Begini Cara Memulai Usaha Cafe

cafe
Dulu café diasosiasikan dengan kaum borjuis berduit yang minum kopi, tetapi sekarang café adalah kebutuhan warga ibukota. Sebutkan beberapa nama tempat yang selalu penuh di hari kerja tempat para pekerja kreatif meeting dengan calon klien, pasti kamu bisa menyebutkan lebih dari satu café. Tapi jangan salah, ketika ingin memulai usaha kafe, kamu harus memenuhi berbagai syarat dan berkeyakinan teguh. Berikut cara memulai usaha café:

Tekad
Bulatkan tekadmu dan buktikan bahwa kamu bisa sukses mendirikan café. Dan perlu diingat, tidak pantang menyerah dan berputus asa. Belajarlah dari berbagai orang yang sukses mendirikan café.

Lokasi
Pemilihan lokasi merupakan hal utama. Tentu saja, dijalan utama dengan café bertebaran dikanan kiri lebih strategis dibandingkan kawasan yang tidak favorit, akan tetapi kamu harus memikirkan lebih keras strategi penjualan untuk bersaing dengan kafe-kafe tetangga yang ada dikanan kiri. Akan tetapi, menyea lahan dengan kawasan yang tidak begitu ramai juga seru, siapa tahu kamu akan menjadi pelopor kepopuleran tempat tersebut.

 

Kualitas Minuman

Pemilihan bahan-bahan kopi serta cara pembuatannya bisa mempengaruhi kualitas dari minuman kopi itu sendiri. Cobalah mencari supplier biji kopi dengan harga terjangkau. Kalo perlu, ikutlah pelatihan cara membuat kopi yang bisa menghasilkan kopi yang enak. Telusurilah daerah-daerah yang bisa menjual kopi dengan harga bersaing.

Untuk pemilihan menu makanan, kamu bisa menyesuaikan dengan keadaan dapur dan luas café. Kalau kamu pikir akan kesulitan dalam menemukan koki yang bagus, sempitkan menu makananmu menjadi makanan cepat saji. Perpaduan menu yang pas menghasilkan kenyamanan tersendiri untuk konsumen kamu.
Wifi dan Sofa
Sudah menjadi rahasia umum ketika orang pergi ke café untuk duduk di sofa dan bekerja. Fasilitas wifi dan sofa sudah menjadi fasilitas wajib bagi setiap café. Tentukan juga desain sofa, kursi dan meja sehingga tampilam café kamu menjadi menarik.

 

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Tentukan Tema
Apakah tema café kamu pabrik kopi? Atau vintage café? Semua ada ditanganmu. Jauhkan ide-ide kamu diluar kebiasaan dan ciptakan keunikan yang tidak dipunyai café lain. Sebagai contoh, pengunjung bisa menyaksikan bagaimana biji kopi digiling. Ada juga café dengan kucing-kucing cantik berada disekitarmu. Tema-tema tersebut menjadikan kamu percaya diri bahwa pengunjung akan betah berlama-lama.
Strategi Pemasaran
Jangan biarkan café kamu tebelakang , hanya diketahui orang-orang yang itu-itu saja. Tentukan strategi yang bagus. Saat ini kampanye dan promosi di sosial media bisa sangat mengena. Mintalah pelangganmu untuk memposting salah satu menu dan berilah hadiah untuk setiap postingan yang menarik. Atau kamu bisa mendaftarkan café mu ke dalam directori pencarian makanan. Atau kalau kamu mempunyai cukup budget, sewalah jasa dari digital agency untuk mengkampanyekan café kamu dengan berbagai review di forum-forum diskusi online.

Komentar

comments

Tags:, ,

Leave a Reply