Daftar nama-nama universitas yang mengeluarkan ijazah palsu

kampus Ijazah PalsuIndonesia di hebohkan dengan banyaknya pegawai-pegawai swasta maupun negeri yang menggunakan ijazah palsu. Ijazah palsu tersebut sudah banyak diterbitkan di berbagai universitas dan kampus-kampus swasta di Indonesia.

Berikut adalah beberapa nama-nama universitas yang telah diketahui mengeluarkan ijazah palsu:

Universitas PGRI Kupang
Universitas Berkley Jakarta
STIE Adhy Niaga Bekasi
Universitas PGRI Jember
Universitas Ronggolawi Tuban
Universitas IKIP Budi Utomo Malang
Universitas Sumatera
Universitas Generasi Muda Medan
Universitas PGRI Nusantara di Kediri

Itulah beberapa universitas yang mengeluarkan ijazah palsu dan telah ditindak tegas oleh aparat hukum, tapi ada juga beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjual jasa ijazah palsu mengatas namakan perguruan tinggi ternama di indonesia, seperti yang mengatas namakan universitas berikut:

  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Tri Tunggal Surabaya
  • Universitas Negeri Makassar

Namun itu hanyalah beberapa nama kampus yang telah ketahuan oleh satgas hukum Indonesia, diduga masih ada banyak lagi kampus yang menyediakan jasa maupun pihak tidak bertanggung jawab yang masih beredar. Seperti 243  kampus yang masih diduga dan masih dalam penyelidikan ini.

Pemerintah pun ambil tindakan tegas akan hal ini, sudah banyak juga tindakan yang dilakukan oleh dinas pendidikan untuk menangkap pembuat ijazah palsu dan juga penggunanya.

Bahkan pemilik ijazah palsu ini pun dapat menduduki jabatan-jabatan penting dinegara ini, karena ijazah yang di berikan pun bervariasi. Beberapa yang sudah ketahuan kebanyakan adalah ijazah S1 dan S2. Seperti seorang rektor Univeritas PGRI Kupang yang ketahuan menggunakan ijazah palsu pada gelar doktornya. Dan juga dikabarkan ada ijazah S3 seorang menteri yang diduga palsu juga.

Menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi -Muhammad Nasir pun sudah menegaskan sanksi yang akan diterapkan pada pengguna ijazah gadungan ini. Dia berkata “Siapa pun yang memegang ijazah palsu, berdasarkan Undang Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, akan terkena hukuman pidana. Khususnya pada Pasal 44 ayat (4) adalah penjara selama 10 tahun atau denda Rp 1 miliar”

Dan tentu saja universitas atau kampus yang ketahuan mengeluarkan ijazah palsu akan di beri hukuman seperti pencabutan izin dan ditutup.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Artikel terkait: Jual beli ijazah palsu

 

Komentar

comments

Leave a Reply