Mengatasi “Your account has been terminated / suspended” pada blog Tumblr

Sebelum kita mulai, sekilas saya jelaskan secara singkat mengenai tumblr dulu.

Tumblr adalah sebuah platform microblogging sekaligus sosial media yang bisa digunakan untuk berbagi artikel, kutipan atau kata mutiara, foto, musik, video atau hanya sebuah link.

Silahkan baca juga:

Apa saja keuntungan menggunakan blog di wordpress.com

14 Alasan kenapa kamu harus membuat blog menggunakan blogspot

Tumblr itu seperti facebook yang digabung dengan wordpress. Kita mendapat subdomain seperti keren.tumblr.com dan bisa berganti-ganti tema sesuai keinginan kita. Dan sudah banyak juga blog tumbler-tumbler di Indonesia yang terkenal seperti “infobdg.tumblr.com

Jika anda juga sudah mempunyai blog di tumblr. Tapi, tiba-tiba pesan “Your account has been terminated” atau suspend muncul.

akun tumblr suspend terminated

Apa yang terjadi?

Pesan ini bisa terjadi setelah membuat blog baru atau terjadi pada blog yang sudah lama meluncur di tumblr. Kalau blog nya masih baru, mungkin anda tidak terlalu galau.

Tapi jika blognya sudah lama, dan sudah banyak follower, banyak teman, banyak postingan, gambar ataupun video. Tentunya akan membuat teman-teman menjadi sangat frustasi!!

Pada saat anda mendaftar pada tumblr, berarti anda sudah setuju atas semua kebijakan dan panduan tumblr. Jika anda terbukti melanggar, Tumblr tidak akan segan-segan menghentikan atau men-suspend akun anda dan juga memblokir IP address anda.

Apa saja pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan:

  • Mempublikasikan konten-konten yang melanggar hak cipta (copyright) atau dilindungi DMCA.
  • Memasang konten yang berbahaya seperti pornografi, mengandung sara atau mengganggu beberapa pihak atau lawan bisnis.
  • Berkomentar yang kasar, kotor atau bersifat menyerang.
  • Postingan spam atau promosi yang melanggar, seperti artikel dengan link yang terlalu banyak atau mengarah ke situs yang berbahaya, tag foto yang tidak berhubungan dengan kata kunci populer, terlalu banyak komentar yang mengandung link promosi(saring lah komen anda dengan baik).
  • Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Privacy Policy dan Community Guidelines nya tumblr.

Namun jika anda tidak melakukan pelanggaran diatas, tetapi masih terkena suspensi atau terminasi. Apa yang terjadi?

Mungkin anda memang tidak melakukan-pelanggaran-pelanggaran diatas, namun bisa jadi hal tersebut dilakukan oleh seorang hacker. Mungkin seorang hacker yang sedang coba-coba atau hacker yang memang mengincar blog-blog populer.

Apa yang harus dilakukan?

Inilah langlah-langkah untuk mengatasi akun yang di terminated / suspended oleh tumblr karena hacker:

Secepat mungkin setelah mengetahui akun anda di blokir, anda harus membuat sebuah email kepada tumblr ke alamat [email protected] dan memberitahukan kendala yang anda hadapi. Jelaskan bahwa konten anda tidak melanggar kebijakan. Seseorang sudah meng-hack akun anda dan mohon untuk dipulihakan. (Dalam bahasa inggris)

Tumblr akan meninjau kembali akun anda dan meng-aktifkanya nya kembali.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Tapi, apa yang dilakukan jika anda melakukan pelanggaran terhadap kebijakan tumblr, anda bisa email dengan mengaku dan segera menghapus konten yang melanggar, jika dalam satu minggu tidak ada balasan. Trik nya adalah dengan email lagi kepada support tumblr bahwa akun anda telah di hack. Seperti langkah diatas, jika lolos dan blog anda sudah aktif. Segeralah hapus konten-konten yang melanggar kebijakan tersebut.

Komentar

comments

Leave a Reply