5 Destinasi wisata sekitaran Pulau Samosir

wisata pulau samosir

Desa Tomok

Sumatera Utara – Pulau Samosir merupakan salah satu tempat wisata favorit di provinsi Sumatera Utara yang letaknya sangat strategis yaitu di tengah Danau Toba dan merupakan daerah asal suku Batak makannya hingga sekarang Pulau Samosir menjadi pusat kebudayaan suku bangsa Batak. Setelah sebelumnya saya telah ulas tentang wisata di Simalungun yang ada di Sumatera Utara dan tidak jauh dari objek wisata Bengkulu.

 

Bukan sekedar pusat kebudayaan saja , pulau ini juga memiliki aneka ragam peninggalan sejarah dan terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantai-pantai yang terhampar luas , pemandangan gunung beserta jenis binatang unik dan danau Toba.

Sebagai traveler yang suka menjelajah pesona wisata Indonesia , maka beberapa tempat wisata di Pulau Samosir berikut ini disarankan untuk anda coba.

Tomok

Desa Tomok sangat ramai dikunjungi terutama pada hari libur , desa ini merupakan pintu masuk ke Pulau Samosir dengan kendaraan laut.

Objek wisata yang paling menonjol di daerah ini adalah Makam Raja Sidabutar yang dulunya memerintah dan berkuasa beberapa ratus tahun lamanya . Makam tua ini terbuat dari batu besar yang dipahat dan dihiasi patung batu , hingga kini usianya mencapai 265 tahun.makam sidabutar - pulau samosir

Tuk – tuk Siadong

Karena wilayah sekitara pulau terpampang pantai-pantai yang mempesona , pantai ini sangat indah jika disikan pada pagi hingga sore hari , airnya sangat jernih.

Anda bisa melakukan kegiatan berenang maupun berjemur diatas pantai hamparan pasir putihnya yang luas . Di tempat ini pula sudah tersedia berbagai akomodasi yang bisa anda coba sesuai dengan kemampuan biayanya.pulau samosir - tuk tuk siadong

Desa Siallagan Ambarita

Suatu perkampungan yang mempunyai banyak peninggalan sejarah yaitu tempat pertemuan para raja terdahulu , tempat persidangan serta tempat pelaksanaan hukuman bagi orang bersalah yang keseluruhannya terbuat dari batu.

Simanindo

Sebuah desa di tepi pantai pulau samosir bagian utara , di sini terdapat kelompok rumah tradisional Batak Toba dengan ukuran khas dan masih terawat dengan baik.simanindo - pulau samosir

Di desa ini pula terdapat museum tempat penyimpanan peninggalan budaya Batak Toba seperti alat perang , alat rumah tangga , patung si gale-gale , Sulo Bolon dan Instrumen tradisional Batak Toba.

Pulo TAO

pulau tao pulau samosir

Pulau TAO – Sumber : www.instagramphotom.com

Sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara Pulau Samosir yang pemandangan alamnya indah sekali sekaligus hamparan pantai yang bersih apalagi saat matahari terbit . Pulau ini juga menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai sarana rekreasi . Pulau ini juga dijuluki dengan sebutan Honey Moon Island karena tempatnya yang tertata rapi , asri , sepi dan tenang.

Bagaimana ? Mau mencoba ?

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Courtesy Img(creative common) : www.flickr.comĀ 

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply