Variasi Menikmati Citarasa Kopi

Kopi_Tubruk_Jakarta

wikimedia.org

Kopi merupakan buah yang tumbuh subur di Indonesia. Buah Kopi agak perlu ketelitian dalam menanamnya karena diperlukan lokasi yang pas serta suhu yang tepat.  Mungkin bagi orang kota, menikmati kopi berarti pergi ke warung kopi atau istilah kerennya cafe. Tetapi pernahkah terpikirkan untuk menikmati sensasi kopi dengan cara yang berbeda? Ini dia cara-cara uniknya

Danau Linouw Sulawesi Utara

Danau Linouw merupakan salah satu andalan wisata Sulawesi Utara. Berkendara sejauh 30 kilometer dari Manado, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah yaitu danau Linouw yang merupakan danau Vulkanik. Sesekali kamu akan menyaksikan gelembung –gelembung di permukaan danau karena panas bumi. Keunikan yang lain dari danau ini mempunyai tiga warna, putih, biru dan hijau.  Untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, disediakan fasilitas seperti cafe atau restoran.  Nah, kopi merupakan minuman utama yang dihidangkan disetiap restoran.  Pemandangan danau yang berganti-ganti warna, sejuknya alam pegunungan serta hangatnya kopi, siapa yang menolak?

Kupi Tebalek di Meulaboh Aceh

Kalau di Menado kamu disuguhkan pemandangan indah, lain halnya dengan di Aceh. Kopi di Aceh yang terkenal yaitu kopi Gayo. Nah ada beberapa cafe yang sangat digemari pengunjung karena caranya menyajikan kopi. Nama yang populer adalah Kupi Tebalek. Semua orang asli Meulaboh tidak akan melewatkan minum kopi dengan cara ini. Harga secangir kopi yang setelah diseduh akan dibalik ini memiliki harga 5 ribu sampai 7 ribu. Wah pasti bisa minum berkali-kali.

Affogato

Kalau kamu suka sensasi kopi dingin, kamu patut mencoba Affogato. Cara meminum kopi khas Italia ini memadukan kehangatan espresso dan es krim. Jadi secanggir es krim akan dituang satu shot kental espresso. Dingin dan manisnya es krim akan menyatu dengan kepekatan espresso.  Kamu bisa mengaduknya atau menjilat es krim seperti biasa. Affogato sangat cocok untuk yang tidak suka kepahitan kopi.

Single Origin

Cafe nya sih mungkin bisa tetap yang menjadi favorit, tapi pernahkah terpikir untuk mencoba beberapa single origin jadi kamu bisa tahu mana favorit kamu. Di beberapa cafe ibukota, mereka menyediakan berbagai kopi single origin. Tanpa perlu pergi ke daerah asal, kamu sudah bisa mencicipi kuatnya beberapa kopi lokal. Biasanya kopi yang mempunyai rasa yang kuat akan lebih mahal harganya dibandingkan dengan density yang lebih ringan.

Corretto

Kepanjangan Corretto adalah correcting espresso. Berasal dari Italia, cara meminum kopi ini sangat unik dengan memadukan kuatnya espresso dan Grappa. Mungkin kurang familiar di Indonesia akan tetapi Grappa memberikan sensai kuat pada Corretto. Grappa adalah kulit anggur yang sudah melalui proses fermentasi.  Corretto mulai merebak ke segala penjuru dunia dan sudah menjadi favorit banyak orang.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply