Mengatasi google chrome yang lambat menjadi 200% lebih cepat

mempercepat chromeGoogle chrome anda sering hang atau crash atau berjalan sangat lambat? Selain koneksi internet, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar google chrome anda dapat berjalan dengan cepat.

Jika situs yang anda buka adalah situs-situs besar seperti facebook, twitter, detik atau sejenisnya. Seharusnya google chrome anda bisa menampilkan halaman yang anda inginkan dengan cepat, jika bermasalah atau sangat lambat.

Anda harus mengikuti beberapa cara berikut ini agar berselancar menggunakan chrome anda bisa menjadi efektif dan bermanfaat.

Silahkan baca juga : 26 Shortcut google chrome yang bisa mempercepat kegiatan browsing

Hapuslah ekstensi yang tidak diperlukan.

Disaat anda membutuhkan sesuatu tool pada goolge chrome, biasanya anda juga butuh extension tool sebagai pendukung. Seperti exstensi download video youtube atau google docs. Namun saat pencarian extension, banyak dari kita yang salah download atau setelah download hanya dipakai satu kali saja. Untuk itu anda harus menghapus exstensi yang tidak terpakai lagi. Anda bisa menghapusnya melalui menu setting pada google chrome anda.

Mematikan plugin yang tidak terpakai

Ada kalanya chrome anda gunakan untuk membuka pdf, atau menjalankan aplikasi flash. Hal itu menyebabkan kita harus menggunakn plugin pendukung. Untuk itu disable lah plugin-plugin anda dengan cara: Ketikan di alamat browser chrome://plugins/

Maka akan muncul seperti berikut:

plugins chrome

Menghapus aplikasi chrome

Pada saat membuka google chrome atau membuka tab baru. Biasanya chrome akan loading karena membuka aplikasi yang tersedia untuk ditampilkan. Untuk menghapus aplikasi yang tidak perlu, tuliskan di alamat browser anda chrome://apps/

Maka akan muncul:app chrome

Pilih lah aplikasi yang mau anda hapus, lalu klik kanan pada icon aplikasi tersebut dan pilih remove.

Mengaktifkan experimental canvas pada flags

Canvas features akan menyediakan kanvas buram saat anda membuka suatu halaman. Hal ini dapat mempercepat waktu loading dan kinerja chrome. Caranya mudah, ketikan di alamat browser anda chrome://flags/#enable-experimental-canvas-features 

Lalu pilih lah menu Enable experimental canvas feature dan klik enable. Setelah itu tekan Relaunch Now.

Berikutnya kita akan bermain-main di dalam flags nya google chrome, karena ada beberapa konfigurasi yang harus diaktifkan untuk mempercepat google chrome anda. Cara nya sama dengan yang diatas, tapi untuk menampilkan semua modul yang tersedia. Cukup ketikkan : chrome://flags

Maka akan muncul list seperti berikut:

flag chrome

Hal yang harus anda lakukan adalah mencari (menggunakan ctrl+f) beberapa modul yang bercetak tebal berikut, lalu klik enable.dan Relaunch now satu per satu.

  • Enable fast tab/window close : Jika diaktifkan prroses membuka maupun menutup tab atau window akan jadi lebih cepat. Karena menjadi prioritas.
  • Enable scroll prediction : Berguna untuk mempercepat chrome dalam membuka frame baru jika user mau melihat halaman bagian bawah.
  • Simple Cache for HTTP : Simple cache lebih baik dari sistem cache yang lama, tapi hal ini bergantung dengan file sitem untuk alokasi ruang.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah cara mengatasi google chrome yang lambat dengan perbedaan hingga 200% lebih cepat. Silahkan rasakan sendiri perubahannya.

 

Komentar

comments

Leave a Reply