Apa itu google adsense dan bagaimana cara kerjanya?

ADSENSE

Mungkin anda sudah sering mendengar mengenai google adsense atau anda mendengar ada orang bisa kaya dari internet dengan menjadi seorang publisher. Mereka mempunyai penghasilan jutaan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Kerja mereka hanyalah duduk di depan laptop dan menulis artikel hanya beberapa jam saja dalam sehari.

Mungkin ada yang percaya ataupun tidak. Tapi pada zaman yang serba digital ini, anda harus bisa menerima pernyataan bahwa ada banyak sekali peluang bisnis ataupun pekerjaan yang tersebar di internet. Salah satunya adalah menjadi seorang publisher.

Silahkan baca juga : Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove

Publisher adalah orang yang menjual space atau suatu tempat dalam sebuah website yang di gunakan untuk menempatkan iklan milik orang lain yang ingin berpromosi di website tersebut. Ada banyak sekali situs di indonesia yang memonitasi situs mereka dengan menyediakan slot iklan. Salah satu metode yang paling digemari adalah iklan berbasis PPC (Pay per click). Dimana pengguna situs akan mendapatkan bayaran setiap pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang ada disitus mereka.

Google adsense merupakan program PPC yang sangat populer dikalangan publisher dunia. Bagaimana tidak? Sudah banyak orang yang sukses hanya dengan menjadi publisher adsense tersebut. Untuk itu marilah kita bahas sekilas tentang google adsense.

IKLAN ADSENSE

Contoh tampilan iklan google adsense

Apa itu google adsense?

Google adsense adalah suatu program periklanan PPC (milik Google) yang memperbolehkan para publisher memasangkan iklan di situs atau blog mereka, baik itu situs yang sudah besar ataupun kecil. Dengan memasang google adsense, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Google adsense adalah salah satu cara yang paling digemari oleh para blogger  dan juga webmaster untuk menghasilkan uang dari website atau blog mereka. Tema iklan yang dipasang otomatis ditentukan oleh google, Google akan memantau situs tersebut terlebih dahulu dan menampilkan iklan yang relevan dengan konten situs tersebut.

Bagaimanakah cara kerja Google Adsense?

Cara kerjanya cukup sederhana, iklan google adsense akan bekerja jika situs tersebut sudah mendapat persetujuan dari pihak google. Situs yang bisa memasang iklan google adsense adalah situs yang memenuhi persyaratan google adsense.

Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Sang pengiklan memasang iklan di Google Adword
  • Google menentukan content yang relevan dengan iklan tersebut
  • Iklan ditampilkan di situs atau blog yang relevan (satu tema) dengan jenis iklan.

Misalnya seorang tukang jahit ingin mengiklankan usaha tailornya. Maka google akan menempatkan iklan tersebut disitus situs yang berhubungan dengan kata kunci jahit, tailor, jasa tukang jahit dsb.

Kenapa harus relevan? Karena itulah tujuan dari program google tersebut, yaitu pengunjung yang tertarget. Dimana proses kerja nya adalah seperti berikut.

  • User mengetikan kata kunci di mesin pencari google atau mesin pencari lainnya
  • Google akan menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari user
  • User mengunjungi salah satu situs tersebut
  • Pada saat mengunjungi situs tersebut, user akan melihat iklan yang sesuai dengan apa yang di cari.
  • Lalu user Klik iklan yang ada pada situs tersebut

Misalnya ada user yang ingin mencari jasa tukang jahit melalui pencarian google. Maka dia mengetikan kata kunci “jasa tukang jahit”. Dan ternyata ada situs yang membahas cara memilih tukang jahit yang baik  dan user membaca artikel tersebut. Saat user/pengunjung membaca, ternyata dia melihat iklan goolge adsense mengenai jasa tukang jahit, lalu user melakukan klik pada iklan tersebut. Maka user akan diarahkan ke situs tukang jahit (sebagai pengiklan) tersebut.

Pada saat klik iklan itulah terjadinya keberhasilan, dalam sebuah program PPC, dimana publisher akan mendapat pembayaran berdasarkan revenue share yang telah ditentukan oleh google adsense. Jadi semakin banyak klik iklan maka pengahasilan publisher itu juga akan semakain banyak.

Harga per klik iklan tersebut  juga bervariasi, bisa saja satu kali klik dibayar USD 0.01 hingga  USD 60. Saat ini konten berbahasa inggris lah yang mempunyai harga klik yang tinggi. Faktor utama yang mempengaruhi harga klik iklan adalah keyword (kata kunci).

Jika anda tertarik dengan google adsense anda bisa mengunjungi halaman utamanya disini. Anda bisa baca lebih rinci, mempelajarinya dan mendaftarkan situs anda juga disana.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

SIlahkan baca juga : Alasan permohonan Google AdSense tidak disetujui

Komentar

comments

Leave a Reply