Kisah Inspiratif Kepala BNN,Komjen Budi Waseso

IMG_20150909_093015

Komjen Budi Waseso Mengawali Karir sebagai Kepala BNN

Mengenakan Baju Khas Merah dan Putih BNN dan ditemani para ajudannya, Komisaris Jendral Budi Waseso, mengawali karirnya sebagai Kepala BNN di sekolah High Scope Indonesia untuk menjadi pembicara tamu dalam acara Career Week pada Rabu 9 September 2015.  Dengan judul “Mengelola Kelebihan Untuk Menggapai sebuah Cita-cita”, Budi Waseso memaparkan sejumlah kisah inspiratif dan tips bagaimana meraih cita-cita. Budi Waseso mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan diri sebagai Kepala BNN, jabatan yang baru dipegangnya selama 2 hari. Beliau bercerita tentang bagaimana meniti karir sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Nama Komjen Budi waseso mencuat tajam ketika calon Kapolri Budi Gunawan ditangkap oleh KPK dan beberapa saat kemudian Kepolisian menangkap wakil pimpinan KPK, Bambang Wijojanto. Saat itu namanya disorot berbagai media karena dianggap sudah membuat kegaduhan.  Mutasinya sendiri dari Kabareskrim menjadi Kepala BNN beliau anggap sebagai tantangan baru, bukan karena kinerja yang buruk atau menimbulkan kegaduhan.

IMG_20150909_091252

Saat menjadi pembicara, beliau menceritakan awal karirnya serta memperlihatkan foto-foto ketika mengikuti pelatihan di Akademi Kepolisian lalu menjabat sebagai  Kepala Bidang Propam Jateng.  Tidak lupa juga beliau menunjukkan foto-foto masa sekarang beserta teman-teman seangkatannya yang juga menjadi Polisi.

“Semua dimulai secara bertahap, tidak mungkin langsung jadi begini, tidak mungkin seseorang tiba-tiba menjadi Menteri atau tiba-tiba menjadi Presiden, semua ada perjuangannya,” kata Budi Waseso yang diikuti anggukan kepala para siswa kelas 8 dan 9 Sekkolah Highscope. Beliau juga berpesan bahwa dalam mengejar cita-cita, harus konsekwen dalam memilihnya dan harus berjuang tanpa ada rasa bosan. Dengan rasa humor, Budi Waseso mengibaratkan “Sama seperti kalian yang meminta sesuatu misalkan laptop, hari ini bilang ke orangtua, lalu tidak dikasih, besoknya kalian minta lagi, terus, sampai dikasih,nah itu juga bentuk dari perjuangan betul kan?” yang  disambut oleh gelak tawa siswa.

Saat sesi Tanya jawab, berbagai pertanyaan muncul dari para siswa. Ada yang menanyakan: “Dalam menjalankan tugasnya, apakah bapak mendapatkan godaan berupa suap? Beliau menjawab bahwa semua itu adalah tantangan pekerjaan dan harus dilawan demi penegakan hukum.  Pertanyaan menggelitik lainnya datang dari siswa yang menanyakan “Lebih enak mana pak, jadi Kepala Bareskrim atau Kepala BNN?”. Dengan santai Budi Waseso menjawab bahwa untuk membuktikan dirinya konsekwen dalam menjalankan tugas sebagai seorang Polisi maka beliau siap ditempatkan dimana saja.

Akhirnya Komjen Budi Waseso menutup pembicaraannya dengan berpesan kepada para siswa untuk tidak pernah mencoba memakai Narkoba serta senantiasa waspada karena narkoba bisa dalam bentuk apapun, bahkan dalam bentuk permen biasa.  Tidak lupa, beliau mengingatkan untuk mempunyai 5 sikap untuk mencapai cita-cita yaitu disiplin, kerja keras, konsekwen, pantang menyerah dan selalu berdoa.

Komentar

comments

Leave a Reply