Optimasi website menggunakan panduan google webmaster

panduan optimasi google webmaster

Google webmaster ( disebut juga “Search Console”)  adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memonitor perkembangan sebuah web, mengenai keberadaan nya di halaman pencarian google(SERP). Ada banyak tools yang dapat digunakan didalamnya, seperti memantau jumlah impression, jumlah klik, jumlah halaman yang di index google, memeriksa link yang error, dan masih banyak menu lainnya.

 

Jika di uraikan menu-menu yang ada pada google web master / search console adalah sebagai berikut:

  • Dasbor

Dasbor berisi pemberitahuan-pemberitahuan terbaru dan alert mengenai situs anda, kemudian juga akan ada grafik diagram mengenai status terkini mengenai kesalahan perayapan, penelusuran analytic dan juga status sitemap / peta situs beserta jumlah link yang sudah dikirim dan di index oleh google.

  • Pesan

Dalam menu ini anda akan di beritahu jika ada hal-hal penting atau perubahan terhadap website kita.

  • Tampilan penelusuran

Dalam menu ini akan di dibagi menjadi beberapa tool-tool penting seperti gambar berikut.

panduan google webmaster 1

  • Lalu lintas penelusuran

Berikut pembagian dari menu ini.

panduan google webmaster 2

  • Google Index

Berikut pembagian dari menu ini.

panduan google webmaster 3

  • Perayapan

Dan terakhir memiliki menu sebagai berikut.

panduan google webmaster 4

  • Masalah keamanan

Dalam menu ini terdapat laporan-laporan mengenai masalah keamanan oleh situs anda. Jika google mendeteksi serangan atau injeksi maka google akan memberikan peringatan.

  • Sumber daya lain

Berisi rujukan-rujukan atau aplikasi lain yang dapat membantu anda untuk menjadi seorang webmaster yang dididik langsung oleh google.

Dari halaman support google, menyebutkan mendaftar di google webmaster bisa membantu kita untuk memahami cara google melihat website kita dan juga kinerja web kita. Untuk itu jika anda belum mendaftarkan situs atau blog anda ke alat webmaster. Silahkan di daftarkan dulu.

Adapun orang yang bisa menggunakan alat webmaster ini adalah pemilik bisnis, pakar SEO atau marketing, website administrator dan juga pengembang web dan pengembang aplikasi.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari google webmaster ini, untuk itu marilah kita pahami apa saja yang di lihat google mengenai website kita dan bagaimana cara mengoptimalkan kinerja website kita dengan panduan google webmaster seperti dibawah ini.

Menciptakan halaman web yang berkualitas

Berkualitas disini berarti kita harus menciptakan halaman-halaman yang bermanfaat, original dan memberikan informasi yang lengkap kepada para pembaca.

Menciptakan website yang user friendly

Website yang baik adalah website yang dapat menciptakan pengalaman yang baik bagi para pengunjungnya. Tujuan utama membuat website adalah untuk para pengguna / pengunjungnya bukan untuk search engine. Jadi jangan terlalu terfokus pada optimasi mesin pencari / SEO melainkan fokuslah untuk pengunjung anda.

Menjadi unik dan bernilai

Jangan pernah meniru website orang lain / orang terkenal sekalipun. Buatlah situs anda unik, bermanfaat, dan interaksi yang baik dengan user. Google akan lebih suka dengan website-website yang fresh dan mempunyai nilai.

Menyediakan daftar isi

Selain membuat menu navigasi yang dapat memudah kan user, anda juga harus membuat sebuah halaman daftar isi atau sitemap khusus untuk user (Bukan sitemap xml untuk search engine). Dengan halaman daftar isi tersebut pengguna website bisa menjelajahi situs anda dengan mudah dan menemukan bagian-bagian penting dari situs anda.

Membuat judul yang powerfull dan penggunaan ALT

Judul yang powerfull adalah judul yang singkat, padat dan jelas. Judul juga akan ditampilkan di search engine untuk menarik para calon visitor.

ALT tag adalah teks alternatif yang digunakan pada suatu gambar. Mesin pencari akan merayapi suatu gambar dengan membaca ALT tag dari gambar tersebut.

Rujukan dan link

Buatlah sebuah website menggunakan rujukan ke halaman lain agar pengguna mendapat hasil informasi yang lebih lengkap. Untuk itu sangat penting untuk menyisipkan minimal satu link terkait atau link menuju sumber yang lebih jelas dalam sebuah halaman.

Mengatur Robot.txt

Robot.txt berguna untuk membatasi akses robot search engine / googlebot dalam (crawled) merayapi situs anda. Anda bisa menentukan bagian mana yang boleh di rayapi dan yang tidak boleh dirayapi.

Memberitahukan resource yang jelas kepada google

Jika anda memblokir resource seperti file javascript, css, assets dari google. Maka google tidak dapat memahami website anda secara keseluruhan dan tentu saja akan berpengaruh kepada rangking website anda.

Jangan menggunakan auto generate content

Anda perlu tahu bahwa google mengetahui mana artikel original dan mana artikel yang berasal dari mesin artikel otomatis / AGC. Content seperi itu akan sulit muncul di halaman hasil pencarian google.

Memblokir halaman yang tidak berguna

Anda harus memblokir content-content yang tidak berguna untuk pengguna dari perayapan googlebot dan memblokirnya menggunakan robot.txt

Memahami aturan afiliasi

Jika anda membisniskan website anda dengan cara affiliate. Anda harus tetap memberikan nilai dan manfaat dari setiap halaman anda. Dimana halaman tidak boleh dipenuhi oleh produk-produk atau iklan-iklan promosi saja.

Sekian dulu untuk pembahasan panduan google webmaster untuk saat ini, adapun lanjutannya akan di lanjutkan pada postingan berikutnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Panduan diatas dirangkum dari halaman resmi Google webmaster Guidelines.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

SIlahkan baca lanjutannya disini : Optimasi website menggunakan panduan google webmaster part 2

Komentar

comments

Leave a Reply