Larangan anti rokok oleh Ahok di ibukota yang menjengkelkan

Kita dapat melihat banyak sekali perokok aktif di kota Jakarta, kemanapun jalan dan tujuan kita pasti akan ditemukan para perokok tersebut. Di tempat umum seperti tempat perbelanjaan, komplek perumahan, sekolah, transportasi umum, dijalanan kita dapat melihat dengan mudah manusia yang meniup-niupkan racun asapnya dengan bebas. Bahkan ada juga yang merokok sambil berkendara.

Melihat akan hal itu, ahok menjadi sangat khawatir terhadap dampak buruk yang terjadi dari sisi perokok maupun orang yang tidak merokok. Terhitung sebanyak 43% dari dua ribu pelajar yang berusia antara 15-20 tahun mengakui bahwa mereka pernah merokok.

kawasan bebas rokok

Kawasan anti rokok

Dan dari persentase diatas, 63% nya adalah laki-laki dan sisanya tentu saja adalah kaum hawa. Di kota Jakarta sudah tidak asing lagi untuk merokok bagi perempuan. Karena itu dikeluarkanlah larangan merokok oleh gubernur DKI Jakarta yang bertujuan untuk melindungi anak-anak indonesia dari bahaya rokok, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap akibat buruk dari rokok, dan mengendalikan reklame ataupun iklan yang mempengaruhi masyarakat.

Silahkan baca juga : Rokok VS Naik Haji dan Qurban! Pilih mana?

Hal ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan dan sejumlah kelompok LSM membuat sebuah gerakan yang disebut “Smoke Free”. Menurut smoke free jakarta, beberapa akibat dari rokok dan para perokok di ibukota adalah 78 persen anak-anak di Indonesia terpapar asap rokok ditempat tempat umum (sumber : GYTS 2009), 57 persen orang-orang yang menunjungi restoran terpapar asap rokok (sumber :BPLHD dan Smoke Free Jakarta) dan bahkan yang lebih mengejutkan lagi adalah 92 persen responden memberi dukungan akan kawasan bebasa asap rokok ini, bahkan 89% persen responden perokok aktif juga mendukung (sumber: Survey Kepatuhan KDM yang dilakukan oleh BPLHD dan Smoke Free Jakarta, 2013)

Kita dapat melihat beberapa negara maju yang sudah memberlakukan kawasan tanpa asap rokok ini seperti Singapura, Hongkong, Seattle (Amerika). Mereka memberlakukan denda yang besar untuk setiap warga yang melanggarnya. Tentunya bertujuan untuk memberikan efek jera kepada pelakunya.

Mungkin kebijakan “anti rokok” ini menjadi hal yang menjengkelkan bagi beberapa perokok, namun itu semua adalah untuk kebaikan kita semua juga. Iya kan?

Peraturan apa sajakah yang sudah di tetapkan?

Sebuah peraturan yang tercantum pada peraturan No. 1 tahun 2015 tentang larangan reklame rokok dan produk tembakau pada media luar ruang. Peraturan tersebut di tanda tangan oleh ahok dan mulai berlaku pada 13 Januari 2015.

Kemudian ahok juga menegakkan peraturan daerah No.2 tahun 2015 tentang kawasan dilarang merokok. Untuk menegakan peraturan-peraturan tersebut diperlukan dukungan oleh semua kalangan.

Selain satpol PP diharapkan juga polisi untuk membantu penegakan peraturan tersebut seperti yang sudah dibuat pada era Gubernur Sutiyoso. Kemudian kepada pengelola tempat umum juga diberikan sanksi yang berat. Seperti manajemen mall yang menegaskan larangan merokok di seluruh area mall. Dan masih banyak lagi hal-hal yang sudah dilakukan seperti mendemokan kalimat anti rokok untuk ibukota.

Beberapa waktu yang lalu (13/9/2015) forum warga kota jakarta (FAKTA) mendesak ahok agar banyaknya pelanggar kebijakan kawasan merokok diberikan hukuman yang tegas dan tepat. Hal ini dilakukan karena ada beberapa warga yang menjadi korban asap rokok di tempat umum bahkan juga terusir oleh perokok-perokok yang melanggar. Untuk itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, mulai dari ketegasan pemerintah dan juga masyarakat.

Ayo berikan dukungan!!

Sudah banyak dukungan-dukungan yang diberikan oleh seluruh kalangan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Mulai gerakan-gerakan masyarakat bahkan komunitas-komunitas online( seperti gerakan website, forum dan petisi online) sekali pun. Tentu saja tujuan dari semua pendukung itu untuk Indonesia yang lebih baik.

Jika anda juga mau mendukung kebijakan dan gerakan anti rokok ini anda bisa mengikuti psebuah petisi online dan menandatanganinya disini secara online.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Semoga artikel ini bisa memberikan kesadaran kepada kita semua untuk Indonesia yang lebih baik.

Komentar

comments

Leave a Reply