Negara Tujuan Favorit di ASEAN: Indonesia

Prambanan

https://id.wikipedia.org

Digelar Sabtu, 5 September 2015, Matta Fair 2015 yang diadakan di Malaysia menobatkan Indonesia sebagai tujuan paling favorit. Penobatan tersebut seakan mendukung program Kementrian Parawisata dalam menargetkan kunjungan wisatawan yang berasal dari Malaysia sejumlah 1.700.000 di tahun 2015 ini, demikian dikutip oleh beritasatu.com yang didapat dari konperensi pers KBRI Malaysia.

Malaysia merupakan penyumbang wisatawan terbanyak kedua. Jumlah kunjungan lebih dari 1.276.105 orang. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia masih dilirik oleh wisatawan Mancanegara. Data terakhir menunjukkan bahwa sepanjang bulan Januari sampai Juli, wisatawan yang berkunjung mengalami kenaikan sebesar 2 persen.

Indonesia bisa menjadi paket wisata lengkap karena semua destinasi favorit ada disini. Mau menikmati keindahan gunung atau bersantai di pantai bisa saja dilakukan. Dan bukan hanya Bali, daerah-daerah favorit pun mulai bermunculan, seperti Malang, Lampung, Belitung atau bahkan Papua kini berbenah untuk menyambut para wisatawan.

 

Beberapa cara promosi destinasi wisata bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  1. Pemerintah harus mulai memberikan perhatian khusus bukan hanya kepada tempat wisata itu sendiri tetapi juga harus dipikirkan transportasi dan jalur menuju tempat wisata. Jalanan yang mulus serta bisa dijangkau menjadi impian para wisatawan.

 

  1. Mengkampanyekan kunjungan wisata Indonesia oleh warga Indonesia sendiri. Berbagai acara adventure dan jalan-jalan di beberapa stasiun televisi saat ini cukup membantu para kaum muda untuk mencintai alam Indonesia.

 

  1. Ikut serta dalam berbagai usaha untuk mempromosikan wisata Indonesia, salah satu cara menjadi anggota dalam setiap pameran pariwisata yang diselenggarakan negara terterntu.

 

  1. Pemerintah mendukung acara pameran pariwisata yang baru-baru ini diselenggarakan,seperti Kompas Travel Fair. Dari segi ekonomi pun para operator pariwisata ikut terbantu.

 

  1. Para perusahaan penerbangan bisa memberikan diskon atau potongan harga khusus destinasi Nasional untuk menarik minat wisatawan domestik terlebih dahulu. Paket-paket perjalanan wisata juga bisa diperbanyak dan dipromosikan.

 

  1. Koordinasi event-event budaya yang dibuat oleh para agen pariwisata haruslah berkoordinasi dan didukung oleh pemerintah. Selain itu, mereka juga harus mempunyai kalender event agar para wisatawan bisa menargetkan waktu kunjungan mereka.

 

  1. Faktor Keamanan adalah bagian terpenting. Kondisir keamanan yang stabil didukung oleh Penegak Hukum yang menjalankan tugasnya dengan baik bisa mendukung pariwisata. Turis menjadi aman dan nyaman ketika bepergian.

 

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Menurut Catatan kementrian Pariwisata, pengembangan wisata Indonesia meliputi wisata alam, kebudayaan dan kreasi manusia. Bukan hanya wisata saja, tapi Indonesia juga mempunyai hutan-hutan yang bisa digunakan sebagai sumber pengetahuan, seperti taman Nasional Tanjung Putting. Ketika semua pihak terkoordinasi dengan baik, maka wisatawan tak ragu lagi menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama mereka.

Komentar

comments

Leave a Reply