Hindari Obesitas. Yuk Bergerak!

Obesitas

https://pixabay.com

Makanan sudah menjadi kebutuhna manusia, tapi bagaimana bila berlebih? Bisa jadi obesitas yang terjadi. Kelebihan berat badan ditandai dengan badan yang sangat besar menjadi akibat dari banyak hal seperti pemilihan makanan atau gaya hidup yang tidak sehat. Obesitas bisa mengenai manusia di segala usia. Jika orangtua tidak bisa membimbing apa yang akan dimakan oleh anak-anak mereka, maka obesitas pada anak bisa terjadi. Akan tetapi mucul pertanyaan: apakah obesitas terjadi hanya kepada orang yang makannya banyak saja atau bisa ada faktor lain yang menyebabkan obesitas?

Faktor Keturunan

Ketika memiliki orangtua dengan riwayat obesitas, maka seseorang harus berhati-hati karena dia memiliki resiko tinggi untuk mengidap obesitas juga.  Semua itu dipengaruhi oleh genetik yang diturunkan.  Ditambah pola makan orangtua yang mempengaruhi bentuk tubuh dan kesehatan anak.

Faktor Kebiasaan Baru

Kebiasaan yang biasanya paling menyolok adalah berhenti merokok.  Kebiasaan merokok itu sendiri biasanya dilakukan oleh orang yang tidak mau kelebihan berat badan.  Nah, ketika mereka berhenti merokok, biasanya kebiasan mengemil mereka menjadi bertambah.

Faktor Menyusui bayi

Kebanyakan wanita bertambah berat badan ketika sesudah melahirkan. Ini disebabkan oleh harus banyaknya nutrisi yang masuk ketika akan menyusui. Merka akan cenderung lebih lapar dari biasanya. Sebenarnya wanita bisa menurunkan berat badannya lagi, tetapi bagi sebagian cukup sulit mengingat kebiasaan makan berlebih yang sudah berpola.

Faktor Kurang Istirahat

Orang dengan mobilitas dan aktivitas yang cukup tinggi juga beresiko karena otomatis waktu istirahat akan berkurang. Ini menyebabkan kerja otak menjadi lebih keras dan sangat sulit mengendalikan nafsu makan.

 

Nah sebenarnya ada berbagai cara untuk menghindari obesitas tersebut.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengatur pola makan. Pola makan harus sesuai dengan aktivitas anda. Jika kamu memiliki aktivitas yang tinggi, jangan sampai menahan lapar dengan jangka waktu yang lama karena akan menyebabkan nafsu makan tinggi.  Bawalah selalu makanan ringan, jadi ketika kamu lapar, kamu bisa memakannya tanpa menunggu waktu makan tiba.

Hal utama lain adalah berolahraga. Kamu tidak perlu ada di gym dan mencoba semua alat. Naiklah tangga daripada lift atau kamu bisa mencoba berjalan kaki dari parkiran ke kantor kamu. Parkirkan kendaraanmu 2 sampai 3 blok ke kantor.  Perkirakan waktu tempuh, jangan sampai terlambat hanya karena kamu ingin berjalan.  Lebih seringlah bangun dan berdiri dari kursimu. Lakukan peregangan badan sekurang kurangnya 60 menit.  Duduk terlalu lama membuat kamu malas bergerak.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Selain itu, jangan lupakan waktu berelaksasi bersama teman-temanmu. Itu akan tidak menghindarkanmu dari stress dan pada akhirnya kamu melampiaskannya dengan makan tidak terkendali. Bersenang-senanglah sambil berolahraga, misalkan berjalan pada acara car free day atau berkeliling museum di hari minggu.

Komentar

comments

Leave a Reply