Cara mendaftar google webmaster dan verifikasinya

Google webmaster adalah sebuah tools yang digunakan oleh para webmaster untuk memonitor dan memajukan situs-situs mereka. Untuk itu jika anda seorang blogger atau web admin anda diwajibkan untuk mendaftar di google webmaster.

Kenapa google webmaster?

Google adalah sebuah mesin pencari terbesar di dunia. Jika website atau blog anda ingin dikunjungi banyak orang tentunya anda harus mengikuti beberapa aturan dari mereka.

Silahkan baca juga : Optimasi website menggunakan panduan google webmaster

Jika anda berniat untuk mencobanya, silahkan ikuti cara-cara mendaftar google webmaster dan verifikasi seperti dibawah.

1. Siapkan sebuah email yang sudah aktif dan bisa digunakan untuk mendaftar. Jika anda memiliki akun gmail maka bisa lanjut ke langkah berikutnya. Jika belum silahkan buat sebuah akun gmail atau akun google.

2. Setelah memiliki gmail, silahkan menuju ke alamat pendaftaran google webmaster atau klik langsung disini. Maka akan muncul konfirmasi bahwa anda akan mendaftar google webmaster dan anda diminta memasukan alamat email dan password akun google anda.

3. Jika berhasil anda akan bisa menuju ke halaman beranda anda, disudut kanan atas klik tombol [TAMBAHKAN PROPERTI] untuk memasukan website/blog anda yang akan di monitor. Jika muncul box, masukan lah alamat situs web atau blog anda dan klik “Terus”
(Disini saya contohkan nama web yang saya masukan adalah blogspot.or.id.)

mendaftar-webamaster1

4.Setelah itu website anda akan diproses dan menuju ke halaman verifikasi.

5. Disini kita akan memverivikasi situs anda, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan.

mendaftar-webamaster2

  • Jika anda menggunakan self hosted anda bisa mengikuti cara utama. Yaitu dengan mendownload file verifikasi HTML yang sudah disediakan. Lalu login ke CPanel atau webhosting anda. Lalu upload file yang didownload tadi ke folder utama atau folder public hosting anda. Kembalilah kehalaman webmaster / search console anda lalu mengklik konfirmasi unggahan anda, untuk memastikan file html sudah ditempatkan dengan benar. Jika tidak ada error, klik tombol verifikasi.

Jika semua langkahnya benar, maka akan muncul laporan sukses diverifikasi.

mendaftar google-webmaster-3

  • Jika anda menggunakan blogspot, pilihlah tab metode alternatif dan pilih Tag HTML. Maka anda akan melihat sebaris kode html yang nanti akan di masukan akun blogspot anda.Copy lah kode tersebut lalu masuklah ke akun blogger dan pilihlah blog yang akan anda pasang kode pelacakan google webmaster. Lalu pilihlah tab “Template” dan masuk ke menu “Edit HTML”.mendaftar-webamaster4-blogspotTempatkanlah kode pelacakan tersebut sebelum kode </head>. Setelah itu, jangan lupa klik “Simpan Template” untuk menyimpan pengaturan tersebut. Lalu kembalilah ke halaman google webmaster yang tadi lalu klik tombol Verifikasi.

Jika anda berhasil, maka anda akan masuk ke halaman properti google webmaster anda seperti gambar di bawah.

cara-mendaftar-dan-verifikasi-google-webmaster

Cara mendaftar google webmaster dan verifikasi

Adapun metode lain yang dapat anda gunakan untuk memverifikasi google web master anda adalah “Penyedia domain”, dimana metode berlaku untuk custom domain dan langsung diverifikasi ke layanan domain yang sudah support verivikasi ini. Kemudian “Google analytics”, jika anda sudah mendaftarkan situs anda di google anlityc anda bisa langsung memverifikasinya di halaman analytic anda. Dan yang terakhir “Google pengelola tag” yaitu verivikasi melalui aplikasi tag manager dari google.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah langkah langkah yang harus anda lakukan untuk mendaftar google webmaster, semoga dapat membantu. Dan jika ada masalah atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply