Memprihatinkan! Kabut Asap Terjadi Setiap Tahun

Kabut_Asap

Ratusan orang di wilayah Sumatera dan Kalimantan berbondong-bondong menuju toko obat terdekat untuk  mendapatkan masker guna menghindari kabut asap terhirup dan mengganggu pernapasan.  Terlihat di sisi lain kota Pekanbaru, para siswa terpaksa pulang karena siswa diliburkan. Jarak pandang sangat pendek karena ketebalan yang sudah sangat parah.

Setiap tahun, kabut asap timbul akibat beberapa hal yang semestinya sudah ditindaklanjuti oleh Pemerintah. Terlebih lagi, kabut asap sudah menyebabkan beberapa sector terganggu. Berbagai respon yang terdiri dari kemarahan dan kekecewaan semakin membuat prihatin.

Kabut asap sendiri banyak ditemukan dilahan-lahan Kelapa Sawit dan pohon penghasil kertas. Hampir  ratusan titip api ditemukan. Tuduhan dilayangkan kepada para pengusaha yang ingin membuka lahan baru dengan cara membakar pohon-pohon yang sudah selesai dipanen.

Seperti dikutip pada kompas.com, Presiden Joko Widodo membuat rapat koordinasi untuk menanggulangi kabut asap dengan beberapa pihak terkait, seperti kementrian lingkungan hidup, kementrian energi, departemen penanggulangan bencana serta pihak kapolri.  Dituturkan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana bahwa Kepala Daerah harus bertindak dengan mengumumkan daerahnya terkena bencana darurat.

Beberapa penerbangan terpaksa ditunda tanpa ada kepastian kapan akan mengudara. Banyak pesawat tujuan Pekanbaru maupun Palembang gagal mendarat.  Tak ayal lagi, kabut asap menimbulkan kerugian yang tak terhitung lagi jumlahnya. Berbagai sector kehidupan ikut rusak karenanya.  Beberapa diantaranya:

Dampak Ekonomi

Kabut asap menyebabkan daerah kehilangan potensi untuk meraup rupiah karena berkurangnya jumlah wisatawan padahal banyak objek wisata di daerah tersebut yang bisa mendatangkan wisatawan.  Litbang Kompas mencatat hampir 7,3 trilliun rupiah kerugian yang dialami.

Dampak Pendidikan

Pelajar yang berusia 5 sampai 7 tahun merupakan usia rentan terkena ISPA (Infeksi saluran Penapasan Anak) sehingga Pemerintah meliburkan mereka. Konsentrasi belajar terganggu dan tidak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Dampak Kesehatan

Penyakit saluran pernapasan akut merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masrakat yang terkena kabut asap.

Dampak Lingkungan

Kualitas udara yang terhirup berada pada titik terburuk. Ratusan biota hidup di hutan ikut musnah. Kehidupan satwa dan ekosistem di dalamnya juga punah.

Pemerintah melakukan berbagai macam upaya untuk mengurangi ketebalan kabut asap, diantaranya mengerahkan Pemadam Kebakaran untuk memadamkan sejumlah titik api. Sebagai tambahan, akan direncanakan hujan buatan, akan tetapi terhalang tebalnya kabut asap sehingga belum terlaksana.

Menjadi biasa karena dianggap sebagai suatu pembenaran. Itulah yang terjadi pada kabut asap. Upaya penegakan hukum atas pembakaran hutan layak dicermati secara serius. Personil polisi dan TNI perlu diturunkan dan menindak pihak yang terlibat.  Salah satu action plan yang sudah dilakukan adalah dibangunnya posko pada provinsi yang terkena dampak kabut asap.  Pelaku pembakaran hutan sudah seharusnya ditangkap dan diganjar hukuman seberat-beratnya.

Komentar

comments

Leave a Reply