Pilihan tempat wisata di Simalungun

Rumah Bolon Simalungun - pematang purba

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Kalau anda orang Sumut pasti lah sudah kenal dengan objek wisata yang unik dan asyik. Salah satunya adalah Simalungun. Nah pada kesempatan ini saya sebagai penulis tamu tempat wisata , inilah penjelasan dari objek wisata di Simalungun.

Pematang Purba

Jika anda berkunjung wisata ke tempat ini akan terlihat salah satu peninggalan kerajaan purba yaitu Rumah Bolon yang dahulu tempat ini dijadikan sebagai kegiatan kerajaan dan kepala suku setempat.

Arsitektur rumah ini sangat unik dan terbuat dari kayu jati beserta dindingnya yang dihiasi berbagai corak dengan ukiran-ukiran yang indah. Untuk masuk ke rumah harus melewati tangga yang sangat sempit karena rumah ini dibangun diatas tiang-tiang kayu yang cukup tinggi dan memiliki pintu perangkap. Namun yang paling unik dari rumah Bolon adalah seluruh kontruksi bangunannya tidak menggunakan paku melainkan dengan kayu yang menancap sangat kuat.

Desa ini terletak 138 km dari kota Medan yang dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau biro wisata seperti bus dan taksi.

Museum Simalungun

Merupakan salah satu museum paling tua di Sumatera Utara didalamnya tersimpan berbagai benda sejarah dan hasil budaya tradisional Simalungun yang sudah langka . Museum ini dibuka setiap hari pukul 09.00-15.00 kecuali hari libur nasional.

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman , Pematang Siantar.

Simarjarunjung

Berada di puncak bukit yang tinggi di sebelah timur danau Toba ,dari tempat inilah kita bisa menyaksikan keindahan alam seluas-luasnya ke arah danau Toba dan Pulau Samosir. Di daerah ini pula terdapat cagar alam yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik dengan udara yang sejuk .

Simarjarunjung dapat ditempuh 60 km dari Pulau Siantar atau 190 dari kota Medan.

Parapat – Danau Toba

Parapat merupakan kota wisata utama di Sumatera Utara tepatnya wilayah danau toba.

Di samping danau toba ada wisata air terjung Binangalow yang airnya langsung jatuh ke danau toba. Diatas bukit yang berhadapan dengan danau toba juga terdapat Camping Ground yang sudah tertata dengan baik .

Di area ini anda bisa memanfaatkan pesona wisata seperti memancing , ski air , berenang dan sepeda air.

Dari bukit ini pula anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan danau toba , kota Parapat dan pulau Siantar sebagai latar belakang yang mempesona mamanjakan pandangan mata anda.

Komentar

comments

Leave a Reply