Ke Cirebon Yuk

Tahu Gejrot Cirebon

Tahu Gejrot Cirebon, https://wikimedia.org

Cirebon? Ada apa sih di Cirebon. Banyak dong. Mau wisata sejarah tersedia apalagi wisata kuliner. Dengan hanya berjarak sekitar 2,5 jam dengan menggunakan kereta dari Jakarta atau sekitar 3 jam berkendara, kamu sudah bisa sampai di kota pesisir pantai ini.

Kalau kamu memutuskan untuk ke Cirebon, sebaiknya kamu menyiapkan alat trasportasi sendiri, misalkan menyewa mobil dari Jakarta atau mencari penyewaan mobil di sana karena kalau tidak, kamu akan kesulitan untuk menjangkau satu tempat ke tempat yang lain.

Objek wisata pertama yang kamu harus kunjungi tentu saja keratin Kesepuhan Cirebon. Cerita sejarah tentang Raja Siliwangi yang gagah berani serta semua peninnggalan alat music, senjata tradisional sampai kereta pun ada disana. Yang paling menarik dari keratin ini adalah lukisan Prabu Siliwangi. Dengan keunikan mata yang bisa bergerak darimanapun kita memandang lukisan tersebut, lukisan ini mempunyai karakteristik yang sama seperti lukisan Leonardo da Vinci dengan Monalisanya.

Kalau di telusuri dari cerita yang beredar, mata Prabu Siliwangi adalah hidup untuk menjaga dan mengawasi keratin Cirebon. Lain lagi dengan analisa beberapa pelukis yang menyatakan bahwa lukisan ini mempunyai mata optik.
Kamu pun dapat melihat Kereta Singa banting yang merupakan peninggalan jaman kesultanan Cirebon. Dipercaya pula orang yang memegang kepala Naga dari kereta tersebut bisa dipanjangkan jodohnya.

Untuk Kulinernya, percaya deh, bikin kenyang dan betah. Kuliner paling juara di Cirebon yaitu Nasi jamblang. Nasi dengan lauk yang dibungkus daun jati. Bukan karena tidak ada kertas pembungkus, tujuannya adalah untuk membuat rasa nasi menjadi lebih sedap. Kunjungi Nasi jamblang Mang Dul atau di depan Grage Mall. Ga perlu mahal, cukup dengan 20 rb rupiah, anda bisa kenyang dan ingin nambah terus.

Ingin yang ringan-ringan saja? Coba deh tahu gejrot. Sebenarnya tahunya baik-baik saja, tetapi karena dicampur dengan cabai dan sedikit kuah cuka, membuat tahu gejrot ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan di pagi hari. Kamu juga patut mencoba Nasi lengko. Nasi bersantan yang disiram kuah kacang. Lezat tak terkira.

Ada juga Empal Gentong. Daging empuk yang dikuahi kuah kuning santan nan gurih. Dilengkapi dengan sambal yang membanjiri kuah, ah sedap sekali. Menurut kabar yang beredar, empal gentong dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong dari tanah liat sehingga daging menjadi lebih empuk.

Kalo kamu ingin berkunjung ke wilayah pegunungan, cobalah agak ke luar kota Cirebon sedikit yaitu ke daerah kuningan. Wisata sejarah Linnggarjati terdapat disana. Rasanya tidak akan cukup jika hanya sehari berkunjung ke Cirebon, minimal kamu bisa menghabiskan 2 sampai 3 hari. Bookinglah hotel sesuai dengan tujuan kamu.

Komentar

comments

Leave a Reply