Tips memilih kasur yang tepat untuk mendapatkan istirahat yang maksimal

kasur sehatSetiap hari kita menghabiskan waktu kita ditas kasur sekitar 6-8 jam setiap harinya. Momen itu adalah momen dimana kita melepaskan penat seharian dan memulihkan kembali tenaga kita untuk esok harinya.

“Sebuah kasur sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang,” kata Michael Decker, PhD, RN, seorang profesor di Georgia State University dan juru bicara American Academy of Sleep Medicine.

Kasur yang anda tiduri memiliki hubungannya dengan jaringan pembuluh darah halus, yang disebut kapiler, yang berjalan di bawah kulit Anda.

Silahkan baca juga : Pentingnya Tidur Berkualitas!

Pada saat tidur dengan rentang waktu tertentu, bagian yang terhimpit tidak akan bisa mengalirkan darah secara normal. Sampai sensor tubuh memberikan pesan kepada otak untuk membalikan bagian badan yang lain.

Kasur yang baik adalah kasur yang mempunyai sedikit titik-titik tekanan kepada tubuh dan harus memberikan tidur malam yang lebih baik, Namun kasur yang ideal adalah berbeda untuk setiap orang. Kata profesor¬† “Decker”

Oleh karena itu masih saja ada orang-orang yang merasa lelah atau ngantuk walaupunjam tidurnya sudah terpenuhi.

Pilhlah kasur sesuai kebutuhan tubuh

Menemukan kasur yang tepat bukanlah tentang mencari tahu merek terkenal suatu kasur atau mencari kasur dengan harga yang mahal. “Sebuah kasur jauh lebih mahal tidak selalu berarti lebih baik,” kata Decker.

Jangan pernah menilai kasur yang baik untuk tubuh itu berdasarkan harga ataupun merek. “Memilih kasur itu sangat pribadi,” kata Decker. Ada yang suka kasur berbahan lembut dan ada juga yang tidak.

Meskipun tidak ada banyak bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa satu jenis kasur akan membantu Anda tidur lebih baik dari pada yang lain, namun orang-orang yang mempunyai suatu penyakit dapat menemukan gaya kasur tertentu yang membuat tidur mereka lebih nyaman.

“Jika Anda memilih kasur yang terlau lunak, Anda akan tenggelam ke bawah. Tapi jika terlalu keras, akan terjadi banyak tekanan pada sakrum, bahu dan punggung kepala, “kata Howard Levy, MD, seorang asisten profesor ortopedi di Emory University, kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Belilah tempat tidur yang bisa disesuaikan, agar jika suatu saat anda perlu kasur yang bisa meningikan bagian kepala dan bahu, anda bisa menyesuaikannya. Dokter merekomendasikan meninggikan bagian kepala dapat membantu orang yang kesulitan bernafas dapat bernafas lebih mudah. Tempat tidur ini juga dapat memungkinkan anda untuk menyesuaikan lutut dan pinggul ke sudut 90 derajat dan dapat menghilangkan beberapa tekanan pada sendi.

Jika Anda penderita alergi atau asma, anda sangat dianjurkan membeli tempat tidur berlabel “hypoallergenic.”

“Ada banyak klaim yang dibuat oleh produsen kasur, dimana kasur mereka berjenis hypoallergenic atau berbahan yang tidak mendukung pertumbuhan kuman / debu, tapi saya tidak tahu bukti ilmiah untuk mendukungnya,” kata Paul V. Williams, MD, seorang profesor pediatri di University of Washington School of Medicine dan ahli alergi di Northwest Alergi dan pusat asma negara Amerika bagian Washington. Williams mengatakan tungau debu akan tinggal di mana saja ada makanan. Dan makanan itu adalah sel kulit mati Anda.

Oleh karena itu mebeli kasur bebas alergi tidak dianjurkan, karena anda hanya perlu mencuci alas kasur, sarung bantal, selimut secara berkala agar tidak menimbulkan debu yang bisa mengganggu kesehatan.

Lakukan tes sebelum membeli kasur

“Anda tidak akan membeli mobil tanpa tes drive terlebih dahulu” kata Decker. Jadi mengapa Anda akan berinvestasi ratusan ribu hinga jutaan untuk kasur tanpa mencoba dulu? Anda bisa tidur pada kasur yang ada ditoko selama beberapa menit sebelum anda membelinya. Jangan malu karena pembeli adalah raja.

Atau jika anda pernah tidur dihotel dan mendapatkan tempat tidur yang cocok bagi anda, anda cukup menanyakan merek dan tipe kasur itu kepada petugas hotel tersebut.

Pada saat anda menguji suatu kasur, pastikan rasanya nyaman di setiap posisi tidur anda, terutama posisi tidur yang sering anda lakukan. Kasur yang baik harus bisa memenuhi kebutuhan istirahat anda, jangan sampai ada banyak tekanan pada tubuh Anda.

Waktu untuk mengganti kasur

Jika Anda telah mengalami kesulitan tidur, masalahnya mungkin tidak pada kesehatan anda atau jenis kasur anda, tetapi umurnya. “Ini benar-benar penting bagi orang untuk menyadari bahwa kasur memiliki umur tertentu,” kata Decker.

Bahan busa pada kasur akan pecah atau hancur jika terus digunakan dalam waktu yang lama.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Decker merekomendasikan agar mengganti kasur anda jika umurnya sudah lebih dari 10 tahun.

Komentar

comments

Leave a Reply