Bagaimana cara mengisi baterai smartphone yang benar dan tidak merusak baterai?

Smartphone memang sudah menjadi trend dan mayoritas masyarakat Indonesia sudah menggunakan smartphone saat ini. Namun, ada masalah yang sering muncul terhadap smartphone ini.

Yaitu pada baterainya, kebanyakan kerusakan pada batrai terjadi pada ketahanan baterai dan batrai yang bocor. Untuk itu kita harus berhati-hati dan memberikan perhatian khusus untuk menjaga ke awet-an baterai smartphone kita.

Silahkan baca juga  : Cara Mudah Menambah Ram Android dengan RAM Expander

cara mengisi baterai smartphone yang benar

Cara mengisi baterai smartphone yang benar – Image by : http://www.freepik.com

Bolehkah melakukan pengisian baterai dengan melakukan charge semalaman?

Untuk smartphone boleh-boleh saja, karena smartphone pada saat ini sudah di lengkapi teknologi untuk memutuskan arus pengisian jika baterai sudah penuh atau mencapai 100%. Co-founder dari farbetechnik.com (Sebuah perusahaan asesoris dan charger smartphone di eropa) yang bernama Shane Broesky juga menyatakan:

“Membiarkan smartphone anda di cas semalaman tidak akan apa-apa, itu tidak membahayakan perangkat anda – Telepon anda sangatlah pintar, setelah terisi penuh dia akan tahu kapan waktu harus berhenti dan bisa melindungi dari pengisian yang berlebihan”.

Hanya saja, jika membiarkan baterai di isi semalaman akan berakibat umur baterai anda tidak akan tahan lama. Jadi hal ini harus kita hindari atau dikurangi agar bisa mempunyai baterai smartphone yang awet.

Bagaimana cara mengisi baterai smartphone yang benar?

Shane juga menjelaskan, kebanyakan baterai smartphone yang digunakan adalah baterai lithium-ion, untuk dapat menjaga umur baterai ini. Anda harus melakukan pengisian pada batas-batas yang di anjurkan yaitu mengisi sampai 50%-80% saja. Karena pada range inilah ion dapat terus bekerja secara optimal dalam melindungi dan menyimpan daya baterai anda.

Tips untuk menjaga baterai agar tetap awet:

  • Jangan biasakan mengisi baterai dari 0% hingga 100% karena akan mengurangi umur baterai anda.
  • Jangan biasakan baterai anda habis hingga 0%, jika sudah mencapai 5% lebih baik anda melakukan pengisian ulang.
  • Gunakanlah peralatan dan asesoris yang berkualitas dalam melakukan pengisian ulang baterai, seperti charger asli atau yang berkualitas bagus, kabel asli atau berkualitas bagus dan usahakan asesoris yang digunakan bermerek sama dengan smartphone anda agar daya yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Hindarilah untuk melakukan pengisian ulang menggunakan usb yang tersambung ke PC atau laptop, karena untuk beberapa perangkat daya yang diberikan tidaklah sama.
  • Jangan biarkan baterai anda terlalu panas, baik itu karena isi ulang yang terlalu lama atau karena penggunaan.
  • Lakukan lah optimasi penghematan baterai dengan mematikan fitur-fitur yang tidak dipakai, seperti mematikan bluetoth, GPS, Wifi atau paket data jika sedang tidak digunakan.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah cara mengisi baterai smartphone yang benar dan  beberapa tips agar baterai smartphone bisa tetap awet dan tidak mudah rusak.

Komentar

comments

Leave a Reply