Tips dan cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang memiliki penggemar terbanyak. Bunga ini juga memiliki beragam warna dan bentuk yang indah. Selain itu bunga mawar ini mempunyai bau yang wangi dan segar.

Karena itulah banyak orang yang membudidayakan bunga mawar agar kemudian dipetik dan di letakkan di tempat-tempat yang tentunya akan menjadi indah karena bunga ini.

Tips menanam bunga mawar

Jika anda baru berniat untuk menanamnya, banyak hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah pemilihan bibit, pemilihan pot sesuai selera anda, tanah yang digunakan adalah tanah murni yang gembur dan hitam dan kemudian cara pemupukannya. Anda wajib menyiramnya pada saat pagi dan sore, karena diperlukan perawatan khusus dalam proses penanaman bunga ini.

Selain itu, tempatkanlah bunga mawar dibawah matahari agar bunga tersebut dapat ber fotosintesis dengan baik. Kemudian anda harus menyediakan pupuk kandang, pupuk organik atau pupuk NPK. Berilah pupuk tanaman anda minimal 1 kali dalam sebulan. Hal yang perlu diperhatikan yang terakhir adalah anda harus rajin memotong tangkai bunga mawar yang mulai mengering.

bunga mawar

Cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik – Sumber Img: pixabay.com

Setelah bunga mawar anda tumbuh dan berbunga, langkah berikutnya adalah memetiknya.  Diperlukan perawatan yang extra lagi untuk merawat bunga yang sudah dipetik itu.

Silahkan baca juga : Manfaat dan keunggulan pupuk organik (pupuk hijau)

Cara merawat bunga mawar yang sudah dipetik agar tetap segar dan tahan lama

  • Pastikan vas/pot bunga yang akan anda gunakan untuk meletakan bunga mawar bersih dari bahan-bahan kimia.
  • Isilah setengah sampai tiga perempat pot dengan air yang hangat atau suam agar tangkai mawar bisa meresap air dengan cepat.
  • Sama seperti manusia, bunga mawar juga harus dipenuhi nutrisinya. Anda bisa membeli florist yang sudah banyak dijual dipasaran. Selain itu masukan koin atau uang logam yang berfungsi sebagai anti bakteri.
  • Hindari bunga mawar anda dari sinar matahari langsung yang dapat berakibat bunga akan menjadi layu karena kehilangan kandungan air.
  • Letakkanlah vas bunga di tempat yang bersuhu normal, artinya tidak terlalu panas dan terlalu dingin.
  • Dilarang untuk menyemprotkan air langsung ke arah bunga mawar.
  • Anda harus memotong tangkai bagian bawah bunga mawar kira-kira 1 cm setiap dua hari.
  • Setelah dua hari, bersihkanlah vas dan gantilah air nya dengan yang baru.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Ulangilah langkah-langkah diatas agar bunga mawar anda bisa tetap segar dan tumbuh dengan baik untuk jangka waktu yang lama. Biasanya bunga mawar yang sudah dipetik ini dapat bertahan dalam waktu lima sampai sepuluh hari. Semoga bermanfaat untuk anda yang baru mengenal bunga mawar dan salam sukses.

Komentar

comments

3 Comments

Leave a Reply