Optimasi website menggunakan panduan google webmaster part 2

Ini merupakan posting lanjutan dari postingan beberapa hari yang lalu, jika anda sudah mengikuti panduan sebelumnya. Marilah kita lanjutkan ke tahap berikutnya. Pada tahap ini kita akan lihat lebih banyak hal-hal kecil namun sangat penting bagi rangking anda di SERP.

Jangan pernah menggunakan teknik cloaking

Cloaking url atau url penyamaran adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan alamat url asli website anda. Seperti jika alamat awal url halaman anda adalah “gogel.com/cara-cloacking” maka setelah cloacking alamat url anda pada browser terlihat seperti “cara-cloacking.com”. Menurut wikipedia, cloacking adalah sebuah teknik SEO black heat yang sudah pasti tidak disukai oleh google.

Jangan pernah mengelabui google atau menggunakan trik “Black heat”

Hindari trik-trik yang hanya ditujukan untuk menipu google agar mendapat rangking tinggi di halaman pencarian. Ingat, google hanya akan menampilkan website yang bernilai dan bermanfaat, jika anda hanya melakukan trik atau spamming siap-siap website anda akan di sandbox atau di hapus dari halaman pencarian google.

Hindari Link Scheme atau link yang tidak bermanfaat

Link scheme adalah pembuatan link yang bertujuan untuk kepentingan tertentu dan tidak ada manfaatnya bagi user anda. Tujuan utama link pada website adalah memberikan rujukan sebagai data referensi yang lebih jelas dan lengkap. Contohnya adalah jual beli backlink pada halaman ber PR, iklan pada halaman ber PR, komentar yang menyebar banyak link dll. Intinya hindari pembuatan link yang hanya bertujuan untuk meningkatkan rangking website anda.

Hindari redirect url yang tidak menguntungkan user

Jika anda mengajak user kesebuah halaman tertentu, pastikan url yang anda berikan adalah link yang diinginkan oleh user dan tentunya bermanfaat.

Jangan menggunakan hidden link atau text

Jika anda menggunakan link atau text tersembunyi, lalu terdeteksi oleh google bot. Siap-siap website anda akan diberikan sanksi atau di hapus dari SERP.

Jangan membuat halaman doorway

Halaman doorway merupakan halaman yang dioptimasi hanya untuk memenangkan keyword di mesin pencari tanpa memberikan informasi yang jelas dan bermanfaat bagi user.

Jangan membuat konten scraped

Konten scraped adalah sebuah konten yang hanya berbentuk memo dari hasil plagiat yang tentu saja melanggar hukum google.

Jangan menggunakan keyword stuffing

Mengisi konten anda hanya dengan kata kunci secara berulang ulang dan disengaja sangat tidak baik untuk user anda, karena mereka tidak banyak menemukan informasi yang dicari. Melainkan hanya ada kata kunci dan berisi hal yang tidak bermanfaat kepada user.

Hindari konten yang mengandung program jahat

Jika halaman web anda mengandung virus, trojan, malware atau sejenisnya. Sudah dipastikan anda akan masuk sandbox google.

Jangan menyalahgunakan rich snippet

Teknik yang digunakan untuk mengelabui user dengan menampilkan banyak rating pada postingan anda akan di rangking rendah oleh google.

Menggunakan jumlah link yang tidak berlebihan

Pastikan link yang anda berikan kepada user adalah link yang dibutuhkan dan beralasan.

Memilih keyword yang tepat

Pikirkanlah kata-kata yang akan diketikan oleh calon visitor dan pastikan content anda mengandung kata-kata tersebut.

Website yang mendukung if modified since itu lebih baik

Fitur ini memungkinkan google bisa mengetahui apakah halaman web anda telah diperbarui. Jika googlebot mengetahui halaman web anda baru diperbarui, maka robot google akan meng crawl ulang website anda.

Sesi ID atau tracking google friendly

Jangan membuat google bot bingung dengan session ID yang anda terapkan pada website anda. Biarkan googlebot menjelajah situs anda tanpa ada session ID atau argumen track.

Submit situs anda ke Google

Ini adalah cara yang harus anda lakukan jika anda ingin google cepat meng index halaman-halaman baru pada website anda.

Itulah akhir dari cara optimasi website menggunakan panduan google webmaster, semoga dapat anda gunakan untuk meningkatkan rangkik web anda. Semua cara diatas bersumber langsung dari halaman resmi panduan google webmaster. Semoga bermanfaat dan silahkan tinggalkan pertanyaan anda jika ada yang kurang jelas.

google webmaster academy

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut anda bisa mengikuti google webmaster academy yang dibuat oleh google.

Komentar

comments

Leave a Reply