Beruntungnya Muslim yang Shalat Tahajud

waktu Tahajjud

sumber gambar : rohismansadepok.blogspot.co.id

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah- mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al- Israa’: 79)

Shalat tahajud adalah shalat sunah yang diutamakan. Rasulullah bersabda, “Seutama- utama shalat sesudah shalat fardu ialah shalat sunah di waktu malam.” (HR. Muslim). Shalat sunah ini memiliki berbagai keistimewaan karena syaratnya yang cukup berat terutama dalam waktu pelaksanaannya. Waktu pelaksanaan shalat tahajud yang palin utama adalah sepertiga malam terakhir. Waktu yang mayoritas orang banyak tidur. Namun dengan mengetahui keutamaan shalatt tahajud kita pasti sangat ingin melakukannya.

Silahkan baca juga : Bagaimana cara shalat yang benar dan sesuai sifat shalat nabi?

Shalat tahajud dilakukan mulai dari dua rakaat. Hal terpenting bukan banyak rakaatnya tapi konsistennya kita melakukan shalat tahajud tersebut setiap hari. Melaksanakan shalat tahajud sama dengan shalat sunah lainnya, yang membedakannya niat dan waktu pelaksanaannya.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, pada malam hari ada satu waktu yang apabila seorang muslim mendapatkannya lalu ia memohon kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, niscaya Allah akan memberikan kepadanya. Dan itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Begitu beruntungnya orang- orang yang mampu mendirikan shalat malam tersebut. Begitu besar pahala yang terkandung dalam shalat malam tersebut. Dengan mengetahui keutamaan dan keistimewaan shalay tahajud, semoga kita tergerak melakukannya.

Rasulullah bersabda, “Saat- saat paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya adalah pada pertengahan malam. Jika kamu sanggup untuk masuk dalam golongan orang yang berzikir kepada Allah pada saat tersebut maka lakukanlah.” (HR. Tirmidzi) Seoramg muslim yang melakukan shalat tahajud akan semakin dekat dengan Tuhan. Allah sangat mencintai hambanya yang melakukan shalat malam ini.

Shalat malam akan menghapus dosa- dosa yang telah kita lakukan. Selain itu shalat malam juga akan membentuk kepribadian kita lebih baik. Sehingga kita memiliki tingkah laku dan akhlak terpuji. Sungguh beruntung mereka yang mampu melakukan ibadah shalat tahajud.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Allah berfirman, “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.” (QS. Al- Muzzammil: 6)

 

 

Komentar

comments

Leave a Reply