisa menambahkan banyak ikan agar semakin terasa ikannya, mari kita coba salah satu makanan wisata kuliner Jawa Barat ini.

Bahan bahan :

– 200gr daging ayam cincang halus atau bida dilembutkan dengan food processor
– 200gr ikan tengiri, buang duri dan haluskan
– 8sdm tepung tapioka atau anda bisa menggantinya dengan tepung kanji
– 2 butir telur ayam
– 8 buah tahu putih, potong dadu sesuai selera lalu goreng
– 12 lembar kulit pangsit
– 2 batang daun bawang iris halus
– Minyak goreng secukupnya
– Garam dan gula sesuai selera
– Penyedap rasa

Bumbu pelengkap berupa saus kacang :

– 150gr kacang tanah goreng
– 6 buah cabai merah besar goreng
– 2 buah cabai rawit, goreng
– 1 buah bawang putih
– 1 buah bawang merah
– ½ sdt garam
– ½ sdt gula
– Jeruk nipis
– Air

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah yang cukup besar seprti baskom, lalu masukkan daging ayam, ikan tengiri, tepung tapioka uleni sampai tercampur rata.
  2. Masukkan telur, daun bawang, garam dan gula serta penyedap rasa lalu aduk sampai seluruh adonan tercampur dengan baik
  3. Siapkan tahu goreng dan keluarkan isinya, kemudian masukkan adonan yang sudah disiapkan tadi ke dalam tahu sampai seluruh tahu terisi penuh. Lalu kemudian lakukan hal yang sama yaitu masukkan adonan ke dalam kulit pangsit dan satukan ujung ujungnya. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak agar batagor bisa tercelup semua bagiannya. Setelah panas, masukkan batagor satu persatu, goreng hingga coklat keemasan dan matang. Tiriskan.

Langkah selanjutnya untuk membuat wisata kuliner Jawa Barat ini adalah membuat saus kacang yang gurih dan sedap.

Langkahnya sangat mudah, anda cukup mencampur seluruh bahan yaitu kacang tanah, cabai, garan, gula dan juga bawang ke dalam food prosessor dan giling hingga halus.

Setelah sudah halus dan tercampur merata, didihkan air sekitar 2 gelas, masukkan hasil gilingan tadi dan masak hingga air berkurang dan cairan menjadi kental. Untuk penyajiannya tentu saja sangat mudah dan cepat.

Anda tinggal menyiapkan piring saji yang menarik kemudian potong kecil – kecil batagor yang sudah dibuat tadi dan taruh di dalamnya. Tuangkan saus kacang yang sudah dibuat ke atas batagor, terakhir sajikan bersama irisan jeruk nipis, kecap dan saus sambal kalau suka.membuat batagor.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Saya yakin saat ini teman-teman sudah bersiap siap untuk membuat batagor di rumah. dijamin suami dan anak anda akan suka dan ketagihan dengan wisata kuliner Jawa Barat yang satu ini.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Selamat mencoba. Cheers!

Komentar

comments

Leave a Reply