Bahaya mengikuti group facebook (freemason) yang mengatas namakan islam

Sebenarnya penulis sudah curiga dari beberapa saat yang lalu, niat mau masuk kesalah satu grup fb tentang islam dan berniat mempromosikan artikel. Namun, setelah join dan di terima bergabung.

Ternyata tidak ada pembahasan yang berbobot didalamnya, semua postingan dalam fb tersebut di posting sesukanya tanpa penyaringan dan mengatas namakan islam.

Awalnya tidak begitu curiga dengan hal-hal ini karena mungkin saja sebagian postingan itu hanyalah postingan dummy untuk menarik perhatian dan menghidupkan suasana grup.

Namun hari ke hari saya selalu melihat postingan yang mendemokan sesuatu yang sangat tidak bermanfaat yang malahan membahayakan, tapi si pengirim postingan dibiarkan saja oleh admin grup untuk mengirimkan postingan berupa gambar dan menyuruh orang-orang didalamnya me like dan mengomentari postingan. Bahkan juga menyuruh meng amini nya.

Yang membuat saya terkejut adalah tak sedikit orang yang me like dan mengomentari postingan tersebut dengan ‘amin’ tanpa di dasari pengetahuan apa yang mereka amini.

Beberapa contoh postingannya adalah seperti berikut:

dajjal di internet

Menurut saya pribadi postingan diatas adalah sebuah pertanyaan jebakan. Dimana kita sudah mendengar cerita bahwa nantinya pada saat kemunculan dajjal di muka bumi dan menemukan umat muslim, maka dia akan menanyakan pertanyaan seperti “Pilih air atau api?”.

Kita sebagai umat muslim yang ber-ilmu sudah di berikan pengetahuan mengenai bahaya dajjal ini, dimana dajjal adalah cobaan terberat umat muslim. Kita diperintahkan untuk lari dan menjauh dari makhluk yang satu ini, silahkan baca dajjal datang membawa air dan api. Di postingan diatas terdapat 316 komentar yang rata-rata memilih gambar air dan 611 orang menyukai hal ini. Sungguh, hal ini sangat berbahaya sekali bagi kita umat islam.

Postingan lainnya adalah seperti ini:

posting facebook jebakans

Anda bisa pahami sendiri tentang gambar diatas dan penghuni grup ini yang rata-rata adalah muslim maka anda bisa melihat jumlah like nya.

Satu screenshot lagi:

bahaya facebook

Masih ada banyak (grup-grup lain) dan postingan yang berbahaya dan dapat mempengaruhi masyarakat pengguna internet di Indonesia.

Berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial dan menaggapi berita-berita didalamnya.

Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu“. (QS. Al Hujurat: 6).

Umat islam diwajibkan untuk menuntut ilmu. Selain itu, setiap ibadah yang kita lakukan juga harus berlandaskan ilmu, yaitu ilmu hadist dan alquran. Keharusan menuntut ilmu ini ditujukan agar kita menjadi orang yang tidak ikut-ikutan dan mempunyai keyakinan yang kokoh. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menanggapi suatu informasi yang belum jelas kebenarannya.

Ternyata setelah menelusuri orang-orang yang sering posting digrup ini adalah anak-anak labil yang masih smp atau sma. Dan mereka mem posting semua ini dengan maksud dan tujuan tertentu menurut saya. Kenapa?

Saya mencoba menelusuri salah seorang yang membagikan postingan pada grup ini, saya mendapati suatu hal aneh di profilnya seperti gambar berikut ini:

ababil facebook

Anda bisa mengetikan kata “ceom fraternal greetings” di halaman pencarian google anda. Fraternal greetings adalah kalimat kalimat yang sering digunakan oleh komunitas freemasonry di dunia.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa seorang freemason menulis postingan atas nama islam? Tentu saja mereka mempunyai misi tersembunyi.

Update: Kebanyakan dari profil yang sering posting pada grup tersebut adalah profil palsu yang menggunakan foto orang lain.

Untuk itu, sekali lagi. Artikel banjarwangi kali ini tidak ada bermaksud untuk menyerang suatu pihak atau mengadu domba. Pesan yang ingin disampaikan hanyalah berhati-hatilah dalam menggunakan teknologi dan memahami suatu informasi.

Jadilah orang yang teliti dalam menanggapi suatu berita dan jika berita tersebut berhubungan dengan islam, pelajarilah dan telusurilah kebenaran informasi tersebut hanya dengan berpedoman kepada alquran dan hadist.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Silahkan baca artikel islam lainnya disini.

Komentar

comments

Leave a Reply