Tips dan cara mencari kerja di kota Jakarta

Jumlah pengangguran di Indonesia masih sangat mengkhawatirkan, karena setiap tahun akan ada ratusan ribu sarjana baru yang bermunculan. Dengan keberhasilan mereka mendapat gelar S1 bukan berarti mereka akan dijamin langsung mendapat pekerjaan langsung.

Jika mengharapkan pekerjaan dari perusahaan, sangat tidak mungkin perusahaan akan menampung mereka semua. Untuk itu mahasiswa harus bisa mencari alternatif lain seperti membuka usaha mandiri.

Namun bagi mahasiswa yang masih ingin menggunakan ijazah mereka untuk bekerja di perusahaan, mereka bisa pergi ke kota-kota industri dan bisnis. Seperti Jakarta, Batam dan daerah-daerah industri lainnya.

Jika anda beniat mencari pekerjaan di kota Jakarta, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencari kerja menggunakan internet.

1. Mendaftar di situs-situs penyedia lowongan pekerjaan seperti jobstreet, jobsDB, linkedin, careerBuilder, karir dan masih banyak lagi. Melalui situs itu anda bisa memasukan lamaran anda sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan jurusan dan keahlian anda.

2. Melalui sosial media, anda bisa memfollow atau mengikuti grup-grup pada sosial media seperti facebook dan twitter. Seperti (facebook.com/Lowongan-Kerja-Jakarta-108485475853290/), (twitter.com/lowonganjakarta), (facebook.com/groups/438071279701263/)

3. Anda bisa mendaftar pada situs-situs outsourcing, yaitu penyalur tenaga kerja. Jika anda lulusan baru dan sudah lama menganggur. Tidak ada salahnya menggunakan jalur ini untuk memulai karir anda. Seperti (aos.co.id, mii.co.id, provis-garuda.co.id, kasyasindo.co.id) dan masih banyak lagi. Anda bisa memasukan cv anda langsung pada website mereka.

Selanjutnya anda bisa mencari kerja dengan cara yang lain seperti koran, pos, relasi dll. Jika anda punya kenalan atau keluarga atau teman yang bekerja di Jakarta. Anda harus menghubungi mereka juga untuk sekedar menanyakan informasi lowongan pekerjaan.

jobfair

Selanjutnya anda bisa ikut jobfair yang sering diadakan di sekitaran kota Jakarta. Disini jobfair diadakan setiap bulan, melalui jobfair anda bisa bertemu langsung dengan pihak perusahaan dan bisa langsung menunjukan keahlian anda kepada mereka.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat pelajarilah sebuah skill yang sesuai dengan bidang anda dan dalami lah keahlian itu sedalam-dalamnya. Karena jika anda ahli dalam sesuatu, perusahaan lah yang akan mencari anda. Selain itu komunikasi dalam bahasa inggris juga sangat penting. Jika anda bisa menunjukan dua hal diatas kepada perusahaan, maka akan sangat besar kemungkinan anda diterima pada perusahaan tersebut. Dan yang terakhir, jangan lupa berdoa. Good luck!

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply