15 Fakta menarik mengenai kehebatan kota garut yang wajib anda ketahui

15 Fakta menarik mengenai kehebatan kota garut

Sudah berapa kalikah anda mengunjungi kabupaten garut? Sering ataupun tidak, sudahkah anda mengetahui kehebatan-kehebatan yang berasal dari kota ini. Kabupaten garut adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai banyak daya tarik untuk wisatawan maupun untuk para pebisnis. Baik untuk wisata alam maupun wisata kulinernya.

Silahkan baca juga : 16 Tempat wisata di Garut paling menarik dan terkenal

Berikut adalah 15 fakta menarik mengenai kehebatan kota garut yang harus anda ketahui.

  1. Jika bandung mempunyai julukan sebagai paris van java, maka Kota garut mendapat julukan Swiss Van Java karena keindahan panorama alamnya dan pegunungannya yang sangat indah.
  2. Garut adalah kota dodol. Begitu terkenalnya dodol dari garut, setiap wisatawan yang berkunjung ke garut tak pernah melupakan dodol garut sebagai oleh-olehnya.
  3. Garut juga terkenala dengan hewan Dombanya. Hewan domba garut diketahui sangat kuat dan gagah, wajar saja harga domba di garut lebih mahal dari domba dari kota lainnya. Domba ini adalah hasil perkawinan domba lokal dengan domba (capstaad) dari afrika selatan dan domba (merino) dari benua Australia.
  4. Karena kualitas dombanya yang bagus, Garut juga terkenal dengan kerajinan kulitnya. Kulit tersebut berasal dari domba, sapi dan kambing. Salah satu produk unggulannya adalah Jaket kulitnya yang sudah menembus pasar Internasional.
  5. Dulunya garut adalah salah satu tujuan wisata dunia (seoperti bali saat ini) yang banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagi penjuru dunia. Karena itu sebutan Garut Pangirutan sangat terkenal saat dahulu, hingga comedian dunia seperti Charlie Chaplin pun pernah kesana. Garut Pangirutan adalah masa kejayaan kota garut sebagai kota wisata. Namun, katanya sekarang kota garut sudah tidak seperti dulu lagi.
  6. Charlie Chaplin artis komedian dunia itu mengunjungi Garut dua kali, yaitu pada tahun 1927 dan 1935. Tentunya karena keindahan dan kehebatan kota ini.
  7. Banyak artis terkenal berasal dari garut, yang dikenal dengan artis asgar(asli garut). Seperti Yessy gasela, Hera Gretha, Guntur Palessa, (alm)Elfa Secioria, Merry Andani, Lady Avisha, Hana Marlina, Renny Sundari, Widi AB Three, ana Yulio, Deswita Maharani, Gita KDI, Brian Sadela, serta Jammie Aditya, (alm) Ryan Hidayat, Paramitha Rusadi, Nena Rosier, Nia Zulkarnaen, Dony Kusuma, Mia Karmelia, Julia Perez, Dicky Chandra dan masih banyak lagi tentunya.
  8. Garut juga mendapat julukan sebagai kota intan oleh presiden Soekarno pada 8 Desember 1960. Julukan itu bukan tanpa alasan, pada saat berkunjung ke Garut, Soekarno melihat Garut sebagai kota yang sangat bersih dan asri, bahkan menjadi kota terbersih di Indonesia pada saat itu.
  9. Sejak dulu garut sudah dikenal dengankabupaten yang memiliki banyak objek wisata. Seperti Gunung guntur, papandayan, cikuray, talaga bodas, hutan Sancang, Pantai Santolo, Pameungpeuk, Ranca buaya, Sayangheulang dan masih banyak lagi. Oleh karena itu garut juga mempunyai julukan dengan sebutan Garut GURILAPS yang berarti Gunung-Rimba-Laut-Pantai-Seni Budaya. Silahkan baca juga : Mengabadikan momen terindah di gunung Cikuray Garut
  10. Di garut terdapat sebuah piramida yang umur nya lebih tua dari piramuda Giza yang berada di Mesir. Piramida ini terdapat di Gunung Sadahurip.
  11. Di gunung papandayan garut terdapat sebuah pemandangan indah yang langka, yaitu bunga edelwis, dimana bunga ini hanya ada di 4 tempat di indonesia. Salah satunya adalah Gunung Papandayan. Silahkan baca juga : Gunung Papandayan Garut sungguh indah dan mempesona
  12. Garut juga dikenal dengan memiliki 10 pantai yang indah, yaitu Pantai Karang Papak, Pantai Gunung Geder, Pantai Manalusu , Pantai Cicalobak, Puncak Guha, Pantai Karang Paranje, Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk Indah,
  13. Garut juga mempunyai sebuah kampung yang sangat romantis. Yaitu Kampung Sampireun, dikampung ini terdapat sebuah resort yang banyak digunakan untuk berliburan dan berbulan madu. Kampung dengan ini mempunyai daya tarik dari danau dan bungalownya.
  14. Batu akik atau batu mulia yang berasal dari garut juga menjadi batu akik yang banyak dicari oleh para kolektor. Beberapa batu yang terkenal adalah batu pancawarna, batu hijau dan batu edong. Ini juga menandakan bahwa garut juga memiliki keindahan dari sumber daya alamnya.
  15. Di Kabupaten Garut juga terdapat sebuah pabrik dari perusahaan raksasa, yaitu Perusahaan sepatu Nike. DIkabarkan dari situs finance.detik.com pabrik tersebut memakan investasi sebesar 60 juta USD atau sekitar Rp. 720 miliar.

Silahkan baca juga Pabrik Sepatu Nike di Garut telah diresmikan Menperin

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah 15 fakta menarik mengenai kehebatan kota garut yang harus anda ketahui. Jika anda adalah warga garut anda patut berbangga dengan hal ini. Namun sebagai orang Indonesia pun kita harus bangga memiliki sebuah kabupaten yang hebat, kaya dan menarik ini.

Komentar

comments

Leave a Reply