Cara memilih produk toko online yang sedang booming

Toko online memang sudah menjadi trend saat ini, karena pertumbuhan konsumen yang mau untuk membelanjakan uang mereka secara online semakin banyak. Berbagai aplikasi juga sudah hadir yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka untuk berbelanja online.

Untuk itu, peluang untuk berjualan online terbuka selebar-lebarnya. Bagi anda yang biasanya berjualan offline, anda harus mulai merencanakan penjualan produk anda secara online. Karena prospek pasarnya sudah terbukti sekali.

Silahkan baca juga : 9 Cara promosi produk toko online secara gratis dan efektif

Saat ini, sudah ada ribuan toko online di Indonesia yang siap bersaing secara ketat. Bagi anda yang sudah membangun toko online, anda harus bersiap-siap untuk disaingi oleh pendatang baru itu. Dan bagi anda yang baru merencanakan untuk membuat toko online, anda harus siap untuk lebih unggul dari para pesaing anda. Salah satunya adalah anda harus bisa memilih produk yang tepat untuk anda jual.

Jika anda bukan seorang produsen, pemilihan produk adalah suatu hal yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis anda. Anda harus bisa melihat kebutuhan pasar. Anda harus bisa hadir sebagai pembawa solusi dipasar tersebut.PRODUK BOOMING

Bagaimana cara memilih produk toko online yang bisa laris dipasaran?

Beberapa produk yang sangat laris dipasar online antara lain seperti produk kosmetik/kecantikan, fashion, makanan, asesoris wanita, gadget, obat herbal dan masih banyak lagi. Namun anda harus lebih spesifik lagi dalam memilih produk tersebut.

Produk toko online yang laku adalah produk yang memiliki daya saing rendah namun sangat dicari-cari oleh banyak orang. Namun sangat sulit untuk menemukan produk yaang seperti itu, karena jika produk tersebut dicari-cari oleh banyak orang dan ada banyak produsen yang memproduksinya tentu saja akan ada banyak orang pula yang menjualnya. Otomatis jumlah pesaing pun akan meningkat.

Selain itu, sebuah produk yang sedang dicari-cari banyak orang bisa saja memiliki kendala dengan pemasok barang. Jika produk tersebut membutuhkan bahan baku yang langka dan pengerjaan nya yang lama, tentu saja ketersedian produk tersebut sangat terbatas.

Namun  jika anda masih belum punya produk untuk dijual secara online, namun semangat anda sangat membara untuk membuka sebuah toko online tidak ada salahnya anda mencoba menjual produk yang sedang booming atau sedang banyak dicari oleh pasar itu.

Kenapa?

Jika suatu produk memiliki banyak peminat otomatis kesempatan produk anda terjual akan semakin tinggi pula, jika pesaing anda dapat menjual 100 item produk per hari maka minimal anda bisa menjual 1 produk saja dalam sehari. 1 produk per hari bagi seorang pemula adalah sebuah prestasi. Disitu anda akan memiliki kesempatan untuk membangun nama bisnis anda, membangun integritas anda dan tentu saja toko online anda akan dikenal banyak orang.

Bagaimana cara melihat produk yang sedang booming di pasaran online?

 

1. Marketplace

Di sebuah marketplace anda bisa dengan mudah menemukan produk yang sedang booming terebut. Biasanya dihalaman utamanya mereka akan memajang produk-produk yang sedang populer. Setelah itu anda bisa lanjutkan dengan melihat rating atau jumlah produk terjual dari produk yang populer tersebut.BUKALAPAK POPULER

2. Forum jual beli

Anda harus sering-sering mengunjungi forum-forum besar yang ada di Indonesia. Contohnya : Kaskus. Anda bisa melihat produk apa yang sedang banyak dibicarakan oleh oleh penghunyi forum jual beli tersebut.KASKUS FJB

3. Sosial media

Ada banyak sekali sosial media yang bermunculan, namun anda cukup memilih beberapa saja. Seperti facebook, twitter, google+, instagram, path dll.

Memanfaatkan sosial media adalah salah satu cara yang efektif. Anda bisa melihat topik yang lagi trending atau yang banyak dibicarakan oleh banyak orang dalam suatu grup. Dari sekian banyak topik yang dibicarakan di sosial media, sangat memungkinkan salah satu topik yang dibicarakan adalah sebuah produk.

Selain itu anda bisa bergabung dengan sebuah grup yang membahas seputar toko online, karena akan ada banyak orang yang mempromosikan/memposting produk mereka disana. Anda tinggal memilih produk mana yang sedang booming dengan melihat interaksinya. Yaitu dengan memperhatikan jumlah like, sharing atau komentar pada postingan tersebut.

twitter produk

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Sebenarnya masih ada metode lain untuk memilih produk toko online selain produk booming ini seperti produk khas daerah anda, produk yang berhubungan dengan hobi atau kesukaan anda, produk di pasar grosiran atau produk-produk baranded. Namun cara diatas adalah salah satu metode pemilihan produk untuk dijual secara online bagi anda yang sedang memulai toko online. Good luck!!

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply