Xiaomi Palsu Beredar, Waspadalah!

Xiaomi

wikipedia.org

Xiaomi merupakan posel murah yang disandingkan dengan kualitas iPhone. Ketika pertama kali diluncurkan, Xiaomi mendapat antusias luar biasa dari banyak pecinta gadget. Selain bisa didapat dengan harga dibawah 2 juta rupiah, kualitas Xiomi jauh diatas rata-rata ponsel dengan kemampuan yang sama.

Seiring dengan berkembangnya seri dari Xiomi, muncul lah “kreatifitas” yang kebablasan. Kasus ponsel palsu Xiomi sudah didengar oleh Steve Vickers, General manager Xiomi untuk Asia Tenggara. Tentu saja, ia menyarankan konsumen untuk memilih tempat pembelian hanya pada gerai-gerai resmi yang sudah ditunjuk.

Steve pun mengutarakan cara mengetahui Xiomi asli atau tiruan. Hal pertama yang dilihat adalah cirri dari stiker importer yang ada dalam setiap kardus handphone tersebut. Selain itu, dilengkapi pula dengan kartu garansi yang juga terdapat Bahasa Indonesianya, seperti dikutip dari Kompas Tekno. Selain kedua hal tersebut, hendaknya para konsumen membeli pada dua retailer yaitu Trikomsel Oke dan Erajaya. Pastikan kamu meneliti apakah tertera nama dari kedua retailer tersebut.

Berhati-hati pulalah ketika membeli secara online. Xiomi palsu pun terdapat disana. Sekilas ketika dilihat dari bentuk fisik, Xiomi palsu sangatlah mirip dengan yang aslinya. Akan tetapi perbedaan terasa ketika mecoba malakukan reset ulang pada gadget. Fitur yang ditampilakn tampak lebih rendah dari aslinya.

Berikut adalah tips tentang cara mengetahui apakah gadget yang sudah kita beli asli atau palsu.

  1. Lakukan pengecekan dengan masuk ke website xiomi di laptop atau PC
  2. Dapatkan file APK dengan cara mendownload file di dalam situs Xiomi resmi tersebut.
  3. Setelah itu kamu bisa mengecek dengan mengaktifkan instalasi ke dalam gadget.
  4. Klik icon refresh, lalu lihat kepada kode QR. Nah, kamu bisa melihat apakah Xiomi kamu asli atau palsu.

Selain 4 langkah diatas, kamu juga bisa menghapus semua yang ada didalam gadget kamu atau lebih dikenal dengan nama factory reset. Dengan melakukan hal tersebut, software buatan akan terhapus dan mengidentifikasi merek dari gadget itu sebenarnya.

Lalu kamu juga bisa memeriksa system operasi dari gadget tersebut. Xiomi memperkejakan MIUI dengan tampilan bersih, dakan tetapi kalau itu dalam bentuk Beta, kamu perlu waspada bahwa itu palsu. Versi MIUI bisa diperiksa di Internet. Semua versi pasti akan terdaftar.

Resolusi dari gambar dan bagaimana gadget melakukan loading dan masuk pada menu home juga patut diperhitungkan, namu agak sulit karena semua itu bisa disamarkan. Tetapi yang pasti kamu bisa memeriksa kode IMEI dan nomor serinya. Kedua nomor tersebut harus cocok dengan kardus kemasannya. Kasus Xiomi palsu yang ditemui adalah nomor IMEI nya yang sama tetapi nomor serinya yang berbeda.

Komentar

comments

Leave a Reply