11 Manfaat daun pisang yang harus anda ketahui

Pisang merupakan tumbuhan yang multi fungsi, tidak hanya buahnya saja. Daun pisang, akar pisang, jantung dan juga batang pisang juga memiliki manfaat-manfaat bagi manusia. Tidak ada satu unsur pun yang tidak bermanfaat dari tumbuhan pisang ini. Kegunaannya pun melingkupi banyak fungsi, mulai dari sebagai makanan, obat-obatan, sebagai pupuk untuk tanaman lain dan masih banyak lagi.

Silahkan baca juga : Manfaat dan khasiat pohon pisang untuk kesehatan

Manfaat daun pisang

Manfaat daun pisang, sumber : pixabay.com

Di kesempatan kali ini kita akan mengulas manfaat daun pisang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain yaitu:

A. Manfaat daun pisang di dunia kesehatan dan kecantikan

  1. Menetralisir racun serangga
    Daun pisang bisa digunakan jika anda di gigit serangga-serangga kecil yang ada di hutan, seperti lebah / tawon, semut, laba-laba yang meninggalkan racunnya di kulit anda.
  2. Mengatasi ketombe
    Daun pisang bisa juga digunakan untuk mengatasi ketombe anda secara alami. Yaitu dengan membuat sebuah ramuan jus sari daun pisang lalu menggunakannya terus menerus sampai ketombe anda hilang.
  3. Mengobati luka
    Ternyata daun pisang juga sering digunakan untuk mengobati luka-luka kecil pada kulit. Caranya dengan menghaluskan daun pisang lalu menempelkannya pada luka anda.
  4. Mengobati demam
    Daun pisang sudah sering digunakan sebagai penurun panas demam, yaitu dengan cara mengambil daun pisang yang masih muda lalu memberikan minyak kelapa secukupnya lalu ditempelkan ke dahi dan badan.
  5. Mengobati radang atau iritasi
    Radang atau iritasi pada bayi bisa diobati dengan daun pisang yang dihaluskan dan dijadikan sebagai salap.
  6. Memepercantik Kulit
    Didalam kandungan daun kelapa terdapat sebuah zat bernama allantolin yang biasanya digunakan sebagai krim kecantikan. Kandungan ini dapat membunuh kuman tidak terlihat pada kulit dan terhindar dari iritasi.
  7. Menambah daya tahan tubuh
    Didalam daun pisang terdapat sebuah kandungan zat bernama polifenol, yang biasanya dijadikan antioksidan didunia kesehatan. Kandungan ini berguna untuk mencegah tubuh terkena penyakit dan melawan radika bebas. Anda tidak perlu memakan daun pisang, untuk mendapatkan khasiat daun pisang ini anda hanya perlu membungkus makanan anda dengan daun pisang sehingga makanan anda menyerap kandungan ini dari daun pisang.

B. Manfaat daun pisang untuk makanan

  1. Sebagai pembungkus makanan
    Daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus makanan karena diketahui pada daun pisang terdapat lapisan seperti lilin yang dapat menciptakan cita rasa yang tinggi dan rasa khas dibanding menggunakan pembungkus lain. Beberapa pengusaha juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanannya seperti sate padang, pecel dll. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kualitas makanannya dimata konsumennya.
  2. Menambah selera makan
    Makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang akan menghasilkan suatu aroma yang khas, yang tentunya akan meningkatkan nafsu makan anda terhadap bau yang sedap itu.
  3. Tempat makanan yang higenis
    Makanan higenis bisa anda dapatkan jika anda membungkus makanan anda menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan dengan air.
  4. Terbebas dari bahan kimia
    Menggunakan daun pisang sebagai alas makanan akan lebih aman dari bahan kimia. Karena kita akan terhindar dari piring plastik atau sisa sabun pada piring kaca.

Sering juga kita temukan daun pisang yang digunakan untuk kerajinan-kerajinan yang bersifat sementara atau tidak tahan lama. Walaupun sebentar, hasil dari kerajinan daun pisang itu sangatlah indah.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah hal-hal yang bisa kita gunakan menggunakan daun pisang, baik anda seorang pengusaha, koki atau ahli medis. Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai salah satu alternatif.

Komentar

comments

Leave a Reply