Cara memandikan bayi yang baru lahir

Selamat datang di dunia baru untuk bayi anda 🙂 Setelah berbulan-bulan bunda mengandung dan kini telah hadir si buah hati yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Disaat melahairkan bunda merasakan lelah dan sakit. Tapi semua itu terobati dengan tangisan sang buah hati. Di hari pertama anda akan sangat menikmati semua bentuk tubuh mungil dan lucunya si buah hati yang baru melihat dunia.

Tahukah anda, bayi yang baru lahir juga kelelahan seperti ibunya. Mereka berdua telah berjuang dengan baik pada saat proses kelahiran.

Dan sekarang setelah melahirkan, bayi Anda akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Anda akan mulai belajar mengganti popok, menyusui dan mengenali penyebab tangisan sang bayi jika menangis.

Jika bayi anda tiba-tiba sering muntah. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Atau di beberapa kasus, bayi yang baru dibawa pulang tiba-tiba kulitnya berubah kekuningan.

Penyakit kuning disebabkan oleh kelebihan bilirubin dalam aliran darah. Jangan khawatir! Anda hanya perlu konsultasi dengan dokter dan belajar beberapa cara perawatan sederhana terhadap bayi yang baru lahir.cara memandikan bayi

Cara memandikan bayi

Beberapa orang tua khawatir tentang cara memandikan anak mereka, tapi seperti kebanyakan hal dalam hidup, kuncinya adalah persiapan. Siapkanlah semua peralatan dan informasi, maka memandikan itu akan lebih mudah dan aman.

Hal yang harus dipersiapkan: spon/busa lembut, bola kapas, handuk lembut, cotton bud bayi, alkohol, bantalan busa dan sebaskom air hangat. Pastikan airnya anda cek terlebih dahulu agar tidak terlalu panas di bayi anda.

Tanpa melepas baju, baringkan bayi anda di bantalan busa. Dimulai dengan bagian kepala, basuhlah matanya dengan dengan bola kapas bersih yang telah dibasahi air hangat. Lanjutkan dengan spon untuk membersihkan bagian sekitar mulut, dagu dan leher.

Selanjutnya peganglah kepala bayi anda dan dekatkan ke baskom, kemudian usap lembutlah kepalanya dengan air yang ada dibaskom. Kemudian berilah sabun bayi dan  usaplah dengan sangat lembut. Kemudian bilaslah dan keringkan dengan handuk lembut dengan perlahan.

Silahkan baca juga : Perawatan kesehatan gigi pada anak sejak lahir

Kemudian lepaskan bajunya dan basuhlah dengan lembut bagian dada dan lengannya. Pastikan juga anda juga membersihkan lipatan-lipatan pada bagian kulitnya, termasuk sekitar leher dan bagian lengannya. Kemudian lanjutkan kebagian tangan dan periksalah jari-jarinya. Kemudian bilas lah dan keringkan dengan handuk.

Dan dengan kepala tersangga, miringkanlah bayi anda. Lalu basuhlah bagian punggungya, kemudian keringkanlah dengan anduk. Setelah kering, pakaikanlah baju bagian atasnya.

Karena bagian pusar yang belum benar-benar sembuh, basuh bagian pusarnya dengan cottonbad yang telah dicelupkan alkohol, bersihkanlah sampai ke bagian  bawahnya. Hindarilah bagian pusar ini terkena air sampai pusarnya benar-benar sembuh.Sangat dianjurkan memandikan bayi dengan dibasuh sampai pusarnya sembuh dan sisa tali di pusatnya lepas.

Setelah itu bersihkanlah bagian bawah tubuh bayi dan segera keringkan dengan handuk. Lalu anda sudah bisa memakaikan pakaian bagian bawahnya.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Anda tidak perlu membasuh kepala bayi anda setiap hari, cukup 2 atau 3 kali dalam seminggu. Jika terlalu sering dicuci dapat menyebabkan kulit kepala kering dan bersisik. Yang perlu anda jaga untuk selalu dibersihkan adalah bagian muka, leher dan kelamin nya.

 

Komentar

comments

Leave a Reply