Daftar makanan khas jawa barat yang harus anda coba

Jawa Barat sangat terkenal dengan ke aneka ragaman objek wisatanya, salah satu daya tarik wisata nya adalah wisata kuliner nya. Ada banyak sekali ragam makanan yang ada disana, oleh karena itu ada baiknya kita mengenal beberapa makanan khas Jawa Barat yang terkenal.

Silahkan baca juga : Pantai Pangandaran tempat wisata favorit di Jawa Barat

Daftar nama-nama makanan khas Jawa Barat

Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional Sunda, bahan utama minuman ini adalah jahe dan gula merah. Namun sekarang ada banyak sekali campuran tertentu yang membuat rasa bandrek ini lebih nikmat. Seperti susu, telur, kacang hijau, merica, pandan dan serai. Minuman ini berguna untuk menghangatkan tubuh dan baik sekali dihidangkan pada saat cuaca dingin.

Batagor

Batagor adalah kependekan dari bakso tahu goreng, bahan dasarnya adalah tahu , bakso (ikan tenggiri / udang dan tepung tapioka). Dan dihidangkan dengan saus kacang, kecap, jeruk nipis dan sambal. Makanan ini bisa ditemukan hampir diseluruh daerah Indonesia.

batagor bandung

sumber gambar : abraresto.com

Siomai

Siomay merupakan bahasa mandarin yaitu “shaomai”, siomay merupakan salah satu jenis dari dim sum. Terbuat dari daging yang dihaluskan dan dibungkus dengan kulit seperti pangsit yang terbuat dari tepung terigu lalu dikukus. Dan dihidangkan dengan kentang, tahu, telur, kubis dan ditambah sambal kacang.

Cireng

Cireng adalah kependekan dari aci goreng (tepung kanji goreng). Bahan utamanya adalah tepung kanji dan dicampur dengan terigu, merica, bawang putih, daun bawang, kedelai, garam lalu digoreng. Sehingga menciptakan suatu rasa yang khas.

Combro

Combro atau gemet berasal dari kata (oncom di jero) dalam bahasa sunda, yang dibuat dari bahan parutan singkong yang dibulatkan dan di isi oncom lalu digoreng. Dihidangkan dengan cabe rawit dan sangat enak dikonsumsi saat masih panas.

Es Doger

Doger merupakan singakatan dari “Dorong gerobak”. Makanan ini berasal dari Cirebon, bahan utamanya adalah es, kelapa dan susu. Lalu ditambah dengan roti tawar, ketan hitam, tape singkong, alpukat, gula pasir dan santan.

Lotek

Makanan ini sangat menyerupai makanan pecel. Terdiri dari beragam sayuran segar yang direbus dan ditambah dengan saus kacang yang terbuat dari terasi, bawang putih, gula merah. Lotek biasanya dihidangkan dengan lontong atau nasi, bawang goreng dan kerupuk.

Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi hangat yang dibungkus dengan daun pisang sehingga menciptakan aroma yang khas dan menggugah selera. Nasi ini dihidangkan dengan ayam atau ikan goreng, tahu, tempe, lalapan dan sambal khas sunda.

Mie Kocok

Mie kocok adalah makanan yang terdiri dari mie kuning, toge, lalu di beri kuah kaldu sapi yang hangat dann diberi topping potongan kaskus kecil. Selain itu bisa juga ditambahkan sambal bagi anda yang suka pedas.

Pepes Ikan Mas

Pepes Ikan mas yang terkenal berasal dari Bandung. Makanan ini mempunyai bahan utama Ikan mas, daun salam , jeruk nipis, daun pisang dan garam. Dan ditambah dengan berbagai bumbu-bumbu yang dihaluskan, ditambah cabe rawit, daun bawang, sereh, semangi dan ragi. Pepes ikan mas sangat cocok dimakan dengan nasi dan juga sebagai menu santapan keluarga.

Peuyeum

Peuyeum adalah suatu makanan yang di fermentasi menggunakan ragi dengan bahan utamanya yaitu singkong yang direbus.

Serabi Bandung

Surabi atau serabi bandung ini adalah salah satu makanan yang sudah terkenal di Indonesia. Serabi ini sebenarnya hampir sama dengan pancake. Yang membedakannya adalah serabi terbuat dari tepung beras sedangkan pancake dari tepung terigu. Makanan ini dihidang dengan kuah yang terbuat dari gula dan santan.

Tahu Sumedang

Tahu sumedang adalah makanan yang terbuat tahu berbahan dasar kedelai dan berasal dari sumedang. Yang membuat tahu sumedang ini terkenal adalah karena ke unikan rasa pedas sambalnya.

Tauco Cianjur

Jika berkunjung kecianjur biasanya orang akan membeli tauco sebagai oleh-olehnya. Tauco merupakan sebuah makanan yang terbuat dari biji kedelai yang direbus, dan dihaluskan lalu dicampur dengan tepung terigu. Lalu difermentasi menggunakan air garam sampai tumbuh jamur, lalu dijemur beberapa minggu dibawah sinar matahari sampai berwarna coklat merah. Dari fermentasinya itulah tercipta suatu rasa yang khas, tauco ini biasanya bisa tahan selama bertahun-tahun.

Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan yang terbuat dari ketupat dan tahu yang sudah digoreng dan nantinya diberi berbagai sayuran dan saus kacang.

Dodol Garut

Sebenarnya dodol tidak hanya bersal dari garut saja, namun dodol garut terkenal dari kualitas dan keunikan rasanya. Dodol garut adalah cemilan khas jawa barat yang sudah terkenal di Indonesia. Dodol terbuat dari tepung ketan, santan, gula merah dan gula pasir.

Dorokdok

Satu lagi makanan yang terkenal dan berasal dari garut adalah dorokdok. Makanan ini dibuat dari kulit sapi, lemak sapi dan bahan rempah-rempah. Namun ada juga yang membuat dari kulit kerbau dan domba. Nama dorokdok diambil karena jika kerupuk ini dimakan, maka akan memunculkan bunyi seperti dorok,dok, dok. Dorokdok merupakan kerupuk yang menyerupai karang laut dan dipotong kecil-kecil.

Empal Gentong

Kalau yang satu ini adalah makanan khas yang berasal dari CIrebon. Terbuat dari daging sapi dan jeroan sapi lalu diberi kuah santan serta bumbu-bumbu tradisinal khas CIrebon. Sehingga menciptakan sebuah gule empal daging yang khas.

Sega Lengko

Sega lengko atau dalam bahasa Indonesia yang berarti nasi lengko adalah makanan yang kaya protein, serat dan rendah kolestrol. Karena bahan-bahan pembuatannya adalah 100% tanpa bahan yang mengandung hewani. Makanan ini terdiri dari nasi, tempe goreng, tahu goreng, timun, toge, kucai, bawang goreng dan diberi saus rujak dan kecap encer.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan yang terdiri dari tahu yang sudah digoreng dan dipotong-potong lalu disajikan dengan saus khas nya yang terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih dan gula. Tahu goreng yang digunakan pun berasal dari tahu sumedang.

Soto Kuning

Soto kuning berasal dari bogor. Soto ini terdiri dari kuah santan, sapi dan jeroan sapi. Soto ini disebut soto kuning karena kuahnya yang agak kuning yang berasal dari bumbu kunyit yang digunakan.

Sagon Bakar

Sagon bakar menggunakan  tepung sagu dan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Setelah semua bahan diaduk dan di potong. Barulah dilakukan proses terakhirnya yaitu dengan di panggang / di bakar. Sagon bakar sangat digemari oleh semua kalangan karena

Ada banyak lagi makanan khas jawa barat yang akan kita bahas pada waktu selanjutnya seperti Opak, Karedok, Ranginang, Peyeum Ketan, Colenak, Misro, Wajit, Awug, Gurandil dan masih banyak lagi.

Sekian dulu informasi nama nama makanan khas jawa barat supaya dapat berguna.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply