Bagaimana mengatasi susah tidur (insomnia) tanpa obat?

susah tidur

Img source : tips2bfitnhealthy.blogspot.com

Tidur adalah salah satu kebutuhan pokok dari tubuh kita, tidur ini bahkan lebih penting dari pada makan. Jika kita kekurangan tidur tentu saja akan berdampak negatif pada aktivitas kita. Kita tidak akan bisa melalui aktivitas sehari-hari dengan baik apa bila kita kekurangan tidur.

Jika anda sudah merencanakan tidur dengan baik dan meminimalisir kekurangan tidur adalah suatu hal yang baik untuk diperjuangkan. Jika anda sudah mempercepat waktu tidur dari biasanya atau anda sudah berniat menjadwalkan tidur yang selama ini ternyata kurang dan ingin memperbaikinya, namun ternyata ada hal baru yang menghambat niat baik anda itu.

Ternyata anda menjadi susah tidur atau disebut juga (Insomnia), walaupun ruangan anda sudah tenang dan tempat tidur yang nyaman. Susah tidur itu tetap bisa terjadi. Insomnia yaitu suatu keadaan seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur dengan lama sesuai kebutuhan tubuh.

Apa saja akibatnya jika kekurangan tidur?

  • Lelah dan malas untuk beraktivitas di siang hari
  • Mudah stress, depresi dan tidak bergairah
  • Susah berkonsentrasi saat beraktifitas atau bekerja
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah dan mudah terkena penyakit. Seperti sakit Jantung, kangker, diabetes stroke dll
  • Emosional yang tidak stabil dan mudah marah
  • Mudah lupa akan suatu janji atau lupa meletakan barang-barang
  • Bisa juga obesitas atau bisa juga menurunnya berat badan
  • Sebuah penelitian oleh Warwick university menyatakan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam berisiko meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang tidur cukup

Silahkan baca juga : Pentingnya Tidur Berkualitas!

Sebenarnya penyakit susah tidur ini adalah suatu penyakit yang sudah lama. Namun banyak dari kita yang mengabaikannya begitu saja, mereka punya penyebab masing-masing. Kehidupan di kota besar sering dikaitkan dengan penyebab kurangnya tidur seseorang selain itu masih ada lagi penyebab lainnya, seperti stress, penyakit, pola makan tidak teratur dan masih banyak lagi.

Untuk itu pengetahuan tentang pentingnya tidur yang cukup itu sangat perlu untuk di beritahukan kesemua kalangan. Selain terhindar dari berbagai penyakit, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kreatifitas dan gairah seseorang dalam menjalani aktivitasnya.

Sekarang jika anda adalah seorang yang susah tidur. Berikut adalah cara alami untuk mengatasi susah tidur atau insomnia dengan mudah.

  1. Jika anda biasa tidur dengan kondisi lampu dinyalakan maka cobalah dengan  lampu yang redup atau mematikan lampu. Hal ini dapat membuat pikiran anda lebih rilex dan cepat terlelap.
  2. Jika anda merasa stress, cobalah menghilangkan stres anda dengan menceritakan masalah anda kepada orang terdekat, jalan-jalan sejenak, bermain game atau anda juga bisa berolahraga / melakukan gerakan yoga. Jika anda seorang muslim, cobalah untuk shalat sunah sebelum tidur yang dapat menenangkan pikiran anda.
  3. Meminum madu dan susu sebelum tidur.
  4. Jangan biarkan perut anda kosong sebelum tidur. Isilah dengan beberapa sendok nasi atau makanan lainnya, namun jangn juga terlalu kenyang.
  5. Jika anda selesai beraktivitas dan berkeringat, mandi malam dapat menyebabkan ngantuk lebih cepat. Tapi jangan mandi dalam keadaan badan panas, silahkan dinginkan terlebih dahulu.
  6. Matikanlah TV, radio atau hal yang membuat suasana di kamar anda menjadi heboh. CIptakan lah suasana sesunyi mungkin.
  7. Jangan bermain gadget atau smartphone, jika anda sudah berniat mau tidur matikanlah internet dan jauhkanlah gadget dari tangan anda.
  8. Membaca buku atau koran dapat melelahkan mata anda dengan cepat. Hal ini wajib dicoba.
  9. Hindari meminum kopi atau minuman kafein di sore dan malam hari. Karena minuman kafein dapat membuat mata anda melek lebih lama.
  10. Buatlah jadwal tidur yang teratur dan anda harus bisa tegas terhadap jadwal anda sendiri. Karena dengan penjadwalan yang baik tentu saja waktu tidur anda juga akan bisa lebih baik.
  11. Dan jangan lupa untuk berdoa.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah 11 cara mengatasi tidur yang dapatt anda praktekan jika anda adalah seseorang yang susah tidur. Jika anda sudah mencoba beberapa cara diatas dan masih tetap susah untuk tidur. Ada baiknya anda periksa langsung dengan seorang dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Komentar

comments

Leave a Reply