11 Kegiatan menyenangkan saat anda berwisata ke ubud Bali

Wisata ubud ini terletak di kabupaten gianyar yang merupakan pusat budaya di bali. Wisata ubud bali merupakan wisata yang sangat terkenal sejak tahun 1930 an. Adapun budaya nya seperti seni musik, seni tari, seni patung, seni lukis, dan seni ukir. Daerah seni Ubud  disebut juga  dengan  desa bertaraf international. Ubud pernah menjadi tempat pencarian cinta elizabeth Gilbert yang menulis buku Eat, Pray, Love dan sudah difilemkan dengan judul yang sama dan dibintangi seorang aktris hollywood Julia Roberts.

Untuk dapat sampai kekota ubud anda harus menempuh perjalanan dari airt port internasional kota denpasar sejauh 40KM dengan memakan waktu kurang lebih dua jam. Letak daerah kecamatan yang terletak di dalam area pesawahan, kawasan hutan, sungai-sungai, jurang dan tebing membuat lokasi ini menjadi kawasan terindah yang pernah ada di dunia. Dengan beragamnya daya tarik Ubud ini, maka akan ada banyak pula kegiatan wisata di Ubud yang bisa anda lakukan.

Silahkan baca juga : Top 7 tempat wisata terbaik di Jakarta

Dengan pesona alam,budaya dan masyarakatnya Ubud akan menjadi salah satu kenangan terindah dalam hidup anda dalam ber wisata. Jika anda akan berwisata ke ubud, bersiaplah jatuh cinta pada aura magis Ubud (Orang bali menyebutnya dengan aura “Taksu”) dimana aura ini akan membuat anda nyaman berlama-lama disana dan rindu untuk kembali mengunjunginya.

Dan inilah beberapa tempat dan kegiatan menarik yang harus anda coba selama berada di Desa Ubud.

Bersepeda di sepanjang sawah

julia roberts bersepeda - kegiatan wisata di ubud

Apakah anda tahu? Salah satu adegan Julia Robert di film Eat, Pray , Love adalah bersepeda berlatarkan sawah di ubud. Bersepeda merupakan salah satu menu wisata terfavorit yang ada di Ubud. Disepanjang jalan ubud raya anda bisa menyewa sepeda dengan paket yang beraneka ragam, mulai dari keliling kota sampai dengan bersepeda jauh sampai ke Kintamani. Dengan ditemani seorang pemandu anda akan diajak berkeliling sawah hingga masuk ke perkampungan penduduk bahkan anda juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

Jika anda tidak ingin atau tidak bisa bersepeda, masih ada tur treking yang bisa anda ikuti untuk dapat mengelilingi indahnya sawah, alam dan permukiman penduduk. Anda bisa mengenal budaya dan kehidupan penduduk dengan berinteraksi langsung dengan ramahnya sambutan mereka.

Yoga ala ubud di pagi hari

Ubud sangatlah identik dengan Yoga. Dari seluruh penjuru dunia banyak orang berdatangan ke ubud untuk belajar Yoga ala ubud. Mulai dari pemula sampai profesional sangat menikmati Yoga nya.

Suasana yang tenang dan nyaman adalah tempat yang bagus untuk Yoga, sambil menikmati indahnya pemandangan hijau sawah, taman,  sungai dan segarnya udara pagi. Hotel-hotel di ubud pun banyak menyediakan fasilitas yoga, mulai dari kelas gratis hingga kelas premium ada di sana. Salah satu tempat terkenal di ubud untuk melakukan yoga adalah Yoga Barn yang berada di jalan hanoman, beraneka ragam kelas dapat anda pilih. Disitu anda bisa menikmati indahnya panorama alam ubud sambil melakukan Yoga.

Menonton tari kecak api

tari kecak ubud - kegiatan wisata di ubud

Tari kecak Bali – Sumber gambar : tarikecakbali.com

Jika datang ke ubud, pastikan anda melihat pertunjukan tari kecak. Tari kecak merupakan salah satu atraksi wisata liburan di pulau dewata. CAK..CAK seperti itulah suara khas yang keluar dari para penari kecak. Tarian kecak biasanya di lakukan pada malam hari mulai pukul 7 waktu setempat. Dengan jumlah penari 50 sampai 100 orang dan semua penarinya adalah laki laki. Tari kacak merupakan tarian sakral umat hindu karena banyak penari yang tak sadarkan diri saat berada di panggung.

Di ubud sangat lah mudah mencari lokasi pertunjukan tari kecak, salah satunya ada di Pura Dalem yang berada di jalan raya ubud. Adapun tempat lainnya yaitu di Puri Agung Saren. Di puri agung saren anda juga dapat melihat pertunjukan tari Legong. Selain Tari Kecak dan tari legong, anda juga dapat menonton pertunjukan wayang kulit dan pentas seni lainnya selama berada di ubud. Pastikan anda menyiapkan tiket untuk dapat menonton tarian kacak.

Belajar memasak makanan khas bali

Hampir seluruh restoran dan hotel di ubud membuka kelas memasak untuk para wisatawan. Beraneka ragam menu khas Bali dapat anda pilih disana, seperti sate lilit dan lawar bahkan menu kuliner indonesia seperti gado-gado, nasi goreng, nasi kuning juga ada disana. Kalau anda ingin mencoba kelas kuliner khas bali anda dapat mengunjungi Paon Bali di laplapan yang mengadakan kelas memasak dirumah. Atau Restoran Casa Luna  yang terkenal sebagai kelas memasak karena disitu adalah restoran pertama yang membuka kelas memasak di ubud.

Kegiatan kelas memasak kebanyakan dimulai pada pagi hari, para peserta akan diajak ke pasar tradisional. Di pasar peserta akan membeli dan memilih langsung bahan bahan yang di perlukan untuk memasak.

Menjelajahi Wisata kuliner di ubud

Jika datang ke ubud maka anda wajib untuk mencicipi kuliner lokal. Jika anda tertarik dengan kuliner khas ubud atau bali anda dapat mencoba Babi Guling Bu Oka di sebelah Puri Ubud,  Bebek Bengil Ubud, Nasi Ayam  Kedewatan Bu Mangku, Ayam Betutu di Warung murni dan Sate lilit.

Ubud adalah kawasan wisata yang sudah berdiri lama sejak sebelum kemerdekaan indonesia, jadi aneka ragam masakan indonesia bahkan internasional juga ada disana. Anda juga bisa mencicipi kuliner internasional dari asia, eropa bahkan amerika. Seperti gelato khas Italia, masakan tradisional Jepang, taco dan burito khas Meksiko, sampai masakan khas Perancis. Anda tinggal memilih menu yang cocok dengan lidah anda.

Mencoba pengobatan tradisional ala Ketut Liyer

Di Ubud, masyarakat lokal telah mengenal pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alam sebagai obat sejak dahulu. Spa dan wellness di Ubud berkembang pesat untuk memanjakan turis yang datang. Pengobatan tradisional itu layaknya seperti spa, menggunakan terapi pijat dan ditambah aspek spiritual dengan menitikberatkan pada meditasi. Masyarakat Bali menyebut para “dokter” tradisional ini dengan sebutan “balian”.

Balian ketut liyer menjadi terkenal lewat kemunculannya dalam novel dan film “Eat, Pray,Love” yang melakukan terapi dengan pendekatan meditasi. Adapun “balian” di Ubud yang juga terkenal adalah Ketut Arsana. Ia sudah memberikan pengobatan dengan terapi pijat dan obat-obatan herbal kurang lebih selama 25 tahun.

Rafting di sungai ayung

rafting di sungai ayung - kegiatan wisata di ubud

Rafting di sungai ayung – Sumber gambar : plesiryuk.com

salah satu tempat wahana arung jeram yang ada di bali adalah arung jeram di sungai ayung. Arung jeram itu pun mempunyai kategori II dan III sehingga sangat cocok untuk para pemula. Tetapi akan ada banyak tantangan yang akan anda temui selama di sungai Ayung sepanjang 12KM ini. Rata rata memakan waktu 2 jam untuk menjelajahinya.

Selain itu anda akan melihat panorama  Pohon-pohon kelapa menjulang, pepohonan di bukit, sampai sawah yanh menguning di kiri dan kanan sungai Ayung. Selain itu ada juga ukiran seniman Bali berupa relief Ramayana di tebing batu pinggir sungai ayung. Jika anda mengambil paket tur ini biasanya sudah termasuk dengan layanan antar jemput dan makan siang.

Mengunjungi 6 Museum unik

Hampir semua museum di ubud menyimpan keindahan maupun sejarahmengena seni dan lukisan. Disana akan ada 6 museum yang bisa anda kunjungi, seperti Museum Puri Lukisan yang merupakan museum pertama di Bali. Museum ini menampilkan koleksi lukisan Bali ke dalam tiga era perjalanan, mulai dari masa kerajaan Bali hingga masa kemerdekaan Indonesia.

Dan Museum lainnya adalah Neka Museum, Rudana Museum, Agung Rai Museum, Antonio Blanco Museum, dan Museum Marketing yang telah diresmikan pada tahun 2011 kemarin.

Silahkan baca juga : 5 Tempat wisata sejarah di Jogja yang wajib dikunjungi

Belanja di pasar tradisonal Ubud

Jika anda mencari pusat oleh-oleh khas bali di sinilah tempatnya. Berbelanja ke pasar ubud anda akan disambut warna warninya kerajinan tangan khas bali. Beraneka ragam kerajinan Bali sudah dipajang oleh para penjualnya disini. Penjualnya sebagian besar adalah orang asli bali.

Seperti anyam-anyaman, patung, kain pantai, pernak pernik, sandal, baju-baju bertuliskan Bali, pakaian tradisional Bali, patung lukisan dan banyak jenis kerajinan lainnya. Coba juga aneka makanan yang tersedia disana. Sebaiknya anda datang agak pagi karena disiang hari akan sangat padat. Area parkirannya juga akan menjadi penuh menjelang siang hari.

Menyapa monyet di Monkey Forest

Jika anda ingin pengalaman yang lebih menarik, anda harus datang mengunjungi kawasan Monkey forest untuk menyapa monyet-monet disana, mulai dari bayi sampai dewasa ada disana. Di hutan ini monyet monyet bebas berkeliaran dengan, di dalam hutan seluas 27 hektar ini terdapat banyak pohon pohon yang lebat dan suasananya pun sangat sejuk.

Saat memasuki area ini anda akan disambut oleh sebuah patung monyet raksasa. Anda juga harus berhati hati dengan barang bawaan anda, beberapa monyet nakal akan usil untuk mengambil barang bawaan anda dan membawanya ke atas pohon.

Menonton festival UWRF

Jika waktu anda tepat jangan lewatkan festival yang satu ini, yaitu sebuah Festival Sastra Internasional. Festifal ini diadakan sekali setahun yang merupakan festival sastra terbesar didunia.

Anda dapat bertemu langsung dengan para penulis terkenal, baik penulis dari Indonesia maupun mancanegara. Anda jug adapat mengenal & belajar budaya, seni dan literaturatau juga bisa mengikuti beberapa event gratis yang berlangsung selama festival.

 

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Selamat berlibur!!, semoga dengan informasi diatas anda bisa mengetahui tentang kegiatan wisata di ubud untuk anda yang mau berlibur kesana.

Komentar

comments

Leave a Reply