Cara menambahkan penulis baru ke blog atau situs wordpress

WordPress adalah platform for blogging yang paling banyak digunakan di dunia internet. Simple dan mudah digunakan, hal itu membuat semua orang tertarik untuk menggunakan wordpress sebagai media menulis, mengajar ataupun berpromosi.

Silahkan baca juga : Apa saja keuntungan menggunakan blog di wordpress.com

WordPress di desain untuk personal, oraganisasi ataupun korporasi. Jadi didalam sebuah blog atau situs wordpress bisa dikelola oleh beberapa orang dengan berbagai peran. Seperti admin, kontributor, author dan follower. Dimana masing-masing dari pengelola tersebut memiliki fungsi dan hak akses yang berrbeda-beda.

Contohnya, jika anda ingin menambahkan seorang penulis. Maka dia hanya akan bisa menulis/upload, mengedit dan menghapus artikel maupun gambar yang di buat olehnya. Dia tidak akan bisa mengedit atau menghapus postingan dari penulis lain.

Inilah cara menambah penulis di wordpress blog atau website adalah sebagai berikut:

  • Log in ke blog atau situs self hosted anda. Jika anda menggunakan wordpress.com, maka akan tampil halaman berikut.

wordpress add author 1 - cara menambah penulis di wordpress

  • Pilih menu “My Site” atau “Situs saya”, lalu pilih menu Wp Admin, seperti gambar berikut.

wordpress add author 2 - cara menambah penulis di wordpressJika anda menggunakan self hosted wordpress, setelah login anda akan langsung masuk ke panel Wp Admin

Untuk pengguna wordpress.com

  •  Pada halaman Wp Admin, pilih lah “Users” lalu klik pada “Invite New”, seperti gambar dibawah.

wordpress add author 3 - cara menambah penulis di wordpress

  • Pada halaman Invite akan ada 3 form yang harus diisi, yaitu username atau alamat email, peran, dan kalimat undangan.

wordpress add author 4 - cara menambah penulis baru di wordpress

  • Isilah ketiga form tersebut. Username adalah username yang sudah terdaftar pada wordpress.com (Jika bukan pengguna wordpress, isikan saja dengan alamat email. Nantinya penulis baru tersebut akan di minta Sign-up dulu di wordpress.com), Role adalah peran yang akan diberkan, dan Message adalah kalimat undangan anda. Lalu klik “Send Invitation”
  • Setelah itu si penulis baru akan mendapat sebuah email untuk menjadi penulis di blog anda. Setelah di accept, barulah si penulis bisa mulai masuk dan menulis di blog anda.

Untuk pengguna wordpress self hosted

  • Pada menu Wp admin, pilih “Users” lalu pilih “Add new”.

cara menambah penulis di wordpress self hosted

  • Pada halaman Add new user anda hanya wajib mengisi 4 form saja, sisanya biarkan penulis baru yang mengeditnya.

cara menambah penulis di wordpress self hosted 2

  • Empat form itu adalah username si penulis baru, alamat E-mail si penulis baru, password dan Role atau peran. Lalu klik Add new user.
  • Setelah itu si penulis baru akan mendapat sebuah email berisi pemberitahuan tentang username dan password nya. Dan dapat memulai menulis di situs wordpress anda.

Dan sekarang blog / situs wordpress anda sudah memiliki penulis baru yang bisa menulis kapanpun di situs anda. Tentunya artikel di situs anda akan lebih bervariasi.

Silahkan baca juga : Tutorial lengkap cara setting tema wordpress self hosted

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah cara menambah penulis di wordpress.com atau pun self hosted website. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk menambah kan contributor, subscriber, editor dengan menggunakan cara diatas.

Komentar

comments

Leave a Reply