Sejarah gunung merapi: Bentuk dan proses terbentuknya gunung

Gunung adalah suatu daratan yang menjulang lebih tinggi dari daratan lainnya, biasanya gunung ini memiliki lereng-lereng yang curam. Gunung merapi adalah gunung yang di tengah atau diporosnya terdapat suatu saluran api aktif yang disebut larva, dalamnya bisa mencapai 10 KM dari permukaan gunung hingga ke perut bumi.

Silahkan baca juga : 10 Ledakan gunung terdahsyat didunia

Sejarah gunung merapi

Sejarah gunung merapi

Bagaimana sejarah terbentuknya gunung merapi atau gunung api ini?

Pembentukan gunung berawal dari sebuah proses geologi, dimana terjadinya sebuah tekanan dari dalam perut bumi yang menyebabkan pergerakan lempeng bumi (tektonik) dalam skala besar ke arah permukaan bumi.

Oleh karena itulah disaat meletus gunung api bisa mengeluarkan banyak zat yang terkandung didalam perut bumi, seperti gas, asap, lava, bom vulkanik dan abu vulkanik.

Gunung api terbentuk dalam berbagai jenis ukuran, tidak ada teori pasti dalam penentuan sebuah ukuran gunung api ini. Namun bentuk dan ukuran yang umum adalah bentuk perisai, kerucut dan stratovolcano.

Gunung api perisai terbentuk karena bentuk mereka yang seperti perisai yang di letakan didaratan rendah. Dimana membentuk sebeah tonjolan keatas permukaan, sisi-sisi gunung berbentuk perisai ini biasanya memiliki lereng yang rendah, proses terbentuknya pun sama yaitu dari letusan magma dari perut bumi. Contohnya seperti gunung Mauna Loa yang ada di Hawai.

Gunung berbentuk kerucut adalah jenis gunung yang hampir semuanya terdiri dari magma yang meletus. Magma yang melimpah oleh tekanan gas dan terlempar keudara dan disitulah terbentuknya proses gunung berbentuk kerucut ini. Oleh karena itu gunung berbentuk kerucut ini menyerupai sebuah tumpukan pasir karena terbentuk dari magma dingin yang jatuh dari udara. Oleh karena itu jika gunung ini meletus lava nya menjadi tak ber arah, setelah mencapai puncak gunung lava akan meleleh kebagian luar gunung terendah lainnya.

Dan gunung merapi jenis stratovolcano, dimana gunung ini terdudu dari aliran lava dan material vulkanik yang buruk seperti abu. Stratovolcano ini terletak di beberapa kerak benua. Gunung ini terlihat seperti sebuah piring yang dipadukan dengan sebuah kerucut. Gunung ini sangat mudah dikenali karena bentuk kerucutnya yang simetris. Contohnya adalah gunung fuji di negara Jepang.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah beberapa proses terbentuknya suatu jenis gunung dan sejarah gunung merapi yang ada di dunia ini. Sebagai negara yang memiliki banyak pegunungan kita juga harus tahu dengan berbagai jenis bentuk gunung.

Komentar

comments

Leave a Reply