10 + Ledakan gunung terdahsyat didunia beserta gambar

Diberbagai belahan bumi terdapat gunung-gunung api yang aktif dan gunung mati. Di Indonesia sendiri kita ketahui memiliki banyak gunung api karena Indonesia sendiri merupakan salah satu jalur gunung api yang tersebar diberbagai belahan dunia.

Belakangan ini kita juga sering mendengar gunung api indonesia yang aktif menghembuskan kawah panasnya yang membuat orang-orang yang tinggal disekitarnya menjadi panik dan harus mengungsi.

Cerita mengenai kedahsyatan ledakan gunung, berikut akan kita bahas beberapa ledakan gunung terhebat didunia beserta gambarnya. Dimana, 3 ledakan terdahsyat terjadi di Indonesia.

Ledakan Terbesar – Ledakan di sebuah gunung di sumatera utara ini tercatat sebagai ledakan terbesar dalam sejarah yang terjadi sekitar 75 ribu tahun yang lalu(menurut teori), gunung ini memuntahkan magma sebanyak 2500 meter kubik yang menyebabkan tertutupnya 2/3 bagian bumi dengan abunya, membunuh separuh habitat bumi dan juga cuaca yang ekstrim bertahun-tahun. Namun ledakan ini meninggalkan sebuah danau yang indah dan terbesar saat ini di asia tenggara.

Silahkan baca juga : Danau Toba: Menjelajahi keindahan salah satu danau terbesar dan legendaris di dunia

Gunung anak krakatau – Indonesia

gunung krakatau meletus

Sumber gambar : www.swisseduc.ch

Sebelum menjadi anak krakatau, gunung ini sebelumnya bernama gunung krakatau. Ledakannya yang dahsyat pada tahun 1883 menyebabkan tsunami juga, ledakan ini juga dijadikan sebuah film oleh perusahaan film amerika kedalam sebuah film layar lebar.

Erupsi kedua terjadi pada tahun 1927, anak gunung krakatau ini meletus kembali dan pada bulan Juni 2009 lalu, anak krakatau(Sisa gunung krakatau) juga sempat membuat panik warga disekitar gunung, karena aktivitasnya yang agresif. Anak krakatau mengeluarkan lahar panasnya beberapa hari antara tanggal 4-8 Juni 2009.

Gunung Pinatubo – Filipina

Catalysmic pinatubo

Sumber gambar :pubs.usgs.gov

Ledakan gunung Pinatubo ini merupakan salah satu ledakan gunung terbesar didunia, gunung ini meletus pada 15 Juni 1991 di Filipina. Ledakan ini diiringi dengan longsoran abu vukanik, lahar dingin, abu panas dan gas dengan kecepatan tinggi sampai ratusan kilometer.

Gunung Huaynaputina – Peru

Huaynaputina

Gunung ini adalah gunung terbesar di Amerika Selatan, gunung setinggi 4850 meter ini meletus, dimana ledakannya hampir menutupi seluruh benua pasifik dengan radius 120 KM. Ledakan ini mengakibatkan perubahan iklim diseluruh dunia. Abu ledakannya terkubur sedalam 50KM di sebelah barat gunung ini sampai sekarang.

Gunung Santa Maria – Guatemala

guatemala

Sumber gambar :volcano.si.edu

Dikenal dengan letusan santa maria pada tahun 1902, letusan ini juga termasuk kedalam salah satu letusan gunung terbesar di abad ke 20. Letusan ini telah memakan korban kurang lebih lima ribu jiwa.

Gunung Novarupta – Alaska peninsula

alaska

Sumber gambar :www.adn.com

Sebuah ledakan besar juga terjadi di semenanjung alaska, dimana gunung ini memuntahkan 12 KM kubik magma abu ke udara sehingga menyelimuti area di sekitarnya dengan luas 7800 KM.

Pulau vulkanik Ambrym – Republik Vanuatu

ambrym ledakan

Gunung ini adalah salah satu gunung paling aktif di dunia, terletak di sebuah negara kecil di barat daya samudra pasifik. Gunung ini memuntahkan abu panasnya sehingga membentuk kaldera(danau) dengan lebar 12 km pada tahun 1774 dan kembali meletus pada tahun 1894 dan tahun 1979. Gunung ini diketahui telah banyak memakan korban jiwa.

Gunung Ilopango – El Salvador

Ilopango

Sumber gambar :www.coloradanmagazine.org

Terletak hanya beberapa kilometer sebelah timur dari ibu kota San Salvador. Gunung ini mengalami dua letusan dahsyat sepanjang sejarah. Ledakan tersebut telah menghancurkan kota-kota disekitarnya dan membuat sebagian warga suku maya lainnya harus mengungsi. Ledakan gunun ini juga membentuk sebuah danau dan menjadi danau terbesar di El Salvador saat ini.

Gunung Thera – Pulau Santorini, Yunani

Santorini

Sumber gambar :greeceorbustthegang.wordpress.com

Menurut bebera para ilmuan, gunung thera memiliki daya ledakan seperti ratusan bom atom yang diledakan secara bersamaan. Ledakan gunung ini juga menyebabkan perubahan iklim, tsunami dan perubahan suhu yang drastis.

Gunung Changbaishan – Tiongkok

changbaishan

Sumber gambar :www.harbinice.com

Gunung ini memuntahkan material vulkanik hingga ke negara jepang bagian utara, yaitu sekitar 1200 KM. Ledakannya juga mnciptakan sebuah danau seluas 4.5 KM. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1702.

Gunung Tambora – Pulau sumbawa, Indonesia

tambora

Sumber gambar : www.fizzyenergy.org

Ledakan gunung ini dikenal dengan ledakan super kolosal, yang merupakan peringkat kedua terdahsyat di dunia. Ledakan dahysyat terjadi pada apri 1815, bunyi ledakannya terdengar hinggaa pulau sumatra dan berdamapak sejauh 1930 KM. Ledakan ini diperkirakan memakan korban sebanyak 95 ribu jiwa.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Silahkan baca juga : 16 Pantai terindah di Indonesia yang wajib kamu dikunjungi

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply