Musim kemarau dan musim hujan di Indonesia

Tidak sama dengan negara-negara subtropis yang memiliki musim panas, musim dingin, musim kemarau dan musim semi. Hal ini terjadi di benua Amerika, Eropa dan sebagian wilayah Asia.

Pada daerah tropis seperti di Indonesia hanya memiliki 2 musim setiap tahunnya. Negara kita ini merupakan wilayah dwimusim karena hanya memiliki dua musim. Yaitu musim hujan dan musim kemarau, namun waktu untuk kedua musim ini tidak dapat diprediksi secara pasti, namun kita bisa gunakan data mining untuk memprediksinya.

Musim kemarau dan musim hujan di Indonesia

Musim kemarau dan musim hujan di Indonesia

Iklim tropis bersifat panas yang berakibat sebagian wilayah Indonesia mengundang curah hujan yang tinggi dan hujan naik tropika. Jika saat musim hujan, di beberapa tempat seperti Ibukota akan kewalahan menampung debit air yang turun dan dapat berakibat banjir. Dan jika saat kemarau datang, maka akan terjadi kekeringan dan krisis air bersih di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk itu kita perlu mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi musim musim tersebut, salah satunya adalah informasi mengenai periode waktunya. Kapan musim hujan dan kapan musim kemarau datang?

Musim Hujan

Menurut data dari kejadian-kejadian di tahun sebelumnya, musim hujan itu akan dimulai pada bulan Oktober sampai bulan Maret. Musim hujan ini sangat menguntungkan beberapa petani yang sudah lama kekurangan air dan beberapa wilayah yang kekeringan. Namun beberapa wilayah dengan lingkungan buruk akan terjadi banjir.

Musim Kemarau

Pasangan dari musim hujan adalah musim kemarau, musim kemarau biasanya terjadi mulai pada bulan april hingga Oktober setiap tahunnya. Sebuah musim dapat dikatakan kemarau adalah jika curah hujan setiap bulan berada dibawah 60mm. Musim kemarau dipengaruhi oleh angin muson timur yang berasal dari benua Australia bertekanan maksimum dan benua Asia bertekanan minimum.

Hembusan angin muson yang membawa sedikit uap air yang mengakibatkan terjadinya kekeringan. Jika berlangsung lama, musim ini sangat berbahaya karena pasti ada nya wilayah-wilayah di Indonesia yang akan kekurangan air bersih dan mengalami kekeringan.

Semua prediksi musim diatas dapat berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor, faktor seperti global warming, badai besar dll. Untuk itu kita dapat mendapat kan informasi terupdate dari BMKG setempat.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah ulasan singkat mengenai musim kemarau dan musim hujan di Indonesia yang semoga dapat berguna.

Komentar

comments

Leave a Reply