Danau Toba: Menjelajahi keindahan salah satu danau terbesar dan legendaris di dunia

Keindahan danau toba

Keindahan danau toba

Salah satu keindahan alam terpopuler di indonesia adalah danau toba yang berada di provinsi sumatra utara, suasana danau yang sejuk dengan hamparan danau yang berwarna kebiruan menjadi daya tarik danau ini. Selain itu, di danau toba juga terdapat air terjun, hutan pinus, dan tempat pemandian balerang. Danau ini berada di 900 meter di atas permukaan laut dan mempunyai luas 1.145 kilometer persegi.

Dilihat dari ukurannya, danau ini lebih menyerupai lautan dari pada danau. Danau toba adalah danau terluas dan terdalam di asia tenggara dan kedua di dunia setelah danau victoria di afrika. Ditengah danau toba juga terdapat sebuah pulau vulkanik dengan nama pulau samosir, dimana pulau ini adalah salah satu daya tarik wisatawan karena di pulau tersebut terdapat juga dua danau, yaitu danau Sidihoni dan danau aek Natonang. Yang sering disebut dengan danau diatas danau.

Dahulunya danau toba ini adalah sebuah gunung api. Sekitar 75000 tahun yang lalu terjadilah sebuah ledakan dasyat gunung api yang memuntahkan 2.800 km kubik abu vulkanik yang menyebabkan separuh dari bumi ini menjadi gelap akibat semburan vulkanik itu. Letusan itu diperkirakan terjadi selama satu minggu dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer diatas permukaan laut. Akibatnya terjadilah kepunahan beberapa spesies makhluk di bumi dan terjadinya perubahan cuaca.

“Bagi masyarakat sekitar Danau Toba, Danau ini memiliki mitos yang dipercayai sebagai tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau maka mereka harus berdoa dan meminta izin kepada Namborru terlebih dahulu”.

Silahkan baca juga : 16 Pantai terindah di Indonesia yang wajib kamu dikunjungi

Bagaimana cara berkunjung ke danau Toba?

Ada dua bandara internasional yang bisa anda gunakan untuk menempuh perjalanan menuju danau toba. Pertama adalah bandara internasional medan, dari bandara ini anda akan melewati parapat dan langsung sampai kedanau toba. Rute kedua adalah dari bandara internasional minangkabau sumatera barat, dengan rute ini anda akan menempuh perjalanan lama karena harus melewati bukittinggi > padang sidempuan > sibolga > tangkahan > bukit lawang > berastagi dan baru lah sampai di danau toba. Keuntungan menggunakan jalur kedua ini anda bisa menyinggahi tempat wisata yang ada di sumatera barat.

Untuk dapat mencapai danau toba, anda dapat menempuh perjalanan dari bandara internasional medan kualanamu ke danau toba dengan beberapa transportasi seperti bus, pesawat, kereta api, mobil rental dan (yang direkomendasikan) taxi/minibus travel.

Jika anda dari Sumatera barat sangat disarankan untuk menggunakan bus atau minibus travel menuju ke danau toba, karena akan menguntungkan disegi biaya dan tentunya akan ada banyak pemandangan menarik di jalanan.

Bagaimana dengan akomodasi di danau toba?

Dihamparan danau toba yang sangat luas ini anda harus bisa memilih tempat penginapan yang baik dan cocok dengan anda. antara lain yaitu,

Desa Tuktuk siadong, sebuah desa wisata yang terletak di tanjung kecil pulau samosir. Tempat ini paling diminati oleh para wisatawan karena anda dapat menikmati pemandangan hijau dihiasi oleh desa tradisional batak dengan suasana ditepi danau yang seperti pantai tetapi udaranya sangat sejuk.

kampung danau toba

Tuktuk sidoang yang berada di tanjung peninsula yang merupakan “Central tourism District”. Karena dari tempat ini anda mempunyai akses yang mudah untuk menikmati semua destinasi yang ada di danau toba dan juga pulau samosir, anda bisa ke puskesmas, cafe, restoran, internet cafe dan masih banyak fasilitas lainnya yang tersedia disini. Penginapan yang tersedia pun beraneka ragam, mulai dari hotel berbintang sampai ke penginapan biasa, mulai dari penginapan ditepi maupun di desa, mulai dengan harga 100K sampai dengan harga bintang lima ada disini. Adapun penginapan yang tersedia antara lain Bagus bay, Horas Family Home, Samosir Villas, Rmlan Guest House dan Tabo Hotel.

Wisata kuliner

Ada banyak restoran dan Warung makan khas sumatra utara (Lapo) di sekitar danau toba. Ada berbagai macam makanan tradisional, makanan indonesia maupun luar negri. Dimana pun anda memilih tempat makan, pastikan anda menyicipi ikan tawar danau toba yang cukup khas di tempat ini. Bagi anda yang muslim anda bisa pergi ke salah satu rumah makan yang bermerek halal seperti Rumah Makan Islam Murni.

Belanja oleh-oleh

Jika anda mencari cindera mata anda dapat mencarinya di parapat. Seperti kaos, asesoris, gitar batak kuno, kalender batak kuno dan souvenir lainnya. Jika anda ingin membeli bahan bisa mencarinya di Samosir dan Jangga. Terdapat juga pasar tradisional yang digelar dua kali seminggu.

Budaya yang masih utuhbudaya danau toba

Di daerah danau toba sangat kental dengan budaya khasnya yaitu Batak. Suku batak merupakan suku yang cukup besar di indonesia. Suku ini berasal dari tapanuli dan sumatra bagian timur di sumatra utara. Dimana garis keturunannya adalah Patrilinear atau keturunan yang diambil dari garis keturunan ayah. Adapun bahasa batak yang sangat khas dan sangat berbeda dengan bahasa indonesia. Adapun pembagian kecil dari suku batak ini salah satunya adalah batak toba, yang dulunya merupakan daerah kerajaan. Di pulau samosir anda dapat menemukan desa-desa budaya yang masih tradisional.

Kegiatan menyenangkan di sekitar danau toba

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di danau toba ini seperti mendaki gunung, berperahu layar, berenang. Jika anda ke parapat disitu anda bisa bermain ski, motor boat, menaiki kano, memancing dan bermain golf. Anda bjuga bisa melihat bunga bugenvil, pointettis honey suckle yang berbunga sepanjang tahun.

Disamosir anda bisa menikmati 2 danau di atas danau, yaitu danau Sididhoni dan danau Aek Natonang. sambil menjelajahi dataran tinggi di samosir. Anda bisa mengunjungi komplek pemakaman sidabutar untuk melihat peninggalan budaya yang sangat unik dan untuk mngenal budaya masyarakat batak anda bisa kunjungi desa tradisional jingga.

Ditepi danau toba anda juga bisa melihat tempat presiden pertama indonesia diasingkan yaitu wisma soekarno.

permainan danau toba

Aktivitas dan permainan di danau toba

Menjelajahi danau Toba

Anda dapat menikmati air terjun di simanindo, pemandian air panas di kota pangururan, seminari di Nainggolan. Anda bisa menggunakan mobil rental, motor atau bemo untuk menikmati semua itu. Di perjalanan anda akan melihat pemandangan danau toba dari kejauhan dan juga kampung tradisional batak.

Silahkan baca juga : 5 Destinasi wisata sekitaran Pulau Samosir

Acara dan Festival

Di danau toba diadakan festival tahunan yang bernama ‘Festival danau toba’, disana anda akan melihat pentas budaya, fashion show dan pameran pariwisata kreatif. Adapun acara olahraganya seperti lomba balap perahu naga, arung jeram dan berenang.

Kapan waktu terbaik kedanau Toba?

Kebanyakan wisatawan lokal berkunjung pada libur sekolah. Agar anda dapat menikmati keindahan danau toba dan budayanya, usahakan datang pada saat ritual upacara adat untuk menghormati nenek moyang dan pesta rakyat danau toba yang diadakan sekali setahun.

Persiapan tambahan:

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Suhu rata rata disekitar danau toba diperkirakan 20 derajat celcius, jadi persiapkanlah baju hangat atau pakaian yang berbahan tebal.

Komentar

comments

Leave a Reply