Cara mengirimkan foto atau file dokumen menggunakan email

Email masih menjadi alat komunikasi yang sangat penting bagi pengguna internet. Hal ini dikarenakan, email bisa melakukan banyak tugas secara cepat, tepat, aman dan efisien. Salah satu fitur dari elektronik mail ini adalah sebagai sarana pengiriman file atau gambar.

Dengan email anda bisa mengirimkan gambar foto atau file-file penting kepada seseorang maupun organisasi.

Ada 2 metode pengiriman file/gambar pada email, yaitu:

1.Menggunakan fitur attached mail. Dimana anda melampirkan gambar diluar halaman email dan file tidak digabungkan dengan text yang anda kirim.

2.Namun ada juga yang mengirimkan gambar atau file dengan menempelkan pada body email, yaitu diselipkan didekat text yang mereka tuliskan. Fitur ini menggunakan basis HTML pada body email.

Untuk fitur yang satu ini tidak didukung oleh semua pengguna email pada umumnya, karena ada sebagian pengguna yang mengatur email mereka hanya untuk menerima pesan text (tidak support HTML).

Secara otomatis jika anda mengirimkan gambar dengan metode ini, penerima tidak akan bisa menerima gambar/foto. Mereka tidak akan bisa melihat file-file lain kecuali text.

Silahkan baca juga : Cara membuat email gmail

Untuk itulah sangat dianjurkan sekali bagi anda yang ingin mengirimkan fille/gambar menggunakan metode 1. Dengan menggunakan metode 1, kita dapat mengirimkan file/gambar dengan mudah. Cukup dengan menekan tombol “Attach” pada layanan email yang kita gunakan.

Mohon diperhatikan : Jika anda sebagai sipengirim / penerima menggunakan layanan custom email atau email perusahaan atau email organisasi, pastikan file/foto yang dilampirkan tidak melebihi batas maksimum yang diperbolehkan, seperti max 2mb atau 5mb atau 10mb.

Biasanya perusahaan-perusahaan,membatasi upload file dengan besar 2Mb saja. Jika file yang dikirim melebihi batas maksimum, maka sipenerima  hanya akan menerima pesan error “over quota”. Mereka tidak akan menerima file yang terlalu besar tersebut.

Untuk itu jika anda memiliki file yang besar, lakukan kompres file atau memecahnya dalam beberapa bagian.

Untuk pengguna email yahoo atau gmail, anda bisa mengirimkan foto / file dengan maksimal hingga 25 MB.

Bagaimana jika file yang akan dikirim melebihi 25MB? Untuk file diatas 25MB anda harus upload terlebih dahulu kelayanan cloud storage seperti Google drive atau dropbox, dan anda tinggal mengirimkan link nya saja kepada sipenerima anda.

Cara melampirkan file/foto pada microsoft outlook, gmail dan yahoo

Secara umum, cara untuk melampirkan file pada email adalah sama, cukup dengan :

  • Klik tombol attach:

Pada microsoft outlookmicrosoft outlook kirim photo - Cara mengirimkan foto

Pada gmailattach email gmail - Cara mengirimkan foto

Pada yahoo mailattach email yahooc - Cara mengirimkan foto

  • Lalu pilih file/foto yang ingin anda kirimkan dan klik ‘open’
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Maka secara otomatis file akan di upload dan siap untuk dikirimkan.

Komentar

comments

Leave a Reply