Kesalahan-kesalahan grammar yang sering terjadi saat menulis kalimat

Bahasa inggris selalu menjadi bahasa yang paling banyak dan paling diminati oleh semua kalangan. Begitu pentingnya bahasa inggris ini tentu akan membuat orang-orang untuk mempelajarinya.

Dalam mempelajari bahasa inggris ada empat hal umum yang harus dipelajari, yaitu writing, reading,speaking and listening.

Silahkan baca juga : Rumus dan contoh kalimat simple present tense

Dari keempat materi tersebut ada satu hal yang menjadi penghalang atau menjadi hal yang menunda proses belajar tersebut. Yaitu writing, dalam writing kita harus paham yang disebut dengan grammar. Grammar merupakan struktur bahasa yang harus diketahui oleh seorang penulis.

Kesalahan - kesalahan grammar

Kesalahan – kesalahan grammar. Sumber gambar: pixabay.com

Untuk itu marilah kita lihat beberapa kesalahan-kesalahan grammar yang sering terjadi saat menulis kalimat:

  • Advice or Advise – Advice = nasehat (kata benda) & Advise = menasehati / memberi saran(kata kerja). Dalam menulis email saat bekerja atau perbincangan forum, kata advise sering digunakan seperti; “Please advise us!!” yang berarti “mohon memberi kami saran”. Namun artinya akan sanga berbeda jika menggunakan kalimat “Please advice us” yaitu Mohon nasihat kami.
  • Your or You’re – You’re digunakan untuk pernyataan penjelasan, seperti ”You’re dilligent” atau “You’re not alone”. Sedangkan Your digunakan untuk menyatakan kepemilikan seperti “Your car, you drink, your mom”.
  • Then or Than – Arti than adalah daripada, sedangkan then berarti kemudian. Contoh penggunaan than adalah Andi is more fast than roni, yang berarti andi lebih cepat dari pada roni. Jika than diganti dengan then maka artinya andi lebih cepat kemudian roni.
  • I or me – Me digunakan dalam sebuah kalimat sebagai objek sedangkan I digunakan sebagai subjek. Contoh penggunaan me yang benar adalah, My friend and me go on vacation. Contoh penggunaan I yang benar adalah I go to school.
  • Who or Whom – Arti dari kedua kata ini hampir sama, namun dalam grammar hal ini mempunya perbedaah yang sangat jelas. Setelah kata who selalu harus ada kata kerja dan setelah kata whom harus ada kata subject. Contoh : The girl who came last night is Silvi. Dan penggunaan whom adalah The girl whom I mentioned is Silvi.
  • Boring or Bored – Jika seorang teman anda mengatakan I am boring at class, itu adalah sebuah pernyataan yang salah dimana artinya adalah Aku membosankan di kelas. Seharusnya I am bored at class. Boring berarti membosankan sedangkan bored berarti bosan.
  • Effect or Affect – Affect berarti mempengaruhi. Penggunaan dalam kalimatnya seperti You can affect all of your colleague. Sedangkan effect berarti akibat atau hasil dari suatu pengaruh. Contoh penggunaannya seperti I can cured because of the effects of your suggestion.
  • Their and There – Arti kedua kata ini sangat lah berbeda. Contoh penggunaannya ialah My husband like their house yang artinya suami saya menyukai rumah mereka. Dan penggunaan there seperti I don’t want stay longer there yang artinya Saya tidak mau tinggal lebih lama disana.
  • Tanda titik – Jika di akhir sebuah kalimat tidak ada tanda titik berarti itu bukan lah kalimat melainkan sebuah frase.
  • Tanda koma – Kalimat Let’s eat, mom yang artinya ayo makan, bu. lebih mudah dipahami dari pada kalimat Let’s eat mom yang artinya ayo makan ibu.

Itulah kesalahan-kesalahan grammar yang sering kita jumpai dalam menulis. Jika anda setuju kesalahan yang mana yang pernah anda perbuat?

Silahkan baca juga : Cara belajar bahasa inggris cepat dan benar

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

comments

Leave a Reply